April 10, 2016

Stingless Jellyfish at Kakaban Island

Setelah puas bermain bersama penyu, berfoto, dan snorkeling di Pulau Sangalaki, selanjutnya kita akan mengunjungi Pulau Kakaban. Pulau ini mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dengan mengendarai kapal motor, kalau nggak salah jarak tempuhnya sekitar 30-45 menit jumping jumping and bumping-bumping menerjang ombak. Ah, kebayang 'kan betapa pusingnya kepala saya.
Pulau Kakaban
Jembatan sempit
Dari atas jembatan
Sampai di Pulau Kakaban, saya harus naik tangga, lalu melintas diatas jembatan dengan lebar hanya 1 meter. Agak seram sih, tapi pemandangan di sekitar sangat indah. Sebelum melanjutkan menyelam bersama ubur-ubur, kami semua makan siang dulu. Udah lapar juga karena terlalu lelah berenang di Pulau Sangalaki dengan arus yang lumayan kencang. Kami mencari tempat duduk di bawah pohon, lalu nasi kotak pun dibagikan. Menu makanan siang itu sederhana saja, dengan ikan, cumi, sayur, dan sambal. Tapi saya menikmatinya dengan sangat lahap. Ya mungkin karena capek. Nggak usah risau mencari kobokan atau wastafel, cuci tangan bisa langsung ke laut kok, hihihi.
Makan siang
Pose bersama
Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban yang terbentuk oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia. Kami harus menaiki beberapa anak tangga, melintasi jembatan, baru akhirnya menemukan danaunya. Di danau ini terdapat jenis ubur-ubur yang tidak menyengat (stingless jellyfish). Diperkirakan ribuan tahun yang lalu ubur-ubur tersebut terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis dimana hampir tidak ada hewan lain mampu melakukannya.
Danau Kakaban
Kalian bisa berenang di danau bersama ubur-ubur tanpa perlu takut iritasi akibat disengat hewan ini. Tapi, jangan senang dulu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berenang di sini.
  • Pertama, kalian nggak boleh menyebur dengan melompat ke danau. Wisatawan yang datang harus turun dengan melewati anak tangga yang telah disediakan. Tujuannya agar air tidak menjadi keruh dan tidak merobek tubuh ubur-ubur yang berada di sana.
  • Kedua, kalian boleh memegang ubur-ubur tapi jangan mengangkat terlalu tinggi atau bahkan keluar dari air. Hal ini tentu untuk mencegah ubur-ubur mati.
  • Ketiga, kalian dilarang menggunakan fin (kaki bebek) bila snorkeling di Kakaban. Lagi-lagi alasannya tentu demi kelestarian ubur-ubur. Kan kasihan ubur-uburnya kalau kena fin bisa sobek badannya.
Senyum dulu sebelum snorkeling
The squad
Ada empat jenis ubur-ubur di danau Kakaban antara lain ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Yang disebut terakhir adalah yang paling unik karena ubur-ubur ini berada di dasar danau dengan tentakel menghadap ke atas. Aneh dan unik ya, karena biasanya ubur-ubur berada di atas dengan tentakel menghadap ke bawah. Oh ya, kalau mau menikmati ubur-ubur yang populasinya banyak, berenanglah agak ke tengah danau. Karena kalau di pinggir danau banyak orang, jadi mereka mungkin merasa terusik. Saya sempat snorkeling lebih dalam dan melihat ubur-uburnya banyaaak bangett di bawah. Subhanallah indah!
Yes dapat!
Pose dulu
Selain Danau Kakaban, ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di Kepulauan Palau, Mikronesia. Palau hanya memiliki 2 jenis ubur-ubur saja. Artinya, Danau Kakaban lebih keren. Tapi tadi saya menonton My Trip My Adventure, kalau di Pulau Kadidiri, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, terdapat Danau Ubur-Ubur juga. Mungkin orang-orang lebih mengenal Danau Kakaban sebagai habitat ubur-ubur tanpa sengat setelah Palau, di Samudera Pasifik. Ternyata Indonesia memiliki 3 titik habitat ubur-ubur tanpa sengat, yaitu Derawan, Togean, dan Raja Ampat. Katanya sih, populasi terbesar itu memang cuma ada di Indonesia. Dan, tentu saja, kebanyakan orang lebih mengenal danau ubur-ubur di Kakaban, Derawan, ketimbang di Togean. Insya Allah suatu hari bisa kesana.
Jangan dikeluarkan dari air ya
Ubur-ubur terbalik
Diantara ubur-ubur
Disamping danau Kakaban juga terdapat Kehe Daeng yang artinya Lobang Ikan, tapi saya nggak kesana. Disaat air laut surut, Goa sempit yang semula terendam akan muncul di permukaan sehingga terumbu yang berwarna warni serta serta bintang laut dapat dengan mudah disentuh. Cantik banget ya? Duh nyesal nggak kesana, hiks...

Baiklah, selanjutnya kita ke Pulau Maratua. Menurut saya Pulau Maratua yang paling indah, diantara pulau-pulau lainnya. Mau tau? Stay tuned!

Sumber :

1 comments:

mila mengatakan...

ubur-ubur cantik yaaah.. jadi pengen berenang sama ubur2 juga, gw blm pernah

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan