Maret 09, 2016

Total Solar Eclipse

Hari ini euphoria gerhana matahari total sangat terasa di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Memang saya nggak sempat mengabadikan sendiri dengan keluar rumah dan memotret gerhana dengan kamera pribadi. Tadi pagi saya puasa, jadi setelah sahur lalu tidur lagi. Sewaktu jam 7 pagi, sempat lupa sama gerhana dan merasa kok masih gelap gulita ya? Ya udah, lanjut tidur lagi. Sempat berpikir mau shalat gerhana juga, udah baca tata caranya, tapi apa daya di cluster rumah hanya ada mushalla kecil. Coba kalo dulu masih ngekos, dimana di sekitar kosan ada 3 mesjid besar yang mengumandangkan adzan bersahut-sahutan.
Walaupun nggak ngeliat fenomena alam yang hanya bisa terjadi di daratan selama 360 tahun sekali, tapi saya menonton tv yang menayangkan seluruh liputan tentang gerhana. Sempat senang banget sewaktu melihat dunia berubah 100% menjadi gelap gulita, ketika menyaksikan gerhana matahari live dari Palu. Walau hanya di tv, tapi rasanya itu nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi ketika melihat korona matahari. Ah, subhanallah. Sungguh luar biasa.
Sebenarnya gerhana matahari kali ini super spesial menurut saya. Selain karena tanggal 9 hari ini adalah hari libur nasional yang bertepatan dengan hari raya Nyepi, Indonesia juga menjadi perhatian dunia. Pariwisata terangkat yang otomatis meningkatkan perekonomian, jadi trending topik di twitter, bahkan NASA pun datang ke Indonesia. Saya juga kagum dengan perayaan nyepi dan shalat gerhana di Bali berlangsung dengan harmonis. Ah, jadi semakin cinta dengan Indonesia.
Dear Allah, thank you for this magnificent moment. Allahu akbar!

Photos courtesy from IG: arifarhamamin taken from Banda Aceh and detik.com

1 comments:

Vari The Traveling Cow mengatakan...

Keren ya gerhananya..aku lg ga di Indo sih jd ga liat lgsg euforianya..

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan