Oktober 04, 2015

Farming & Gardening

Saya punya hobi baru nih selama pindah ke rumah. Dulu sewaktu di kosan, nggak bisa sama sekali melakukan hal ini. Apakah itu? Nah, setelah urusan air di rumah sudah beres, air sudah bersih, dan rumah udah nggak bocor, saya mulai mau mengisi halaman dengan bunga-bunga, sayur, dan pohon buah. 

Awalnya malessss banget 'ngerjainnya (mungkin karena nggak terbiasa), tapi harus dikerjain. Setelah berpikir, nanti kalau punya pohon cabe atau tomat, kalau butuh satu atau dua buah nggak perlu ke pasar, ya udah deh ditanam aja. Saya beli bibit dan media tanam (gardening starter) di bibitanaman tokopedia.com, karena banyak paket-paket berkebun yang menarik dan cuma Rp. 15,000 saja. Saya putuskan untuk membeli bunga cosmos 2 pot, cabe merah 1 pot, dan cherry tomato 1 pot. Saya juga membeli 2 pot bunga agak besar. Satu untuk menanam bibit bunga matahari, satu lagi untuk menanam bunga kertas (bougenville).
Pembibitan
Setelah semua ditanam, saya mulai mempunyai rutinitas menyiram tanaman di pagi (sebelum ke kantor ketika sedang panasin mesin motor) dan malam hari (berhubung pulang kantor setelah shalat magrib). Mungkin sekitar 4-5 hari, bunga dan sayuran saya mulai berkecambah. Wah, saya senang banget. Akhirnya tumbuh juga karena udah nggak sabaran. Saya fotoin satu demi satu untuk mengetahui tahap pertumbuhannya. Oh ya, bunga Cosmos yang satu pot lagi nggak tumbuh. Jangan-jangan bibitnya terpental sewaktu saya siram karena semprotan airnya terlalu kencang. Ya sudahlah, palingan ntar media tanamnya saya tanami tumbuhan lain.
Mulai tumbuh
Nah, karena berhasil menanam di pot, saya beli pohon buah dan bunga di kebunbibit tokopedia.com. Saya membeli pohon jambu air, pohon mangga, dan beberapa pohon bunga mawar. Nggak enaknya beli tanaman online adalah kadang-kadang pengirimannya lama, padahal udah pakai JNE YES. Sewaktu barang datang, beberapa daun sudah mengering. Karena saya takut tanamannya mati, mau nggak mau setelah menerima tanaman di kantor, pulang ke rumah walaupun udah jam 9 malam tetap saya tanam. Palingan diliatin sama tetangga kenapa 'tu cewek menanam pohon malam-malam begini, hahaha.
Mangga dan jambu
Ada juga tanaman yang saya terima sudah mati, seperti tanaman seledri. Memang sih harga tanaman seledri murah, tapi kasihan juga karena mati. Ada juga yang akarnya mulai membusuk (cabe rawit) karena kan dibungkus dengan plastik dan lama di perjalanan. Tapi overall saya suka kok belanja di kebunbibit. Pengemasannya rapi dan aman banget, trus sering dapat bonus. Bunga mawar saya sekarang sudah banyak banget daunnya, padahal sewaktu menerima tanaman sudah nyaris mati.
Pesan online
Sewaktu saya jalan-jalan ke pasar, saya menemukan penjual tanaman yang menjual bunga mawar juga. Akhirnya saya beli deh beberapa mawar dengan berbagai macam warna. Ternyata harganya lebih murah daripada beli online, hehehe. Saya juga membeli sekam bakar dan pupuk kompos, karena saya berencana menanam sayuran organik. Biar sehat nih ceritanya. Mungkin banyak juga investasi saya di bunga, buah, dan sayur. Nggak apa-apa deh, supaya ke depannya bisa hidup lebih sehat dan halaman lebih indah.
Mawar warna-warni
Seminggu kemudian, bunga mawar saya mekar dalam berbagai warna. Sayangnya sampai saya foto ini, mawar merah belum mekar. Kalau nggak 'kan bisa lebih berwarna-warni. Oh ya, jenis bunga mawar juga banyak ternyata. Ada mawar yang bunganya besar-besar, ada juga yang kecil. Semoga semua tanaman saya tumbuh sehat deh. Nanti saya tulis lagi udah sampai mana perkembangan halaman saya, karena sekarang variasi tanamannya semakin banyak.

Sampai jumpa ^_^

3 comments:

Reski Amalia Nurpratiwi mengatakan...

kiki

ih mbaaa aku pengen banget berkebun juga, kaya tomat dan semaacamnya, tapi berhubung masih menyandang status anak kost, jadinya keinginan itu masih ga terlaksana,

suskes yaah berkebunnyaa :D

Shudai Ajlani mengatakan...

Lumayan buat iseng-iseng ya mba.. Berkebun udah, berternak belum ya mba? Hihi

Mila Said mengatakan...

wuiiih.. ditunggu apdet tanaman2 nya hahahaa..
seru loh makan taneman syur hasil tanam sendiri, lbh fresh dan udah pasti bebas zat2 kimia yg aneh2

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan