September 29, 2015

Kesimpulan Perjalanan ke Brunei

Baiklah, ini adalah postingan terakhir saya tentang perjalanan ke Brunei. Karena hanya 2 hari disana, tidak perlu Visa, dan pakai guide, jadi kesimpulannya mungkin agak sedikit. Tapi mau nggak mau tetap harus memberikan kesimpulan. Ok, let's check out!
Mesjid Sultan Oemar
Transportasi
Agak susah menemukan transportasi umum di Brunei. Ada sih bus warna ungu yang berkeliling halte. Tapi selama saya berada di dalam mobil, mungkin hanya 2 atau 3 kali melihat bus ungu itu. Kata guide sih dia berhenti di halte setengah jam sekali. Tapi kok jaraaaang banget. Sebaiknya memang sewa mobil (kalau pergi beramai-ramai). Selain irit, kalian bisa pergi ke mana pun dan menghemat waktu.

City Explore and Shopping
Tempat-tempat wisata di Brunei sedikit. Kalian bisa sampai kemana pun hanya dalam 2 hari (saya merasakan sendiri). Mungkin kalian bisa mencoba wisata mesjid, sekalian shalat 5 waktu di mesjid yang berbeda karena memang mesjid dibangun dengan sangat mewah dan megah di Brunei. Kota Bandar Seri Begawan menurut saya sangat adem ayem. Jalanan gede-gede dan nggak macet, banyak pohon, mobil-mobil mewah, orang-orang juga ramah. Kalau mau belanja agak susah disini. Barang-barang khas agak jarang, mungkin mirip Indonesia. Saya malahan lebih suka belanja di Kuala Lumpur. Souvenir di Brunei nggak terlalu banyak macamnya. Super menghemat uang kalau kesini buat yang hobi belanja, hihihi.
Jalanan sepi
Kuliner
Saya ada membahas kuliner Brunei di postingan sebelum ini, yaitu Nasi Katok dan Ambuyat. Duh, membayangkan ambuyat masih eneg, hahaha. Tapi wajib dicoba kalau kalian berwisata ke Brunei. jangan lupa membeli cemilan di Gadong Night Market yah. Biar komplit wisata kulinernya.
Ambuyat
Budget
Saya akan merinci budget selama saya disana:
1 BND = Rp. 9,980 (sewaktu tanggal 31 Agustus 2015)

Hotel dan sewa mobil (80 BND untuk 2 hari selama 10 jam) 216 BND = Rp. 2,155,680 bagi 4 = Rp. 538,920
Tiket pesawat AirAsia PP CGK - Brunei Rp. 4,467,000 bagi 3 = Rp. 1,489,000
Makan di Pesawat Rp. 40,000
Kampong Ayer 15 BND = Rp.  149,700

Total Rp. 2,217,620 (tidak termasuk jajan ya)

Sekian postingan saya tentang Brunei. Semoga bisa bermanfaat buat kalian yang mungkin punya rencana ke negara Sultan Hassanil Bolkiah yang aman, damai, dan tentram.

4 comments:

Shudai Ajlani mengatakan...

Horee kelar, next trip kemana mba? :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Shudai : ke pelaminan dolo hahahahah

Vita mengatakan...

boleh tlg bagi infonya gak mba penyewaan mobilnya dimana ya?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@vita : di parkview hotel. saya udah tulis kok.. silahkan di baca lagi ya

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan