April 14, 2015

Sapu Lidi Resto & Resort Gallery

Long weekend awal April kemarin, saya main ke Bandung untuk liburan. Ada abang dan adik saya juga lagi ngumpul disana, jadinya tambah seru liburannya. Karena hari itu adalah ulang tahun saya, jadi kami berencana makan-makan nih. Sempat berpikir mau ke Dago Pakar, tapi hampir semua Cafe dan Resto disana udah dicobain. Lagian, karena hotel kami berada di daerah Geger Kalong, jadi kami memutuskan untuk makan di daerah Lembang atau Parompong. Setelah berpikir ini itu, akhirnya pilihan jatuh pada Sapu Lidi Resto & Resort Gallery (Makan di Sawah) yang berlokasi di Jl. Sersan Bajuri Kompleks Graha Puspa Jl. Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa, Cihideung, Lembang (+62 22 2786461, +62 22 70002944, Fax :+62 22 2787499).
Plang nama Resto
Kami memesan taksi Bluebird untuk menuju Parongpong. Asumsi saya bakalan macet ke arah Lembang karena long weekend. Tapi ternyata nggak. Hanya 30 menit, udah sampai ke Sapulidi Makan di Sawah. Saya baru tau kalau Resto ini berada di dalam sebuah komplek, lalu jalan teruuuusss ke dalam. Saya kita di pinggir jalan gitu. Ternyata semua perkiraan saya salah.
Ada sungai kecil
Saung di sawah
Sewaktu masuk ke resto, pertama kalian akan melihat berbagai jajanan pasar. Semula agak bingung, dimana saung yang saya lihat di internet. Akhirnya setelah berjalan ke dalam, saya langsung takjub melihat sawah dan saung di sekitarnya. Benar-benar sawah dengan padi yang sudah menguning. Mungkin ada petani khusus juga disini kali ya? Persis sama dengan belakang rumah saya di Aceh. Akhirnya saya berjalan berkeliling untuk mencari saung yang masih kosong. Pengunjung tempat ini rame banget. Hampir semua saung di depan penuh. Jadinya harus berjalan terus ke dalam supaya dapat tempat.
Mencari saung kosong
Nyari terus
Jalan dulu
Akhirnya kami mendapatkan tempat di tepi danau. Ternyata disini nggak cuma sawah aja, ada danau juga. Suasana disini enak banget, asri, nyaman, masih banyak kupu-kupu berterbangan, pokoknya bikin betah lama-lama. Sempat takut juga ada ular, biawak, atau tikus di sekitar sini, tapi alhamdulillah nggak ada.
Danau
Saung kami
Danau juga
Kami meminta buku menu dan mulai memilih makanan. Sempat heran juga karena harga makanan disini tuh murah. Kalau di Jakarta harga makanannya sama dengan Solaria atau Bakmi GM. Mungkin karena menu masakannya lokal semua kali ya? Nggak usah berharap makan steak disini ya, hihihi. Mumpung memang lapar, kami akan memesan banyak makanan.
Menu 1
Manu 2
Pose dulu
Yang uniknya, kalau mau memanggil pelayannya, kalian harus memukul kentongan dulu. Sekali dua kali sih oke memukul kentongan. Lama kelamaan karena pelayaannya nggak kunjung datang, jadi pegal mukulin kentongan. Duh, udah kayak kemalingan nih mukul kentongannya. Sempat saya jeda, tapi tetap lama pelayannya datang. Padahal di dalam aula ada pelayannya tapi mereka nggak memperhatikan kita. Walaupun akhirnya pelayannya datang juga ntah dari mana.
Mukul kentongan
Pesanan minuman kami adalah :
Ramuan Nenek Sihir Rp. 23,377
Kelapa Jeruk Rp. 24,242
Sapulidi Punch Rp. 25,108
Mineral Water Rp. 10,390
Teh Manis Rp. 11,255
Setelah menunggu, minuman datang terlebih dahulu. Lumayanlah karena kami haus juga. Rasa ramuan nenek sihir yang merupakan campuran Cola dan jelly, enak banget lho Kalau Sapulidi Punch adalah campuran jus buah. Abang saya nggak begitu suka, jadi kita tukeran deh karena saya sih suka aja. Kalau kelapa jeruk standarlah ya rasanya. Untuk teh manis, menurut saya rasanya enaaaak banget. Berhubung saya penyuka teh, saya bisa membedakan rasa teh yang benar-benar enak dan di Sapulidi Resto ini emang enaaak banget deh. Ntah karena campuran gulanya yang manis juga ya. Pokoknya enak banget deh!
Minuman
Kita nggak usah menunggu lama agar makanan datang. Tapi sewaktu datang, karena yang mengantarkannya adalah seorang trainee, dia menumpahkan sambal terasi ke sendal abang saya. Pelayannya minta maaf lalu mengelap sendal abang dengan tissue tapi nggak bersih. Terpaksa abang saya cuci lagi ke wastafel. Sewaktu kami minta sambal pengganti juga lamaaaaaa banget datangnya. Udah mukul kentongan beberapa kali tapi tetep aja nggak datang.
Makanan datang
Untuk makanan, kami memesan:
Sate Sapi Rp. 40,693 / porsi
Ayam Bakar Warisan Rp. 73,593
Nasi Goreng Smoke Beef Rp. 29,437
Sosis Kentang Rp. 26,840
Tempe Goreng Rp. 11,255
Nasi Putih Rp. 6,926 / porsi
Ayam Bakar Warisan adalah ayam kampung seekor di bakar pakai saus. Menu ini mantap banget deh, rasanya manis-manis gitu sampai ke tulang juga enak. Pesanan sate sapi favorit abang saya juga enak, bumbu kacangnya sedap, ditambah taburan bawang goreng lagi. Sebagai cemilan kami pesan tempe goreng, dan gorengan sosis kentang. Wah mantap banget deh. Kalau adik saya memesan Nasi Smooked Beef tapi dia tambahin lagi ayam bakar warisan sebagai pelengkap. Beberapa menu makanan disajikan di wadah berbentuk wajan kecil, lucu deh.
Ayam bakar warisan dan Smoked Beef
Setelah makanan datang semua, eh piring belum ada. Saya terpaksa mukul kentongan lagi dan lamaaaa banget pelayannya datang. Duh, untuk urusan manggil pelayan memang susah banget deh Resto ini. Saya merasa jadi berisik karena memukul kentongan terus. Mau nambah makanan juga jadi males 'kan karena takut pelayannya datang lama. Memang sih pengunjung Resto ini lagi rameeee banget, tapi maunya koordinasinya tetap baik. Walaupun ketika pelayan datang dan saya agak bete karena mereka lama, mereka tetap ramah dan tersenyum.
Bersiap makan
Selesai makan dan pelayannya kebetulan lewat, saya langsung minta bill. Daripada nanti lama lagi harus mukulin kentongan. Pas saya tanya dimana kasirnya, ternyata kasir cuma satu di depan, dan saya pakai kartu kredit yang menggunakan PIN. Ya mau nggak mau harus kedepan. Setelah urusan bayar-membayar selesai, eh malah turun hujan. Mana saya nyasar lagi ketika mencari saung tempat saya makan. Jadi semakin keguyur hujan deh. Sampai di saung, kami menelepon bluebird dan mereka menyuruh kami menunggu sejam. Udah di tunggu sambil menikmati hujan dan mulai kedinginan karena nggak bawa jaket, tapi blue birdnya masih penuh. Belum ada yang bisa menjemput kami.
Aula
Akhirnya kami masuk ke Aula karena udah kedinginan. Mumpung aulanya kosong juga. Lantai aula agak kotor dan banyak sampah tissue. Mungkin karena baru aja ada acara. Sebenarnya tempat ini bagus, tapi beberapa perabotnya agak nggak terawat. Keran cuci tangan aja udah berkarat dan langit-langit saung ada sarang laba-laba. Pelayannya harus diperbanyak nih untuk mengurus resto.
Hujan
Kami membatalkan Bluebird karena memang penuh terus orderannya dan kami sudah menunggu 1,5 jam. Akhirnya mencoba menelepon AA taksi, taksi yang baru di Bandung. Selagi menunggu taksi datang, kami langsung berjalan ke depan. Sekalian mau melihat-lihat jajanan apa aja yang bisa di cemil. Disini banyak dijual kerupuk, permen, sambal, bahkan sampai benda-banda hasil kerajinan untuk oleh-oleh pun ada. Saya berkeliling sambil memfoto satu demi satu.
Berbagai kerupuk
Sambal dan makanan ringan
Tahu
Kerajinan
Cemilan
Cemilan lagi
Aneka sambal dan sirup kali ya
Hanya menunggu 15 menit, AA taksi datang. Cepet banget deh. Tau gini dari tadi nelpon AA taksi aja. Supir taksinya juga baik, nggak rese'. Lagian di dalam taksi ada himbauan segera menelepon kantor AA taksi kalau supirnya nggak nyalain argo. Jadi merasa lebih aman kan? Lain kali saya mau naik taksi ini aja deh kalau di Bandung.

2 comments:

Safira Nys mengatakan...

Wih di Parongpong ada yang begini ya? saya yang orang Bandung baru tau :')

Paket Wisata Dieng mengatakan...

pernah mau di ajakin temen ke sapu lidi dikarenakan terburu buru jadi nggak ikut :(

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan