Mei 15, 2014

Kesimpulan Perjalanan ke Jepang dan Korea

Tibalah saatnya postingan terakhir untuk perjalanan saya ke Jepang dan Korea. Kali ini saya akan menceritakan sedikit kesimpulan dari 2 negara tersebut. Dulu sewaktu saya ke Singapore, Bangkok, dan Kuala Lumpur dalam sekali jalan, saya juga menulis kesimpulannya. Jadinya kalian bisa membaca perbandingannya dari kaca mata saya ya. Ini murni pendapat pribadi dari hasil analisa saya selama disana :)

Visa Masuk
Hal yang paling pertama kalian persiapkan ketika mau pergi ke Asia Timur adalah Visa. Jujur aja, urusan membuat Visa adalah yang paling ribet menurut saya. Selain harus bolak-balik kantor minta surat keterangan kerja, bolak-balik bank untuk surat referensi dan rekening koran, beli amplop, persiapkan pas foto, dan lainnya untuk urusan administrasi itu ribet. Udah ribet, nggak di approved lagi. Ahh, gimana nggak sedih?
Visa Jepang bisa kalian urus selama persyaratan dokumen lengkap. Kalau belum lengkap, pihak kedutaan langsung menyuruh melengkapi apa yang kurang, jadi kalian tetap bisa di approved. Nah Visa Korea nih, OMG! Saya nggak di approved. Padahal dokumen lengkap, duit di rekening nggak kurang, passport ada terlampir Visa Jepang, tapi tetep nggak di approved. Tapi dibalik kesusahan ada kemudahan. Karena Visa Korea saya nggak di approved, jadilah saya tau peraturan kalau bisa masuk Korea kalau memiliki Visa Jepang. Karena kasian sama tiket pesawat yang udah beli, bermodal nekad, saya masuk Korea dengan menggunakan Visa Jepang and everything's going very smooth. Hal ini juga bisa menginspirasi orang-orang yang bernasib sama untuk tetap masuk Korea, tanpa harus memiliki Visa Korea. Tapi harus ada Visa Jepang yah.

Oh ya, kalau nanti Indonesia bisa bebas masuk Jepang tanpa Visa, berarti ke Korea tetap harus pakai Visa dong. Selamat mengurus deh, hihihi!

City Explore
Saya sangat menyarankan kalian masuk ke Korea dulu baru ke Jepang. Pada waktu saya jalan-jalan kemarin, saya masuk Jepang dulu dan ketika masuk Korea, semua terasa biasa aja. Jepang dengan teknologi, kebersihan yang sempurna, orang-orang yang sangat teratur berhasil membuat saya merasa kalau Korea nggak beda jauh dengan Jakarta. Cuma Korea punya subway doang. Sepertinya dari tatanan kota, lebih rapi Singapore dibandingkan Korea. Tapi kalau dibandingkan Jepang, best country ever! Mungkin kalau tahun depan saya jalan ke Dubai, saya baru bisa membandingkan dengan Jepang.

Tapi nggak semua di Korea itu nggak bisa dibandingkan dengan Jepang. Sewaktu saya singgah di Pulau Jeju, it was so freaking AMAZING! Wajar lah ya kalau pulau eksotis yang satu ini masuk ke 7 keajaiban dunia. Mungkin di lain kesempatan, saya mau datang lagi ke Pulau Jeju. Tapi kalau ke Seoul atau Busan, malas ah. Mending nabung untuk pergi ke Jepang lagi. Oh ya, Korea memiliki banyak tempat romantis, seperti Seoul Tower dengan gembok cinta dan pot bunga berbentuk hati, Pulau Nami yang penuh karya seni, dan sebagainya.

Transportasi
Wah, kalau untuk transportasi sih, Jepang sangat jauuuuuh lebih keren dari Korea. Jepang punya stasiun kereta yang jalur keretanya ada 10 tingkat. Apalagi mereka punya Shinkansen yang keren banget deh. Di setiap stasiun juga ada kepala stasiun. Jadi kalau kalian nyasar, tinggal bertanya aja sama kepala stasiun. Memang mereka nggak terlalu bisa bicara bahasa inggris, tapi mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu kita.

Kalau di Korea, jalur subwaynya juga agak ribet dan nggak ada kepala stasiun, jadi susah banget kalau mau nanya arah. Kalian masih bisa menemukan pengemis di stasiun bahkan di dalam subway pun ada. Aneh banget kan? Tapi nggak apa-apa pengalaman. Kalau kalian pernah naik MRT Singapore, jalur subway Korea hampir sama dengan Singapore. Cuma Singapore nggak punya kereta super cepat, sedangkan Korea udah punya.

Belanja-Belanji
Nah, kalau untuk hal yang satu ini, masing-masing negara ada ciri khas. Di Jepang, saya suka banget belanja pernak-pernik kecil seperti Hello Kitty, gantungan kunci ninja, kimono, permen, makeup SK-II dan Shiseido (bisa beda sejuta sama Indonesia), Uniqlo (harganya kalau diskon muraaaah banget!), beli makanan kecil di sekitar kuil, dan lain-lain.

Kalau di Korea, apalagi saya penggemar kosmetik Korea, kalian bisa puass banget belanja. Bahkan ada Buy 1 Get 1 juga. Ntah kenapa di Indonesia harga kosmetik Korea itu selangit, padahal disana murah banget. Bedanya bisa sampai 200rban. Saya juga belanja baju di Korea, tapi termasuk mahal juga harganya.

Pokoknya dari nggak beli bagasi, jadi nambah bagasi kurang lebih 90 kg (bertiga) hanya untuk membawa pulang oleh-oleh, hihihi. Belum termasuk tentengan lagi.

Kuliner
Karena 2 negara ini bukan negara muslim, jadi agak susah menemukan resto halal. Bahkan di KFC pun ada bacon. Untuk rasa masakan, Jepang emang top banget deh. Mereka menggunakan ikan super segar untuk membuat Sashimi, tempura juga enak, pokoknya makanan lokalnya enak. Takoyakinya super duper enak. Tapi kalau masakan Italia yang ada di Jepang, nggak begitu enak menurut saya.

Kalau di Korea, saya suka banget makan sup masakan laut. Dalam 1 wajan ada kerang, lobster, kepiting, semua dicampurkan jadi satu. Di Seoul juga banyak banget cemilan ayam potong, tapi rasanya enak banget. Porsinya juga gede.

Budget
Berikut ini saya lampirkan akomodasi saya, termasuk Visa dan surat referensi bank:

Tiket Pesawat  (belum termasuk bagasi, karena bagasi beli belakangan tergantung banyaknya belanjaan, hehe) :    
Jakarta - Kuala Lumpur Rp. 111,000
Kuala Lumpur - Osaka Rp. 1,205,421
Osaka - Tokyo Rp. 531,552
Tokyo - Osaka Rp. 894,300
Osaka - Seoul Rp. 950,805
Seoul - Jeju - Busan Rp. 801,189
Busan - Kuala Lumpur Rp. 1,134,966
Kuala Lumpur - Jakarta Rp. 736,745
       
Hotel        
Busan 1 malam  Rp. 222,000
Seoul 2 malam Rp. 471,750
Jeju 1 malam  Rp. 270,000
Osaka 3 malam Rp. 825,660
Tokyo 2 malam Rp. 621,883
       
Visa Jepang Rp.  375,000
Visa Korea Rp. 480,000 (nggak di approved!)
Surat Ref BNI Rp. 200,000

Total Rp. 9,832,270

Harga diatas itu berbeda dengan teman saya yang lain karena mereka beli tiket lebih cepat dan ada juga yang lebih lambat. Mungkin bedanya sekitar 500rb-1 juta saja. Nah, kalau untuk belanja oleh-oleh, makan, dan transportasi, saya mengeluarkan uang lumayan banyak. Bahkan masuk Tokyo Disneysea, naik kereta super cepat juga harus di budget karena harganya mahal. Jadi saran saya bawalah banyak uang kesana, karena kalian akan merasa sedih kalau melihat banyak barang lucu tapi nggak dibeli, hihihi (ini perasaan saya pribadi). Oh ya, untuk jaga-jaga, bawa kartu kredit ya. Beli Shinkansen aja bisa pakai kartu kredit, jadi sangat membantu. Lagian sebenarnya agak serem kalau terlalu banyak bawa uang cash.

Oke, cukup sekian postingan saya ya. Kalian bisa baca semua postingan saya tentang Jepang dan Korea. Kalau ada pertanyaan, silahkan komen aja, nanti saya balas. Khusus untuk komen yang berupa pertanyaan, pasti saya balas. 

Next trip, awalnya udah beli tiket ke Vietnam dan Phnom Pehn, tapi nggak jadi pergi karena ada pesta pernikahan teman saya. Mungkin mau balik arah ke Hongkong dan Macau, tapi belum pasti juga sih, hihihi. Pengennya tahun ini menghabiskan negara China, lalu tahun depan ke negara Arab. Semoga diperbanyak rezeki halal sama Allah supaya bisa jalan-jalan terus, aminnn ya Rabb!

84 comments:

Dani Pratama mengatakan...

uwoo jalan jalannya..

masuk jepang baru korea terasa hambat ya...
seperti kalo dr Singapore bis tu Malaysia...

Cipu mengatakan...

Akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah.... budget hahahah. Kadang yang bikin mahal memang sebenarnya adalah belanja, makan dan transportasi lokal. Shinkansen denger denger memang mahal. Nice info Mut, as usual

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

kalau saya liat di film2 korea, cemilan ayam goreng itu kalau orang sana makannya pasti ditemenin bir. jadi ayam gorengnya beneran enak ya mbak? kirain biasa aja..

wah jauh banget ya beda harga kosmetiknya, nabung2 !! pengen juga jalan2 ke Korea >.<

SunDhe mengatakan...

Iiii.. Mutia enak banget seh jalan2 truss.. kapan2 ajak kak Dhe dong :D
Yang paling pengen tu ke Jepang ama laut merah, uuuh kapan yaaa??

Felicity mengatakan...

Jadi pengen ke pulau Jeju di Jepang....gara2x baca postingan di sini....belum pernah ke sisi Asia yang ini soalnya.... Moga2x sampe ke sana suatu saat nanti...aminnnn :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Aminnn.. tp Jeju worth to visit bgt lah.. Saya mau balik lg buat honeymoon..

Bangkit KuDOu mengatakan...

Mantaaap niee..jepang negara impian yg pengen dikunjungi niee...

Anonim mengatakan...

Waahh sist... beneran klo dr jepang bs entry korea tnp visa??...brati hrs siap tiket dulu ya... hi hi... nabung...nabung... akhir thn kudu bisa!!!*^O^*

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Iya sis bisa kok.. saya udah mengalaminya..

Amida Widyasari mengatakan...

Halo mba meutia! Hehehe maaf ganggu lagi.
Mau nanya lagi soalnya, itu yg di foto cap imigrasi yg masuk itu ada tulisan tgn gtu kan mba, nah itu apa ya kalo boleh tau? Hehehe
Makasih mba

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@amida : wah saya ngga tau. hehehe. saya ga bisa baca tulisan hangul.. :D
Petugas imigrasi menstempel dan menulis itu, trus saya ga masalah kok di imigrasi keluar.. jd ga terlalu peduli ^_^

Ann Panekuk mengatakan...

Senangnya bisa jalan2 ke 2 negara ya mba Meutia.. Eh mau nanya, itu pesawat dr Jepang ke Korea pake apa ya? aku mau berangkat tahun depan, rencananya mau dr Korea trus ke Jepang, tp kalau liat harga tiket dr Korea ke Jepang mahaaall bgt! pas liat blog mba kok murah? Please help me mba Meutia yang cantik :) Thanks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Ann : Saya naik EastarJet.. tapi termasuk agak mahal sih itu.. Kalo lagi promo, Peach Aviation bisa lebih murah lagi sampe 600rban.

Tan Dewi mengatakan...

Mlm Mba... Kan mba dari jepang masuk korea br bebas visa korea... Kalau dari korea dulu baru jepang bisa ga ya pakai visa jepang saja.. Thx
Dewi

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Tan : Bisa kok mbak. Bisa baca postingan saya yg ini

http://rancupid.blogspot.com/2014/04/masuk-korea-selatan-tanpa-visa.html

monic mengatakan...

sis..jadi masuk koreanya apa ngak ditanya visa koreanya mana? apa cuma tunjukin visa jepang dan bilang cuma transit aja n tunjukin tiket ke jepangnya? mohon info. thx b4

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@monic : iya nggak ditanya apa2.. untuk jelasnya, kamu bisa baca

http://rancupid.blogspot.com/2014/04/masuk-korea-selatan-tanpa-visa.html

rhany mengatakan...

Budget belanjax habis brp? Trus cri tiket murah dr trvel or.cri.sndiri di internet?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@rhany : tiket cari sendiri di internet lah.. hehe

evalin chan mengatakan...

Test @ sini bs Tanya" y? Mbak mutia boleh mnta rekomendasi tuk jalur" klu pesawat pulang pergi itu indo busan nda ? Saya bulan depan kesana tp blm da jalur nya sprt gmn.. Total 11 mlm.. Mohon bantuan Nya plissss.. Thanks ya mbak..
@ev chan

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@evalin : indo - busan pakai airasia aja bisa.

evalin chan mengatakan...

Trus mbak maskapai yg kmrn di Pakai itu 1 maskapai ? Yg dr tokyo seoul seoul jakarta .. Makasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@evalin : ngga sama dong maskapainya.
osaka-seoul pakai EastarJet
Busan - Jakarta Airasia

Hayoo baca lagi ya postingan saya sebelum2nya.. Udah jelas banget kok :)

Anonim mengatakan...

Malam mbak, mbak meuti kl ke korea dgn visa jepang tapi tanpa ke jepang bisa gak yaa kira2.. Soalnya visa korea ditolak, tapi di pasport pernah di approve visa jepang. Pasti kan akan lebih mudah dapat visa jepang lg krn sdh prnah di approve. Thankss

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anonim : Tolong biasakan nulis nama ya.. Setau saya nggak bisa.. Tapi kurang tau juga ya..

evalin chan mengatakan...

Sorry" cay hahha... Ni saya dah beli tiket dr internet Eastar jet .. Cmn kok aneh y tiket Nya.. Bs mnta email mu nda mbak ? Saya mau ksh liat tiket Nya itu si bnr" tiket Nya Eastar jet or bukan .. Takut syaa thanks ya
@ Ev chan

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@evalin : boleh..
rancupid.meutia@gmail.com

reviyanti elv mengatakan...

Halo Mba Meutia :D
saya mau tanya dong .. itu awalnya mba udah beli tiketnya indo-korea pp atau gimana ? soalnya kan mba bilang kalo visa korea nya di tolak kan ya..
saya juga rencana mau ke korea, tapi takut visanya di tolak..
kalo udh terlanjur beli tiket, bisa di ganti destinasinya ga mba ? atau angus gitu aja ? mohon infonya ya mba.. terimakasih :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@reviyanti : dari awal saya emang beli tiket jakarta - jepang - korea - jakarta. kalo airasia sih angus gitu aja.. kalau maskapai lain saya kurang tau >_<

reviyanti elv mengatakan...

Oh gitu.. Terus mba kalo misalnya ke korea atau jepang tanpa guide susah ga ya untuk pertamakali? Takutnya susah komunikasi.. Btw terimakasih sudah di jawab pertanyaannya��

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@reviyanti : ngga susah sih.. karena orang sana selalu berusaha menolong walaupun pake bahasa tubuh. saya senang kesana. hahaha

reviyanti elv mengatakan...

Oh gitu..semoga aja saya gak akan nyasar nanti disana hehe
Oh ya mba, mau tanya lagi soal pengajuan visa.. Katanya fotonya harus keliatan ya telinga nya walaupun kita berkerudung? Kalo mba sendiri gmn waktu itu foto nya? Mba nya berkerudung kan ya..atau biasa aja? Soalnya waktu tmn saya mau foto, sama tukang fotonya di sarankan untuk terlihat telinga padahal dia berkerudung..apa harus? Atau boleh foto biasa aja? Mhn infonya ya mba hehe terimakasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@reviyanti : saya pake kerudung kok. Gpp..

rifqi mengatakan...

Perkenalkan mbak, nama saya Rifqi. Pengen nanya aja sih mbak. Saya kan blum pernah ke Jepang sama sekali, pengen nya ke Jepang itu slama 1 minggu. Bagus nya aku fokus jalan2 ke Tokyo aja atau ke daerah lain jg mbak? Budget 13 jt, trmasuk tiket pp. Itu udah pas bgt apa lebih mbak?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@rifki : bagusnya sih jangan ke Tokyo aja. Perfecture Kansai juga semua tempatnya layak di kunjungi kok.. Budget segitu cukup, malah lebih menurut saya...

Tiria_star mengatakan...

Hallo mba mutia, saya titin mau tanya ni... saya rencana mau kekorea, tapi karena mengurus visa korea sulit... saya ingin masuk korea menggunakan visa jepang juga.

Rute tiketnya jakarta-KL-korea-jepang-KL-Jakarta, apakah bisa dengan rute seperti itu masuk korea menggunakan visa jepang? karena kebanyakan postingan yang saya baca mereka masuk ke jepang dulu baru ke korea.

Terimaksih...:-)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@tiria : harusnya sih bisa.. tapi di KL agak rese' petugasnya. cobain baca komen2 di postingan aku http://rancupid.blogspot.com/2014/04/masuk-korea-selatan-tanpa-visa.html

ada yg share pengalaman jg kok

Tiria_star mengatakan...

Terimaksih mbak...

Saya mau minta di emailkan keterangan dari kedutaan koreanya ya mbak...ke tiria_star@yahoo.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@tiria : udah ya

Tiria_star mengatakan...

Oke mbak....terimakasih ya...

thin9 mengatakan...

Salam Kenal Meutia, Mau tanya donk kemarin ke Jepang dan Korea brapa lama? Ada itinerary yang bisa dicontoh gak kebetulan destinasinya sama, kalau ada minta tolong ke afiatniathina@gmail.com.


Thanks before Mut atas infonya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@thin9 : udah saya kirimkan itinerary saya ya

Melin Byrne mengatakan...

Sore mbak mutia. Saya rencana mau ke jepang trua ke korea. Lebih bagus ke tokyo atau osaka ta? Trus saya bole minta kirim itinerarynya ga ya mbak? Email saya melinabyrne@yahoo.com thanks mbak sblmnya.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Melin : tokyo itu jepang versi modern.. kalo osaka banyak peninggalan jepang tempo dulu. kalo mau ngeliat yg modern ya ke tokyo, kalo mau menikmati sejarah ya ke osaka. better pergi ke dua2nya sih.. email udah di forward ya..

sungmo mengatakan...

Siang Mba Meutia..
Saya mau nanya mba, kebetulan saya punya rencana ke Jepang-Korea.
Mba menginap di Hotel atau GuestHouse ya? Bisa minta contoh itinerary nya jg kah mba? Email saya myoonhee@gmail.com
Terima kasih sebelumnya ^^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Sungmo : sudah di email ya

Vee Zelo mengatakan...

Selamat sore mbak Meutia,

Saya sangat suka membaca blog mbak yang sangat informatif dan membantu. Kebetulan saya dan teman saya berencana mau ke Jepang tahun depan. Apa kami bisa minta contoh itinerarynya? Email saya flornica14@yahoo.com


Terima kasih ya mbak

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Vee: udah di email ya

Unknown mengatakan...

Halo mbak meutia,
Saya baca blognya yang tentang masuk korea dengan visa jepang.. Saya ada rencana ke jepang dan korea tgl 11 november. Bisa minta tolong forward email yang dari kedubes korea di tokyo yang menerangkan bisa masuk korea tanpa visa via transit dari jepang?
Makasih yaa sebelumnya
Email saya julie.angelz89@gmail.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@unknown : uda ya

Doreen mengatakan...

Yanti,

Mbak Meutia, saya juga minta di forwad email kedubes korea tsb, dan itinerary Mbak selama perjalanan ke jepang & Korea. karena saya rencana mau jalan juli 2016. dari seoul ke jeju naik pesawat apa?
Terima Kasih Mbak Meutia atas bantuannya.
email saya : hariyanti.tan@yahoo.com.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@yanti: udah ya

irma mengatakan...

Hi mba Meutia, tahun depan saya mau ke tokyo via seoul. Rencananya nginap dulu di seoul trus lanjut ke tokyo.
Udah ada visa jepang yang masih valid, tapi belum ada visa korea. Boleh tolong forward email kedubes korea yang menyatakan bisa masuk korea dengan visa jepang ke : irmarryani@yahoo.com.
Many thanks ya..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@irma : udah di forward ya. tapi kok udah punya visa korea dr skrg? emg berangkatnya kapan?

serusekali mengatakan...

hai mbak meutia..
boleh minta di forward email kedubes koreanya ke milywang00@yahoo.com ??
kalo boleh minta itinerary perjalanan jepang dan koreanya juga ya mbak..
makasi sebelumny..^^..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@serusekali : udah di forward ya dua2nya..

daviq rachmad mengatakan...

Mbak itu tiket pesawat jkt-tokyo koq murah banget ya?saya cari 2 pake ANA dan airasia di range 4 jt for one trip,rencana pergi awal mei 2016 buat 5 hari 4 malam,trus minta di share itenary nya ke daviq.rachmad@gmail.com thanka

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@daviq: saya belinya kan uda lama mas.. temen saya malah dapat jkt-osaka Rp. 998rb. nanti saya kirimin itinnya ya..

black coffee mengatakan...

Hai....aku mau tanya kalo dari yg ak baca kan km beli tiket inc-KL dan KL-cgk beda, itu kalau mau pindah pesawat pas di KL gmn ya, kira2 butuh waktu brp lama? Kan harus keluarin bagasi dlu..thank u for sharing hehe

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@black coffee : saya waktu itu ngambil jadwal pesawat kl-cgk mepet bgt. jd deg2an ketinggalan pesawat apalagi ngantri imigrasinya panjang. mungkin urusan imigrasi, pindah pesawat, ambil bagasi, kamu spare waktu minimal 1 jam. saya pernah hanya spare waktu 30 menit. sampai harus lari kenceng banget dari turun pesawat sampai naik pesawat lagi.

Rin Kunogi mengatakan...

Mba Meutia, saya mau tanya donk, saya kan ada rencana untuk ngetrip jepang - korsel kyk mba meutia juga termasuk step2 perjalanannya juga :). Pada saat pengurusan visa jepang, apakah mba meutia juga melampirkan tiket korsel ke jepang dan tiket pulang dari korsel ke jakarta?
karena saya rencanya di jepang itu hanya 3-4hari sedangkan di korsel bisa 1 minggu mba.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Rin: saya hanya melampirkan tiket masuk dan keluar jepang saja...

Puput Meili mengatakan...

Hello mba mutia , sy ada rencana juli ini trip jepang korea sperti mba mutia, sperti yg km tulis di blog apakah bs jk sy masuk ke korea hanya dgn menggunakan visa jepang krna mengunjungi jepang trlebih dahulu , apakah boleh sy mendapatkan info perjalanan mba kmarin dan info email resmi dubes korea yg mengijinkan bebas masuk hanya dgn menggunakan visa jpg melalui email sy puput.ely02@gmail.com
Thanks before mba mutia

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@puput:rute itu bisa. email nanti saya kirim ya

Abi Kebil mengatakan...

Assalamu'alaikum mba Meutia,numpang Tanya nih kami berencana ingin liburan ke korea, saat ni kami sedang training di jepang apa harus kita ke konsulat Korea sebelumnya?..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@abi : kayaknya harus ke konsulat deh. hehehe

Abi Kebil mengatakan...

Mba Meutia yg cantik tolong tolong di forward email kedubes Korea ke abi.kebil@gmail.com,,,arigatou

Anonim mengatakan...

Halo mba mutia.. Insya Allah november sy mau trip jepang-korea juga. Tlng kirimin ke email saya juga ya tntang info resmi dubes korea tentang visa, sama itinnya si mbak selama trip juga yaa ke rizkabks07@gmail.com
Maap merepotkan mba. Makasih ya. :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@rizka : udah saya kirim ya

Annisa Hidayati Pertiwi mengatakan...

Hai Mbak Meutia salam kenal.
Rencana summer ini saya mau trip ke jepang korea juga. Boleh minta tolong forward info resmi dubes korea tentang visa & itin lengkapnya mbak ke annisahp@rocketmail.com? Thanks in advance :)
Saya juga mau tanya mbak beli tiket osaka-seoul, osaka-tokyo-osaka h-berapa ya? Terus saya cek eastarjet kok kalau dari jepang ke korea harus return yaa ada notif di webnya :(

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@annisa: email sudah di forward...rincian harga tiket kan sudah saya tulis.. silahkan di baca lg..
ngga harus return kok... itu cm notif yg bisa di abaikan saja..

Annisa Hidayati Pertiwi mengatakan...

Thanks a lot mbak!
Maksudku bukan harga tiketnya, tapi H-berapa bulan issued tiketnya hehe

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@annisa : kalo ngga salah sih sebulan sebelum pergi kok..

Minanti mengatakan...

Hello Mba Mutia.

Saya Tami beberapa hari lalu saya baru pulang dari Osaka rasanya sangat senang dan ingin kembali lagi berkunjung ke Jepang namun ke bagian Tokyonya.

Saat saya ke Osaka menggunakan Visa Waiver (Bebas Visa) ke Jepang apakah Visa Waiver tersebut bisa juga digunakan apabila saya berencana pergi ke Seoul dari Tokyo mba?

Untuk biaya estimasinya berapa ya mba kalau ingin pergi ke dua negara tersebut?

Apakah ada penerbangan murah dari Tokyo ke Seoul?

Terima kasih atas waktu dan jawabannya Mba.

Best Regards.. ^__^

misscleopatra mengatakan...

Aslm mba Meutia, saya Carla :)

boleh minta tolong di forward email kedubes koreanya ke carla.harinoviani@gmail.com ??
kalo boleh mau minta juga itinerary perjalanan jepang dan koreanya juga ya mbak..
Many thanks ya mba meutia ^____^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

carla : uda ngga bisa lagi masuk korea pake visa jepang ya

Yani mengatakan...

Mba mutia, sya yani, rencana taun depan mau ke jepang korea via osaka. Boleh minta itinerary perjalanan mba selama di sana ke yanidewis@yahoo.com. Kalo beli tiket JR pass di indo dimana? Makasih banyak sebelumnya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@carla : uda di forward
@yani : uda di forward... beli JR Pass ga tau dmn soalnya saya ga beli..

AnggaAnggun mengatakan...

selamat siang mba
saya mau tanya apakah dengan budget 6jt cukup untuk jalan2 ke korea ? (diluar tiket pesawat dan penginapan) rencananya tahun depan saya mau kesana, atau boleh minta itenary selama di sana ga mba ? bisa di email ke sini angga.gunawan22@gmail.com
terima kasih banyak mba

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@angga : cukup kalo 1-2 minggu. emang kamu disana brp lama? itinerarynya saya gabung sama jepang ya.

Wyrazona Famella's Site mengatakan...

Halo mba Meutia yang baik hati banget. Habis baca blog mba, saya jadi pengen tau juga nih itinerary mba selama di sana, soalnya rencana tahun depan pengen ke sana mba. Bisa diemail ke wyfamel@gmail.com mba. Maaf merepotkan ya mba.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Wyrazona Famella's Site udah ya

Kartika Putri mengatakan...

Hay mba aku mau juga rencana ke jepang korea. Tp ke jepang dulu sib hahaha. Blh minta itin dan budgetnya? Kirim ke kartikarakhmip@gmail.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@kartika : oke

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan