April 18, 2014

Masuk Korea Selatan Tanpa Visa

Pesawat EastarJet dari Osaka seharusnya boarding pukul 13:00, dan terbang pukul 13:30. Saya melihat deretan orang mau naik pesawat dan saya jadi ikut mengantri. Saya kira yang akan terbang adalah pesawat saya, tapi ternyata bukan. Petugas maskapai bilang EastarJet boarding pukul 13:20. Wah, apa nggak terlalu mepet ya waktunya? Tapi ternyata benar, pukul 13:20 tepat, mereka boarding dan 10 menit kemudian memang benar-benar terbang.

Selama di pesawat saya tidur. Mungkin waktu saya untuk tidur sangat kurang tapi alhamdulillah nggak sakit sewaktu disana. Saya sarankan untuk kalian kalau mau backpacker ke luar negri dalam waktu yang lama harus banyak membawa obat-obatan. Vitamin apa lagi. Disana kalian bakalan jalan terus nggak berhenti, kecuali kalau lagi makan. Jangan lupa pakai alas kaki yang enak. Jangan pakai sendal jepit ya kalau musim dingin walaupun sendal jepit enak banget dipakai jalan, kecuali kalian mau membeku.

2 jam kemudian, saya tiba di Incheon international Airport. Duh, walaupun senang banget rasanya sudah sampai Korea dengan selamat, saya tetap deg-degan karena nggak punya Visa Korea. Turun dari pesawat, lalu masuk ke bandara Incheon dan menunggu kereta (Airport railway) menuju Immigrasi. Sama dengan di Kansai Airport, kita harus naik kereta menuju Immigrasi. Masih dag, dig, dug, deg, dor, banget deh.

Tiba di depan immigrasi, baca bismillah, dan mengantri di antrian dimana petugas immigrasinya cewek. Asumsi saya kalau cewek biasanya baik, hahaha. Oh ya, obat-obatan asma milik saya udah saya titipkan kepada teman yang punya Visa Korea, takut ntar ransel saya dibongkar, eh, malah ketemu obat-obatan. Sewaktu tiba giliran saya, saya langsung buka passpor saya yang tertempel Visa Jepang dan melampirkan tiket pesawat menuju Kuala Lumpur. Saya bilang, "This is my Japanese Visa and my airline ticket to Kuala Lumpur." Petugas melihat Visa Jepang saya dan bertanya, "Oh, you are travelling from Japan?" Saya jawab, "Yes!" Tanpa bertanya lagi, passport saya langsung di stempel. Alhamdulillah!! Ternyata gampang banget dan nggak ditanya apa-apa. Teman saya yang juga nggak punya Visa Korea, cuma ditanya, "Kuala Lumpur is in Indonesia or Malaysia?" Teman saya jawab, "Malaysia." Trus ditanya lagi, "And you are from?" Teman saya jawab, "Indonesia." Petugas langsung mengangguk-angguk. Mungkin bingung kali ya karena kami mau transit di Kuala Lumpur dulu baru ke Jakarta. Ahhh senang banget rasanya karena berhasil masuk Korea.

Fyi, teman saya (sebut saja Bunga) berangkat tanpa Visa Korea dengan rute Jakarta-Korea-Jepang-Jakarta. Sewaktu di bandara Soekarno Hatta, petugas Cathay Pasific menahan Bunga karena tidak memiliki Visa Korea. Bunga sudah meyakinkan petugas kalau bisa masuk Korea dengan Visa Jepang, tapi petugasnya tetap menahannya. Akhirnya Bunga menelepon saya dan dia menyuruh saya berbicara langsung dengan petugasnya. Saya meyakinkan mereka kalau saya bisa masuk Korea tanpa Visa karena saya memiliki Visa Jepang. Bahkan saya memforward email dari Kedutaan Korea di Tokyo supaya mereka tambah yakin. Mungkin memang beberapa maskapai kurang paham dengan peraturan ini. Kalau kalian berangkat dari Jepang, petugas penerbangan di Jepang sudah tau tentang peraturan Transit Tourist Bound For Another Country, jadi kalian nggak akan dipersulit. Kalau di Jakarta, belum tentu semua penerbangan tau. Sewaktu saya naik Air Asia, ketika masuk boarding gate di LCCT, petugas bandara Malaysia memeriksa Visa Jepang saya dan tidak memeriksa Visa Korea. Ntah karena mereka mengerti, atau mereka nggak peduli, hihihi. Sampai akhirnya teman saya berhasil boarding dari Soekarno Hatta menuju Incheon. Di immigrasi Incheon tetap bisa lolos sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kalian tenang saja ya :)

Saya mengambil bagasi dan kaget melihat anjing gede. Anjingnya mungkin mau mencium apa ada obat-obatan terlarang kali ya? Saya nungguin dulu petugas yang bawa anjing pergi, baru saya jalan keluar bandara. Serem banget anjingnya, saya jadi takut. Oh ya, teman saya menukar uang di konter Hana Bank dan dapat kurs 1 Won cuma 8,5 Rupiah, sedangkan saya menukar di Jakarta 11,1. Kok aneh ya? Bisa murah banget Won disini. Jadinya teman-teman saya menukar uang Rupiah ke Won semua. Karena kalau pun nanti bakalan ada sisa uang, mereka bisa menukar di Indonesia dengan kurs antara 10.3 sampai 10,7. Jadi buat kalian yang mau jalan-jalan ke Korea, nggak usah tukar uang terlalu banyak di Indonesia ya.
Sampai juga di Incheon
Sesuai dengan referensi yang saya baca, bandara Incheon ini infrastrukturnya keren banget. Dindingnya kaca, trus atapnya bergelombang seperti ombak. Keren banget deh. Di bandara saya melihat ada toko Tony Moly, The Face Shop, dan berbagai merk makeup lainnya. Wah, berarti toko-toko makeup disini mungkin nggak terlalu eksklusif karena dimana-mana juga tokonya ada. Kalian juga bisa menemukan dispenser air minum dimana-mana. Jadi bawalah botol air minum kosong, nanti tinggal isi. Oh ya, karena di Korea lebih mudah bayar tiket kereta pakai kartu (sebenarnya di Jepang juga), jadi beli kartu T-Money di mini market bandara dan langsung kalian isi uang secukupnya. Saya waktu itu mengisi 50,000 won dan itu kebanyakan. Nah, di Busan nggak bisa di refund isi T-Money jadi kalian isi secukupnya aja. Untung aja sewaktu saya di Busan, T-Money bisa dipakai untuk belanja.
Interiornya keren
Gaya lagi
Kami berjalan mencari stasiun kereta menuju Seoul Station. Tinggal tap kartu di gerbang kereta dan kita bisa masuk untuk menunggu kereta datang. Lebar gerbang keretanya agak sempit. Saya agak kesulitan mendorong koper gede masuk ke gerbang, berbeda dengan di Jepang sangat lebar. Saya melihat orang-orang sekitar dan menebak-nebak yang operasi plastik, hahaha. Agak nggak ada kerjaan ya. Iklan-iklan di kereta juga hampir semuanya Lee Min Ho. Ahhh, saya masih nggak percaya kalau saya benar-benar masuk Korea tanpa Visa. Dimana-mana saya bisa melihat tulisan Hangul. Selagi di dalam kereta, saya tetap memperhatikan orang-orang Korea. Rata-rata wajahnya kotak, hidungnya pesek, dan matanya sangat sipit. Beda banget dengan SNSD dan orang-orang Jepang yang saya lihat.

Sesampai di Seoul Station, saya heran melihat betapa ramenya orang-orang yang bersliweran kesana-sini. Memang pusat stasiun kereta di Seoul adalah Seoul Station, jadi rame banget orang disini. Saya tiba di stasiun ini sekitar pukul 6 sore, mungkin karena bertepatan dengan waktunya orang pulang kerja juga. Kami langsung mencari Line kereta menuju Hoegi Station supaya bisa langsung menitip koper di hotel dan belanja ke Myeong-dong.

Nah, inilah nggak enaknya stasiun di Seoul. Hampir semua tempat nggak ada eskalator turun. Eskalator naik pun nggak tersedia di setiap tempat. Apalagi kalau kita bawa banyak tentengan, ribet banget deh. Saya langsung lemes melihat tangga turun menuju tempat menunggu subway yang sangat panjang. Tarik napas dan mencoba mengangkat koper perlahan-lahan. Kasihan juga kalau minta tolong teman-teman cowok karena mereka juga bawa koper gede-gede. Tiba-tiba ada seorang ibu-ibu langsung mengangkat koper saya dari samping dan membantu saya menuruni tangga. Wah saya kira koper saya mau diambil, eh ternyata baik banget ibu ini mau ngebantuin angkat koper. Saya langsung mengucapkan, "Thank you, Arigato, Khamsamida!" Soalnya masih bingung mau pakai bahasa apa, hahaha.

Setelah menunggu subway beberapa saat, kereta datang dan penuh. Ah, ya sudahlah, yang penting sampai ke hotel. Rasanya capek banget, tapi rasa penasaran saya terhadap kota Seoul lebih besar lagi. Hmm, kayaknya postingan saya kali ini udah kepanjangan. Mari kita lanjutkan nanti ^_^

Catatan 2016 : Beberapa teman traveller bilang kalau pakai Visa Jepang sudah tidak bisa lagi masuk ke Korea tanpa Visa dengan Visa Jepang per 04 April 2016 (Ulang Tahun saya ini!!!)


  • Dengan banyaknya penyalahgunaan Bebas Visa saat ini, ditambah dengan meningkatnya imigran gelap dan pelanggaran izin tinggal, Pemerintah Korea dengan ini mengubah kebijakan Bebas Visa sebagai berikut : 
  • Pemegang Visa(termasuk Re-entry Permit) 5 negara(Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru dan Jepang) yang transit melalui Korea Selatan diperkenakan tinggal selama 30 hari.. Amerika Serikat (Termasuk Gaum & Saipan)
  • Berlaku mulai tanggal 1 Mei 2016, Negara Jepang tidak lagi termasuk menjadi Negara Bebas Visa(Transit) 
  • Pengecualian bagi Group Visa Jepang untuk turis dapat tinggal di Korea Selama 30 Hari.
http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/issuance/index.jsp

Silahkan di konfirmasi sendiri ya. Terima kasih :)

426 comments:

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 426   Lebih baru›   Terbaru»
Ila Rizky mengatakan...

wow, kemarin baru aja baca buku catatan perjalanan di korea. moga suatu saat aku bisa ke sana. aamiin :D cerita2 yang lain lagi dong, mba. :D

Bai RUindra mengatakan...

Keren sekali. Korea memang sesuatu ya :)

anatasya mengatakan...

Hai Meutia.

Aku juga rencana traveling ke korea-jepang. Nah, rutenya itu

Indonesia (transit kuala lumpur) - korea (5 days) - jepang (6 days) - korea (transit aja, 1 days) - indonesia (transit kuala lumpur).

Dengan rute kayak gitu masih bisa bebas visa nggak ya? Kok aku baca peraturan di hikorea, kayaknya cuma bisa kl yang dari jepang aja.

"Who follows under A-i-(1) and is bound for the country of nationality or a third country via Korea, through direct flight from the United States, Japan, Canada, Australia or New Zealand to Korea after staying in these respective countries."

http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt?catSeq=401&categoryId=2&parentId=385&showMenuId=375

AKu baca kan Meutia sempet email ke kedubes korea ya. boleh liat emailnya seperti apa?

THanks!!

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Hi anastasya..

Bisa kok masuk korea dulu baru jepang.. saya kan nulis diatas kalo ada teman namanya Bunga, dia masuk korea dulu baru jepang..
kalo korea-jepang-korea berarti bolak balik yah. kenapa bolak balik? hehe..

Ini email dari Kedubes Korea di Tokyo:

Here is The Consulate of Korea embassy in Tokyo.

We got an email about your Korea visa.


If you have japanese visa , you don't need a Korea visa for transit purpose within 30days.

You should show the flight ticket to the third country with fixed date,

at Korean immigration bureau.


If You don't have any problem(for example criminal records or illegal stay, or else)

you can entry into Korea.

Thank you.


kalau mau bisa saya forward ke email kamu..

anatasya mengatakan...

Hai Meut,

THanks ya balesnya cepet.

Iya, beli tiket bolak-balik korea soalnya mikir bakal lebih murah gt. hehe

Iya, masalahnya yang si bunga kan ngga balik korea lg ya, kalo aku bolak-balik. Itu yang bikin kepikiran. Bisa ngga semacam multiple entry begitu.

IYa, aku mau diforward donk emailnya kalo kamu ngga keberatan.

Alamat emailku muncul di notif kamu ngga ya? soalnya aku post komen pake email.

THanks!

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@anatasya : ngga bisa liat alamat email.. hahaha.. tulis aja kesini :)

hmm, sewaktu saya disana tuh ya, immigrasi cm cek visa jepang doang sih.. nggak ngecek stempel2 gitu.. harusnya sih bisa ya.. harusnya... hihihi..

anatasya mengatakan...

@meutia: emailku anatasya1@gmail.com

Thank you infonya ya!

Anonim mengatakan...

halo meutia,

pengen tau yg saat di Korea berapa lama bisa stay ? di paspor berarti hanya di cap seperti ke malaysia atau negara ASEAN lainnya ya? yang tertera tgl valid stay berapa lama ?

trus saat keluar dari Korea, prosesnya tetap sama atau ada masalah ?

thanks utk jawabannya.
salam

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anonim : Mohon tulis namanya ya.. saya jd susah nyapanya..

masa transit bisa 30 hari. iyah, di passpor cuma di cap biasa kayak ke negara ASEAN. Nanti ada tgl validnya 30 hari setelah tanggal di stempel.

keluar dari korea ngga ada masalah sama sekali. untuk cerita keluar korea bisa baca di http://rancupid.blogspot.com/2014/05/from-busan-to-jakarta.html

semoga membantu :)

Itotzz mengatakan...

Wah...info nya menarik banget mba, baru tau kalo berlaku transit gini tanpa visa. Jadi makin semangat mau ngebolang lagi nih hehe. Saya ada rencana mau ke jepang tapi mau singgah di Korea juga,tapi sempat mikir bakal ribet *biaya,haha* ngurus dua visa. Saya sudah pernah ke Korea tapi mau kesana lagi. Semoga tahun depan bisa,hehe. Makasih info nya ^^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@itotzz : tapi kalau nggak salah nanti bulan september ke jepang udah bebas visa. jadinya udah ga bisa no visa entry lagi ke Korea. hihihi

Itotzz mengatakan...

Tapi masih issue aja kan mba bebas visa Jepang nya, klo pun bener tinggal ngurus visa nya Korea aja lagi gpp lebih ringan dikit :D

Shinta mengatakan...

Walahh aku malah kebalik nih, mau ke Jepang tapi udah punya korea visa. Tapi moga2 aja pas berangkat visa jepang udah bebas ^^

Berarti alasan ditolak visa korea beneran karena udah punya visa jepang ya mba?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@itotzz : saya justru kapok ngurus visa korea karena di tolak. hahahaha..


@Shinta : ngga mbak.. bukan karena udah punya visa jepang. soalnya teman saya udah punya visa jepang, tp visa koreanya di approved kok. nih cerita saya tentang visa korea di tolak

http://rancupid.blogspot.com/2014/02/visa-korea-ditolak-eits-jangan-sedih.html

Winda Provita mengatakan...

Bisa gitu ya, ya ya ya *ngangguk ngangguk* Berarti kalo mau ke Korea n Jepang mending bikin visa Jepang aja ya.. :D

Fahmi mengatakan...

wah! baru ngerti kalau bisa gini :| tau gitu kemaren balik dari jepang transit korea dulu deh :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Winda : sekarang ke Jepang udah bebas Visa. Jd ngga tau deh masih bisa apa ngga, hehehe.

@Fahmi : Iya harusnya transit dulu :D

Anonim mengatakan...

Visa jepangku sudah habis masa berlakunya.. masih bisa dipake untuk bebas masuk korea gak ya? Thx

Meutia Halida Khairani mengatakan...

ngga bisa dunk..

arievrahman mengatakan...

Sepertinya pernah dengar tentang hal ini, tapi belum lihat case yang berhasilnya. Haha. Selamat selamat! Jadi pengin ke Korea juga.

Iyut vb mengatakan...

bebas visa ke Jepang hanya bagi mereka yang punya E-paspor…Kalau paspor manual ya harus urus visa Jepang.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Iyut : ohh gitu. Berarti masi bs masuk Korea pake Visa Jepang..

yuyun yuningsih mengatakan...

siang mba meutia...mau tanya dong rutenya mba mulai dari indonesia sampe balik lg ke indonesia gmn ya?sepertinya saya tertarik untuk mencobanya hihihi

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@yuyun: rute saya itu jakarta - kuala lumpur - osaka - tokyo- osaka - kyoto - kobe - osaka - seoul - jeju - busan - kuala lumpur - jakarta.

Saya jabarin lengkap kok di blog ini. Silahkan baca aja ya..

Anonim mengatakan...

Salam kenal semuanya ♧iiiyάª˚°ºĥ °˚˚˚°♧...,*ku rencana mau ke Korea bln agust/september,gmn saran teman2..apa mending ke jepang dl yg katanya bln sept mau bebas visa,apa ngurus aply visa Korea yg rawan penolakan itu???•̸Ϟ•̸†ћāNk Ɣøǚ•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶. Tanggapannya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

mending Korea dulu baru Jepang. Jepang bebas Visa hanya untuk pemilik E-passport. Passpor biasa sih ngga ngaruh.. hehe

Deffa Utama mengatakan...

Halo mba meutia salam kenal mau nanya neh :D

saya november ke tokyo
rutenya Jakarta - Kuala Lumpur (transit) - Tokyo

setelah baca blog ini saya jadi minat mau ke seoul juga dengan visa jepang itu.

Jadi apakah bisa rute nya
Jakarta - Kuala Lumpur (transit) - Tokyo (4D) - Seoul (3D) - Kuala Lumpur / Jakarta

terima kasih atas jawabannya :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@deffa : Bisa dong. Kan sama aja seperti rute saya..

Deffa Utama mengatakan...

@meutia
terima kasih atas jawabannya mba
kalo gitu ada info gak maskapai low cost dari tokyo - seoul ?

makasih sekali lagi :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Deffa : bisa pakai Peach Aviation, low cost airlinenya Jepang. Atau EastarJet seperti saya, low cost airlinenya Korea. ^^

shella carrati mengatakan...

Mbak, maaf mau tanya.. kalo kyk gitu berarti pesawatnya pake apa aja ya kalo berangkat dari indonesia-malaysia-jepang-korea-malaysia-indonesia?

saya td cek easterjet kok pilihan rutenya cuma korea-jepang aja ya?

apa mbak pake maskapai beda2?

thanks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Shella : iya dong beda2...
dari Jakarta - Kuala Lumpur - Osaka pakai Airasia.
Osaka - Seoul pakai Eastar Jet.
Busan - Kuala Lumpur - Jakarta Airasia lagi.

Ngga mungkin dunk satu airline. hehe. Kamu bisa baca postingan saya seblumnya di Blog Archive. Disana ada kok saya ceritakan komplit cerita mulai dari Jakarta sampai pulang lagi ke Jakarta ^_^

Anonim mengatakan...

Hallo mba mutia salam kenal,
Mau nanya, saya akhir bulan oktober mau ke jepang. dengan tiket PP (kuala lumpur-osaka-osaka-kula lumpur.
tiba-tiba mendadak dapat undangan ke korea pada tgl 11 Juli besok. saya bingung karena hanya tinggal bbrpa hari lg, tentunya mustahil utk mengurus visa korea.
apa tiket pesawat saya dengan tujuan osaka pada bulan oktober nanti itu bisa berlaku sebagai pengganti visa saat saya tiba di korea nanti?
sangat mohon jawabannya. terima kasih

dikozz mengatakan...

Halo Mbak Meutia, salam kenal.
Saya Diko, tanggal 7 agustus besok saya rencananya mau ke Jepang dan abis dari Jepang saya mau ke Korea juga baru udah gitu ke Hong Kong. Kebetulan, saya ke korea via Osaka juga sama kaya Mbak Mutia hehe. Boleh tolong di forward mbak e-mail dari kedutaan Korea nya? soalnya ngurus visa korea sekarang 10 hari dan visa jepang saya aja belum keluar. tolong dikirim ke mdiko23@gmail.com ya Mbak. Terima kasih banyak Mbak Meutia :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anonim : lain kali nulis nama ya. nggak bisa dong.. kan tiket yg harus ditunjukkan harus tertanggal 30 hari ketika masuk Korea.

@dikozz : oh oke ntar di forward :)

Darma Wijaya mengatakan...

Hai ci meutia. Saya ingin bertanya. Maaf sebelumnya jika out of topic. Hhe. Saya dr cina akan plg k jakarta , dan akan transit di incheon selama 4jam stgh. Saya dn tmn korea saya berencana ingin bertemu d bandara. Ttpi saya tdk mmpunyai visa apa pun. Apakah saya tetap bisa bertemu dgn tmn korea saya? Terima kasi.. by :hans

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Darma Wijaya : hmm, saya nggak yakin sih.. tapi kayaknya ga bisa. cobain baca disini

http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt?categoryId=2&parentId=385&catSeq=401&showMenuId=375

Sekar mengatakan...

Halo Mbak Mutia, salam kenal! :)

Saya Sekar. Kebetulan tanggal 29 nanti saya berangkat dengan rute Jakarta-Kuala Lumpur-Nagoya, kemudian pulangnya saya berencana untuk berangkat dari Osaka menuju Korea Selatan.

Saya juga sudah tahu soal No-Visa Entry Policy for Foreigners in Transit ini, hanya saja ketika menelepon ke Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta kemarin, mereka bilang kalau syarat ini hanya berlaku kalau:
1. Kita menaiki Korean Air
2. Destinasi tujuan kita setelah Korea adalah negara asal kita (Indonesia).

Lantas saya bingung karena di http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt?categoryId=2&parentId=385&catSeq=401&show sendiri juga tidak disebutkan bahwa kita harus memenuhi dua syarat tersebut, dan menurut cerita Mbak Mutia, toh tidak perlu pakai Korean Air dan bisa tidak ke negara asal :/ Apa itu benar mbak? Soalnya susah kan mau ngedebat orang kedutaan, wong dia yang paling tahu soal negara tempatnya bekerja...

Oh ya mbak, saya boleh minta forward email dari Kedutaan Korea di Jepang yang mbak maksud? Dikirim ke sekarnakula@yahoo.com Mbak, terima kasih banyak sebelumnya! :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Sekar : iya memang bisa kok tanpa pake Korean Air. Di peraturan emang ngga ada hubungannya dgn maskapai apa yg kita naek. Kan immigrasi aja satu konter gitu, jd apa pun maskapainya pasti lewat konter yg sama.

Kedubes Korea Indonesia sih kurang paham tentang peraturan ini. Nggak meyakinkan juga pun cara mereka jawab. Makanya nanya kedubes Korea di Tokyo aja lebih meyakinkan...

Ntar saya forward..

Anonim mengatakan...

hai mba! aku mau nanya, pas kemaren mba ke jepang itu visanya yg traveler ya? aku lagi ada maslaah nih, mau ke korea, tapi visa nya jadi satu hari setelah tgl keberangkatan, aku bingung mesti gimana. mau nyoba cara kayak mba tapi visa jepang aku visa student, hehehe. aku ada sih tiket dari jepang ke indonesia buat pulang ntar, tapi disana keterangan transitnya di kuala lumpur. kira kia mba bisa ngasih advice g buat aku? makasih banyak sebelumnya mba.

salam,
ami

Meutia Halida Khairani mengatakan...

anonim lain kali tulis nama ya..

Iya saya Visa turis.
ngga bisa Visa Student Jepang masuk korea tanpa Visa. setau saya kalau di jepang bikin Visa Korea cuma 2 hari karena teman2 saya di Jepang kemaren pada bikin. Trus bikin visa nya juga ngga ribet. emang kamu lagi dmn sekarang?

Untuk transit di Kuala Lumpur nggak masalah. saya juga gitu..

Amida Widyasari mengatakan...

wah maaf ya mba lupa mencantum nama, hehehe.

saya di osaka mba, kemarin udah ke konsulatnya korea di osaka, dan bikin visa nya butuh waktu satu minggu.

tapi pas mba kemarin transit di korea nya tanggalan tiket pesawatnya sama?
hehehe, maaf ya mba tanya, tiba tiba jadi stres karena visanya jadi sehari setelah keberangkatan, hehee.
makasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Amida : Kok lama bgt ya bikin Visanya? Sebelum saya ke Osaka, teman saya baru apply Visa jg di Osaka tapi cuma 2 hari. Trus kemaren itu sewaktu Visa Korea saya nggak di approved sama Kedubes Korea di Indonesia, teman saya yg di Osaka menyarankan bikin Visanya di Osaka karena cepat dan nggak ribet. Coba kamu buka web kedubes Korea tapi yg untuk Jepang. Saya juga baca disitu cuma 2 hari kok :)

Tanggalan tiket pesawat sama tuh maksudnya gimana ya? Saya ke Korea tgl 17 Maret dan balik dari Busan ke Kuala Lumpur tgl 21 Maret.

Amida Widyasari mengatakan...

Iya mba, aku jg taunya cuma 2 hari, tapi pas kemaren kesana katanya jadinya seminggu, pas aku tanyain, mereka bilang mereka lagi sibuk, paling bisanya seminggu, gitu mba, hiks.

Maksudnya tanggalannya sama itu kyk yg misalnya tiket pulang ke indonesianya tgl 16, ke korea nya juga tgl 16. Oohh jadi mba wktu itu beda ya tanggalannya, tapi aku kyknya g bisa kan ya, soalnya visanya visa pelajar, hiks hiks
Makasih ya mba udah mau jawab pertanyaan aku, makasih juga udh mau dengerin curcol aku, hehehe.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@amida : ohh kalau gitu mungkin pengecualian kali yah karena lg sibuk jd bikinnya seminggu.

iyah sama2 ya :)

sulvinamira mengatakan...

hi meutia.. boleh minta alamat email kamu?? aku punya beberapa pertanyaan yang agak mendetail mengenai traveling jepang korea. boleh minta alamat email atau bbm atau line yg kamu punya untuk komunikasi langsung??

aku berangkat tahun ini tanggal 2 november 2014.

please banget meutia..
ini email aku : sulvinamira@gmail.com

makasi banyaakk

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Sulvinamira : udah di email ya. Cerita perjalanan saya bisa dibaca aja dari awal sampe akhir, hehe

Amida Widyasari mengatakan...

hai lagi mba :)
mba boleh minta tolong lagi? hehehe
bisa tolong forwardin email kedubes korea yg di tokyo g mba? maaf ya mba sebelumnya ngerepotin. makasih :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Amida : emailnya apa?

Amida Widyasari mengatakan...

widyasariamida@gmail.com

makasiiihh mbaaa :)

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak Meutia

Tiket jkt-Kl transit-Osaka (AA)
Osaka-Seoul (Peach) 4 hr
Seoul-Kl transit-Jkt (AA)
Sept akan berangkat & sdh ada visa Japan
Sy telp ke kedutaan korea Jkt katanya hrs buat visa korea alasannya flightnya ga boleh transit Kl & hrs KoreanAir
Jd bingung nih :)
Boleh forward emailnya yg dr korea embassy japan ke email sy? (dhsugiarto@gmail.com)
Thanks y mbak

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Anonim lain kali nulis nama yaa...

Email udah saya forward. Kedubes Korea Indonesia nggak begitu paham sama peraturan ini. Biarin deh. Ngga ada hubungannya maskapai yg kita naiki sama immigrasi. Jalur imigrasi aja tempatnya beda sama maskapai..

Yg penting saya udah pernah coba, teman2 saya jg pernah, dan semua baik2 saja.. ^_^

otto mengatakan...

Maaf mbak, sy sugi
Makasih infonya & sharingnya berguna banget, tp forward email dr kedubes Korea yg Japan blom diterima, bisa minta tolong kirim lg ke alamat email sy, dhsugiarto@gmail.com
Thanks y

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Sugi : cobain cek SPAM. Biasanya Gmail suka masuk SPAM. Saya udah forward 2x..

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mba,
Salam kenal, saya bemy, tertarik info masuk korea menggunakan visa jepang, saya juga sudah message via fb ke mba meuthia :)
Mohon perkenan, di forward juga email dari kedubes korea ke bemy.rd@ gmail.com
Tks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@bemy : wa'alaikum salam.. message fb ngga ada kok.. salah kali namanya.. hehehe..

udah di forward ya :D

Anonim mengatakan...

Email sudah saya terima mba :), btw kenapa menyarankan masuk korea terlebih dahulu ?
Ada alasan khusus dari sisi imigrasinya? Kasus bunga itu sepertinya lebih rempong ya imigrasi di cgknya , karena ketidaktahuan petugasnya?
Tks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@bemy : karena kalau masuk jepang duluan, korea terasa hambar.. ngga ada apa2nya. hehehe. klo korea duluan, baru jepang kan lebih bagus..

iya, cathay pasific kurang mengerti tentang hal ini.. sampai mereka harus menelepon saya dulu. hehe

Anonim mengatakan...

hi, mbak meutia

saya mau k jepang dan korea january 2015. hanya saja lagi bingung mau apply visa 2-2nya atau satu aja. pas ngeliat postingan mbak meutia, jadi membuka wawasan saya yang sangat disayangkan karena org kedubes korea di jakarta saja tidak yakin dengan adanya peraturan ini. thanks banget info nya ya.

bisa minta forward yang surat dari kedubes korea di tokyo itu ga ya? ke ng.yenmi@gmail.com
thanks so much.

May Ng

Meutia Halida Khairani mengatakan...

May : udah saya forward yah. kalo belum masuk, cobain cek SPAM.

iyah, kedubes Korea di Jakarta kurang tau peraturan ini..

Gandis septia c mengatakan...

Salam kenal mba... aku tertarik banget baca blog mba... aku mau minta forward email dari kedubes korea gandisseptia@gmail.com :D
soalnya ada rencana mau ke jepang-korea juga. makasih banyak ya mba

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Gandis : udah di forward ya.. kalo ga masuk, cobain cek SPAM :)

nuborneo mengatakan...

@meutia

seru baca petualangannya. jd terinspirasi deh. rencana jalan bulan september ini. visa jepang sdh d tangan. tp cb kirim email ke kedubes korea d jepang, salah mulu alamatnya kyknya, jd kembali deh emailnya. cb kontak yg d osaka, jawabnya, kl k korenya stlh dr jepang hrs apply visa.

boleh minta alamat email kedutaan korea yg d tokyo skalian forward email dari kedutaannya y meutia..

makasih ya....

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@nuborneo : email kamu apa? biar di forward..

saya kirim email ke alamat 일본(대)

nuborneo mengatakan...

meutia, emailku kophie_sunrise@yahoo.com ato d amalia.husnul@gmail.com.

itu alamat emailnya kedutaan korea d jepang, begitu saja y?

thanks banget y...

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@nuborneo: itu kok alamat kedubes koreanya ga ada yah.. padahal aku udah nulis

udah di forward ya.. kalo ga masuk, cobain cek SPAM :)

alamatnya

Nurina Tyagita mengatakan...

Hi Mbak Meutia,
Waktu nuker duit di Incheon itu exchange rate 1KRW=8.5IDR itu liat dipapan ratenya atau direceiptnya. Karena aku cek webnya hanabank 8.5 itu untuk per 100 IDR, jadi 100/8.5=11.7 IDR..Aku jadi ragu mau nuker di Jkt ato disana aja, karena waktu 2013 kemarin ratenya lbh bagus di jkt ketimbang Seoul.
Gomawoyo :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Nurina : di receiptnya mbak.. 1KRW = 8,5 IDR. Aku jg ngga nyangka kok bisa kecil disana ratenya. Temen aku nuker rupiah jadinya banyak bgt..

Gpp kalo ragu bawa aja rupiah sebagian.. Ga usah banyak2.. hehe

Nurina Tyagita mengatakan...

Mbak Meutia, masih punya receiptnya kah? boleh dishare gak?
Gomawoyo :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Nurina : wahh udah di buang semua. Hehe..

Gandis septia c mengatakan...

mba emailnya udh masuk.. gomawoyo.. oya satu lagi aku barusan kirim email ke mba.. tolong dibaca ya ^^

Toni suzuki mengatakan...

To Mba Meutia, saya Toni mba,..
Woww keren banget neh infonya, baru kali ini dapet pencerahan, sebelumnya cuma denger2 aja dari orang bahwa klau punya visa valid jepang bisa masuk ke korea free visa, thxs banget infonya Mba, kalau boleh minta forward email yg dari korean embassy yg di osaka dong Mba, ke maori.skin_art@yahooo.com, terima kasih sebelumnya Mba,..

Salam Toni

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Toni : udah saya forward yah email dari Korean Embassy di Tokyo, bukan Osaka. Oh ya, kayaknya email yahoo nya kelebihan 'o' ya?

Leonarto Liu mengatakan...

Infonya sangat membantu. Boleh dong saya juga diforward email dari Korean Embassy yang di tokyo juga. Email saya: liuleonarto@gmail.com
Oh yah sekalian tanya,kl saya ke Jepang (Haneda) trus dari Jepang (Osaka) ke Korea (Busan). Kembali ke Indonesia dari Korea ke Osaka lanjut Singapura terus Surabaya. Apa saya ngak perlu urus visa korea juga kalo sudah ada visa Jepang?
Sebelumnya thanks yah mbak.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Leonarto :
Maaf saya kurang ngerti pertanyaannya.
"kl saya ke Jepang (Haneda) trus dari Jepang (Osaka) ke Korea (Busan). Kembali ke Indonesia dari Korea ke Osaka" <-- kenapa ke Osaka lagi ya??
lanjut Singapura terus Surabaya.

Leonarto Liu mengatakan...

Karena saya sudah terlanjur pesan tiket osaka-surabaya mbak. Dan kl di cancel uangnya hangus. Dan setelah saya baca blog mbak, saya jadinya tertarik singgah ke korea. Dengan catatan, saya hanya beli tiket osaka-korea-osaka. Kemudian balik surabaya. Masih bisa ngak mbak bebas visa dengan cara saya ini. Nantinya saya hanya singgah di osaka beberapa jam kemudian pulang ke surabaya. Saya ngak nginap lagi di osaka.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

ohh gitu.. saya kurang yakin sih bisa atau nggak nya..karena di hikorea emang ga ada ditulis bisa apa ngganya. cobain baca disini

http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt?categoryId=2&parentId=385&catSeq=401&showMenuId=375

atau cobain email aja kedubes korea di TOkyo nya.. ^_^

Edwin Yapeter mengatakan...

mbak meutia. infonya bagus banget. saya maw nanya nih, saya kemarin baru dapat kabar kalo visa korea saya ditolak. padahal saya dah beli tiket untuk akhir oktober ni. katanya maw apply lagi hrs tunggu 3 bulan lagi. saya ngurusnya lwt org travel karena saya dari samarinda. saya dah cantumin persyarataan yang diminta spt paspor( paspor baru, masih blank isinya tapi ada sertakan juga fotokopi paspor lama yang udah ada cap dari singapur,thailand, malaysia), fotokopi KK, SIUP, SITU perusahaan keluarga, scan2an SPT PPh perusahaan (belum ada NPWP pribadi),fotokopi rekening 3 bln trakhir. lalu, ada dipanggil dr kedubes korea d jakarata utk wawancara. saya bilangnya saya masih belum ada rencana ke jakarta dalam waktu dekat ini, tapi minta tlong dibantu apakah bisa kalau saya ga perlu datang wawancara. kalau pun saya harus wawancara saya akan datang, tapi ternyata kemarin sore saya ditelpon dan dikatakan visa saya udah ditolak. lagi cari cara untuk bisa diterima. apakah ada saran mbak?
saya sempat diskusi dengan agen yang urus visa saya, katanya kalau kita ada kenal dgn pihak konsulat ato sekjen nya bisa kita minta surat jaminan dari mereka lalu kita ajukan sendiri lagi.
apakah mbak ada kenalan?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Edwin : wawancara?? kok ada yah tahapan ini? kebanyakan pengalaman teman2 saya ngga ada satu pun yg dipanggil wawancara.

saya jg ngga ada panggilan wawancara dan visa ditolak, teman saya jg ditolak. bahkan yg diterima jg visanya ga ada wawancara. aneh bgt.

saya nggak ada kenalan. saya jg belum pernah baca kalo pake 'orang dalem', visa bisa diterima. karena ada jg beberapa kasus padahal udah dapat invitation letter tp tetep visanya nggak di approved.

Talia Sofiana mengatakan...

Halo mba meutia,

Saya boleh minta email, line atau whatsapp? Saya mau nanya langsung jika mba meutia berkenan ttg perjalanan ke korea.

Bs langsung di email ke taliaasofianaa@gmail.com

Makasih mba :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@talia : cerita perjalanan Korea saya udah saya tulis selengkap mungkin di blog saya ini kok :)

selamat membaca..

Anonim mengatakan...

Hi. Dari hasil investigasi nih, apabila:

Jepang-Korea-Jepang, atau
Korea-Jepang-Korea

destinasi tsb tidak bisa. IMHO unless kalau anda punya visa multiple untuk salah satu nya. Dan lagi, sudah dijelaskan itu untuk transit negara ketiga, dg kata lain selain dua negara tsb. CMIIW.

Daripada berspekulasi, yg ingin memakai destinasi diatas, coba di email saja ke kedutaan korea yg di korea.

Saya termasuk yg ditolak dan tiket hangus karena sudah mepet, ga sempat apply visa jepang dan cari tiket lagi karena harga tiket sudah melambung.

Trims infonya ya Meutia, saya juga langsung cari, searching, googling kumpulin data.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anonim : iya sih harus punya visa multiple kalo mau bolak-balik gitu. Makasih ya udah mau ikutan ngasih informasi. Lain kali tulis nama ya biar lebih enak. hahaha

Rio mengatakan...

Halo Mbak Meutia,

Terimakasih sekali atas informasinya. Saya sendiri sudah beli tiket CGK-ICN (transit 4 hari) lanjut ICN-CTS (Sapporo) lalu HND-ICN-CGK (ini gak pake transit lagi, cuma di airport aja :P)

Harusnya aman kan ya walau gak pakai visa Korea? Oya, kalau boleh, saya juga minta ikut di forward yah email dari kedutaan di Jepang, saya coba email kedutaan Korea yang di Indonesia namun tidak dibalas.

Email saya rio_el04@yahoo.com

Terimakasih! :)

Salam,

Rio

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Rio : kalo email kedubes Korea di Indonesia sih pasti nggak boleh jawabannya. hahaha. Email ke kedubes Korea di TOkyo aja.

Btw, kalau menurut saya, utk rute kamu itu aman sih. Karena yg terakhir di bandara doang. Tapi, kalo masuk immigrasi takut di liat stempelnya itu..

Rio mengatakan...

Sip, terimakasih banyak yah Mbak Meutia :) Sudah diterima juga emailnya. Nanti saya share deh keberhasilan saya (aamiiin) sepulang dari trip.

Jaenuri aja mengatakan...

Hallo mbk meutia salam kenal,
Wah blognya keren bnget deh,sangat membantu sekali informasinya,aku rencana november mau kejepang n korea n aku dh baca semua komentar di blognya mbk mut,sedikit udah paham lah, cuma masih belum pas kalau belum punya file keterangan bebas visa transit korea dr emabssy osaka, boleh dikirimi foward email dari embassy korea di jepang mbk? Ini email saya
jaenuriaja@gmail.com
Trims

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Jaenuri : udah di forward ya

muhammad syarif mengatakan...

mbak meutia bisa minta no. Hpnya? Tgl 11Nov. saya mau masuk ke Jepang via KOREA, deg...degan juga mbak, dan bisa tolong diforward email dari kedubes koreanya itu? thx ya mbak....alamatnya syarief_hasibuan@yahoo.com

fito mengatakan...

saLam kenaL mbak Meutia..
karena mau ke Jepang dan transit Korea..
rute tiket :Jkt-Narita by AA, Osaka-Incheon (beLum punya tiket.. info mbak untuk bugdet tiket dunk) Incheon-Jkt by AA..
rute begini bisa kan mbak Meutia..
Aku boleh dikirimi foward email dari embassy Korea di Jepang mbak? Ini email saya 
fito_design@yahoo.com

Rio mengatakan...

Halo Mbak Meutia,

Seperti janji saya, saya kembali ke sini setelah trip terakhir :D

Alhamdulillah saya berhasil masuk ke Korea tanpa visa (hanya dengan visa Jepang) tanpa masalah. Saat check in memang agak lama di Jakarta karena mereka harus check visa Jepang saya dan petugas nya harus bertanya ke orang lain terlebih dahulu, namun selain itu tidak ada masalah.

Sesampainya di Korea Selatan saya juga hanya tinggal menunjukkan booking tiket saya menuju Jepang kepada petugas imigrasi, lalu dia akan mencatat nya di dalam paspor (kayaknya sih) dan memberikan cap 30 hari!

Oya, rute saya adalah Jakarta - Seoul (ICN) stay 5 hari - Sapporo lalu Tokyo - ICN (di airport saja) - Jakarta.

Semoga bisa membantu juga untuk rekan lainnya!

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@muhammad Syarif : email udah saya forward ya. Kalo ada pertanyaan, gpp lewat sini aja ya. Biar semua bisa baca. Kalo masuk Jepang via Korea, bisa kok pake visa jepang.

@fito : iya rute kamu kaya gitu bisa kok. budget airlines dari jepang-korea bisa pake EastarJet, Peach Aviation, dan Vanilla Air

@Rio : alhamdulillah ya bisa. saya agak takut yg kamu transit doang terakhir kali di Incheon. Tp alhamdulillah lancar2 aja. Makasih ya udah mau sharing :D

Sheena Mega Registra mengatakan...

Dear mbak Meutia,

Pertama-tama saya mau mengucapkan Alhamdulillah nih mbak, berkat blog ini saya bisa ke Jepang dan Korea walaupun visa Korea saya ditolak dan hanya memiliki visa Jepang.

Jadi untuk teman-teman yang masih bimbang dan takut nantinya bisa masuk atau engga ke Korea, saya akan share pengalaman saya,

persis seperti mbak meutia, pertama saya mengajukan visa korea dan ditolak, kemudian setelah baca blog ini saya langsung urus visa Jepang dan tentunya saya mengganti itin saya dengan 4 hari ke Jepang terlebih dahulu kemudian ke Korea 9 hari.

Surabaya-Nagoya-Tokyo-Seoul-Jakarta
begitu kira-kira jalur nya. untuk keberangkatan dari Sby ke Nagoya aman karena sudah memiliki visa Jepang, dari Jepang ke Seoul saya sempat ditanya agak lama oleh maskapai eas*arjet dikarenakan mungkin mereka takut saya tidak bisa masuk Korea, namun jangan panik, tetap stay cool saja, akhirnya mereka call ke bagian kantor mereka, dan memang peraturannya bisa masuk dengan visa Jepang. bisa cek disini buktinya http://english.visitkorea.or.kr/enu/GK/GK_EN_2_1_1.jsp di Bagian "Tourism and Visits by Japanese Passport Holders"

setelah sampai Seoul pihak imigrasi sudah mengerti kalaupun kita pakai visa Jepang, bahkan petugas nya pun melihat stempel penolakan visa Korea milik teman saya namun tidak apa-apa. paling bedanya nanti setelah di stempel akan diberi tulisan kecil oleh mereka, kira" tulisannya adalah, keterangan kalo kita dari Jepang, kemudian pulang ke Indonesia lewat Korea. setelah itu pada saat penerbangan dari Korea ke Indonesia juga agak lama di bagian check in maskapai nya karena mereka mungkin baru tau dan aneh kok saya hanya pakai visa Jepang, tapi keseluruhan aman kok, lancar-lancar saja karena toh itu bukan hal ilegal dan memang sudah ada peraturannya. Jadi jangan khawatir ya teman-teman. Semoga selalu dilancarkan yang uda ada niat kesana nya, Bismillah aja inShaAllah sampai juga disana. hehe

Oh ya Terima kasih infonya mbak Meutia, uda sabar banget juga balesin pertanyaan" aku seputar kekhawatiran ini, hehe. Sukses terus ya mbak Meutia :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@sheena : makasih banget ya mbak testinya.. jadi udah ada beberapa testi nih. semoga teman2 lain semakin mantap kalo ke Korea pakai Visa Jepang aja.

sekali lg makasih banyak ya. sukses selalu :D

yume chan mengatakan...

Dah googling sana sini nyari informasi, akhirnya nyangkut juga di blog mb' Meutia. Jadi tahu bisa main ke Korea tanpa Visa asal punya visa Jepang! Asiiikkk...
Tinggal nyusun jadwal nih, ^^
Boleh share email dari kedubes Korea yang di Jepang mba..?

Alamat email saya di
yum3ch4n@gmail.com

Thanks sebelumnya!
고맙습니다~♥

Regards,
Yume

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@yume : email udah di forward ya. have a nice trip ^_^

yume chan mengatakan...

Sipp! Email diterima~ 3Q ^__^

Jeanne Anastasya mengatakan...

Halo mbak meutia salam kenal nama saya jeanne, wahhh akhirnya nemu cara lain untuk berpetualang ke negeri ginseng hihi terimakasih banyak mbak sudah sharing *terharu* semangat kembali membaraaa hehe, mbak meutia boleh saya minta diforwardkan email dari kedubesnya :D hihi terimakasih sebelumnya mbak , ini alamat email saya : anastasyajeanne92@gmail.com
kamsahamnida :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Jeanne : udah di forward ya. sukses buat perjalanannya.

anggie mengatakan...

Kalo pas mulai 1 desember kan e paspor indonesia bebas visa ke jepang. kalo kondisi seperti ini bia ga ke korea tanpa visa.
rutenya begini : jakarta---seoul----sapporo----seoul-----jakarta.

thanks ya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anggie : ga bisa deh kayaknya.. belum ada yg punya pengalaman seperti itu :D

BERNAD OBE mengatakan...

Hai, Meutia, saya Bernad, baru aja dapat Visa Jepang, tapi saya mau ke Korea, kira2 bnyak pertanyaan gk ya klo di imigrasi Korea,,,,

BERNAD OBE mengatakan...

tolong diforward email kedubesnya ya Meutia,,, tks loh,,,

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Bernad : sesuai dgn yg saya posting di blog, immigrasi Korea hanya melihat Visa Jepang dan tiket keluar Korea saja dan ngga ada masalah.

Emailnya apa?

BERNAD OBE mengatakan...

@ Meutia, maaf sampe lupa alamat emailnya : obe.bernad@gmail.com trima kasih

anggie mengatakan...

@meutia. Sorry neh tanya lagi, kok saya tanya kedubes korea dia blg ga penting itu visa jepang. Jadi kalo misal kita ga ada reentry permit untuk bs masuk ke jpn, resiko tanggung sendiri. Yg penting tiket kita ada transit di korea jadi rute jepang dulu baru korea atau korea dulu baru jepang ga masalah. Asalkan pas pulangnya ga blh transit lg ke kuala lumpur.

Mis : jakarta--- kl ---- tokyo --- korea --- kl---- jakarta

Rute spt ini tidak boleh

Utk rute ini :
Jakarta --- kl --- tokyo ---- seoul --- jakarta
Rute spt ini boleh.

Intinya tidak boleh ada negara ketiga sebelum ke jakarta, mesti langsung ke jkt.

Dan lagi dia blg tiketnya ga boleh belih terpisah misal air asia , lalu peach, lalu air asia
Harus menggunakan satu tiket mis korean airlines.

Thanks.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anggie : Cobain deh baca postingan saya lagi.. Rute saya Jakarta - KL - Jepang - Seoul - KL - Jakarta dan bisa. Saya naik Eastar Jet bukan Korean Air.

Saya ke Jepang naik Air Asia. Dari Osaka - Tokyo pakai Jetstar, lalu Eastar Jet dari Osaka - Seoul.

Di immigrasi aja yang diliat bukan tiket Korean Air, tapi tiket keluar dari Korea. Saya pakai Air Asia ke Kuala Lumpur.. Baca lagi deh postingan saya.. Kamu juga bisa baca komen2 yg di post disini karena beberapa ada testimoni orang2..

anggie mengatakan...

Thanks yah mbak meutia. Saya cuma khawatir saja kl pake bebas visa jpn krn e paspor, bs menggunakan visa transit korea. Walaupun dubes korea blg bisa, yah kan mbak meutia bilang sendiri dubes korea bnyk hal yg krg jelas juga.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@anggie : oh kamu itu pake e-passpor ke Jepang?
cobain baca lg peraturan di web HiKorea. Soalnya belum pernah ada yg laporan ke saya bisa transit ke Korea pake e-passpor jepang.

willsier mengatakan...

selamat pagi.. hai mba meutia nama saya siera, saya berencana mau ke korea bulan januari, tapi visa korea suami saya ditolak. setelah membaca blog mba meutia seakan ada harapan.. mba sa khan berencana dari mks - kl - korea - kl - mks, krn suami saya visanya ditolak maka saya berencana lewat jepang supaya korea bebas visa.. jadi kalau rute kami seperti ini apa boleh mbak? mks-kl-korea ( stay 10 hari ) - jepang ( 1/2 hari ) - korea ( just transit ) - kl - mks. ??

btw blh minta di email mbak yg surat kedubes jepang? emailku sie233@yahoo.com

makasih mba meutia.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@willsier/siera : ke jepang 1/2 hari?? Nanggung amat.

btw, kemarin ada yg laporan ke saya kalo di malaysia suka diperiksa Visa Koreanya. jd pernah ada yg ngga boleh terbang ke Korea karena ga ada Visa Korea. Tapi ada jg yg bilang ke saya kalo mereka lancar2 aja terbang ke korea pakai visa jepang. jadi hoki-hokian. kalo di postingan saya ini, teman saya yg bernama Bunga pakai Cathay ke Seoul. Jd yang periksa cuma di bandara Soekarno Hatta aja dan dia lolos.

kalau saya kan dari jepang baru korea. jd pas di KL yg diperiksa cm Visa Jepang.

Random Thought mengatakan...

Mbak aku mau nanya; kalo aku berngkat dari jkt - kl(pp). Lanjut kl - seoul(pp). Bisakah? (Tiket beli terpisah bukan dr jkt-seoul transit kl) Dan visa nya ttp dari indo ya? *maaf pertanyaan bodoh hehhe

Random Thought mengatakan...

Oiya nama saya ina. Rencananya jkt-kl: 27mei-2jun ; kl-seoul ; 28mei-1jun. Thanks atas jwbannya ya mba

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@ina : iya Visa Korea dari Indonesia.. nggak masalah kok transit jg..

ayudyah mengatakan...

hi mutia
salam kenal ya,
mau minta forward'an email yang dari kedubes korea di jepang donk..
yg ngejelasin bisa masuk korea pake visa jepang..
terimakasih..
emailku ayudyah34@yahoo.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@ayudyah : udah ya

kimryuu mengatakan...

Mbak bisa mntak forward email kedubes korea di jepang hhe kalo misalnya rute aku palembang-kuala lumpur-seoul-jepang kira kira ditahan gak ya sama petugas kayak temeb mbak bunga itu email aku lia.mahdi@yahoo.com makasih banyak ya mbak sebekumnya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@kimryuu : email udah di forward. Teman saya bunga naik Cathay jd transit di Hongkong. Kemarin ada yg cerita ke saya waktu ada pemeriksaan di Kuala Lumpur dan nggak ada Visa Korea nggak diijinkan terbang. Padahal dia punya visa jepang. Tapi ada juga yang cerita ke saya lolos2 aja tuh masuk korea dulu baru jepang.

Jadiii, hati2 pas di Kuala Lumpur. Tergantung mood petugas pas meriksa passpor. Kalo direct flight Jkt-Korea baru masuk jepang sih bisa. BAca deh komen2 orang2 diatas ^_^

Indra Diky mengatakan...

Hi Meutia, makasih infonya. Saya mau ke Jepang dan Korea bulan depan. Cuma yang Krea ini belum bikin visa. Boleh yah diforward email dari kedubes Korea ke indradiky@gmail.com makasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@indra diky : udah ya :)

Anggung Nastiti mengatakan...

halo mbk meutia. salam kenal. saya juga berniat ke jepang dalam kunjungan pertama saya ke korea april nanti. saya juga mau dong mba dikirim contoh email yang mba kirim ke kedutaan jika berkenan. email saya anggung.nastiti@gmail.com .. oh ya saya mau tanya juga alamat email pihak kedutaan yang mba tanyain ttg visa korea ini. terimakasih banyak sebelumnyaa. :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anggung Nastiti : udah di forward ya. alamat pihak kedutaan ada di email yg forward ya :)

Almaa mengatakan...

Halo mba Meutia

aku rencana pergi tanggal 19 januari nih dengan rute sama persis kayak mba hehe ngestay 10 hari di jepang abis itu ke Korea

jujur nih awalnya aku pusing banget karena H-2 minggu baru dapet visa jepang dan denger2 visa korea tuh susah banget tembusnya. Eh untung aku dapet pencerahan nih dari cerita mba Meutia hehe. Doain ya mbaa semoga rencana travel lancar.

oh iya mba boleh forward email yang dari kedubes korea di jepang gaa ke deanzkyy@hotmail.com hehe Makasih banyak yaa mba Meutia :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Almaa : udah ya :)

ulfa mengatakan...

Hall mba meutia..salam kenal. Wah mba dulu awal berani tnp visa korea udh ada pengalaman dr traveler lain blm? Klo ga..hebat dan berani ;) Terakhir trip Jpg-Korea nov 2013 hrs bwt 2 visa ya krn petugas loket visa korea blg ttg hrs direct maskapai koreanair/asiana itu, pdhl rule previlage itu udh ada sejak Feb 2013. Ternyata terbantahkan dgn pengalaman mba yaa. Woww. Smoga smakin bnyk yg bisa sperti mba. Mba mau ya diemelin jg surat imigrasinya: mawarjingga2003@yahoo.com. thanks . Oiya btw kalau yg punya e-passport dengan stiker visa bebas visa jepang, sepertinya jg bisa dapat previlage yg sama utk masuk korea sprti ini; mengingat itu memang kemudahan krjasama baru antara jpg-Ind, yg penting pny stiker visa jpg+tiket pulang dr korea. Iya kan mba?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@ulfa : saya ada baca pengalaman orang transit pas dia balik dari jepang mampir di korea sebentar. Ada juga orang yg pulang dari US transit korea jg. Makanya saya berani. Tp kalo pun belom baca, tetep bakalan nekad karena kan udah booking pesawat ke jeju dan hotel di seoul dan busan.

untuk e-passpor saya kurang tau dan emang peraturan yg saya baca di HiKorea harus 'Visa' Jepang. Tapi dulu sewaktu saya bilang "traveling from Japan," mereka cuma liat visa sekilas dan langsung menstempel passpor saya. hehe

itu yg saya email jawaban Kedubes Korea di Tokyo :)

anggie mengatakan...

Mba meutia, bisa kirim ke saya ga email kedubes korea di jepang. Saya mungkin juga mau tanya mengenai e paspor. Thanks, email saya anggiemulia@gmail.com

Romy Satria mengatakan...

Kalau pakai e-passport sepertinya bisa, baca di webnya berkaitan dengan masalah tourist transit bound itu berlaku untuk visa atau 're-entry permit' , nah yg pakai e-passport kan ditempelin stiker waktu registrasi dikedubes kan ditempel visa waiver 15 hari berlaku 3 tahun, so bisa keluar masuk jepang selama 3 tahun,sekali masuk 15 hari, nah yg diberikan pemerintah jepang itu konsepnya re-entry permit, kalo free visa ya kayak kt keluar masuk singapura yg batasan waktunya ampe passport mati,
jadi intinya kt bisa masuk korea dgn 're-entry permit' tersebut, demikian saya mencoba menerjemahkan maksud dr kebijakan transit tourist bound, kalo ada yg udah cb pake epassport dan brhasil bisa dishare hehehe,

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Romi : makasih ya utk penerjemahannya. Tp saya memang blum pernah denger ada yg berhasil masuk korea dgn e-passport krn emang kebijakan e-passpor bisa bebas visa jg kan baru.
Buat yg punya pengalaman bisa di share ya..

moNe_sTay_aLone mengatakan...

Hai mba meutia,
Salam kenal, saya raemon.
Kmren visa korea saya ditolak dan saya mau ngajuin visa jepang nie tiket ama hotel udh saya dapet, tinggal apply aja.
Saya bisa minta forward email`y gak mba.
Alamat email saya:
raemonsanjaya@gmail.com

Terima kasih banyak mba, smoga saya bisa mengikuti jejak mba meutia.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@mone : udah ya. cek email.. kalo ga ada berarti mungkin masuk SPAM ^_^

moNe_sTay_aLone mengatakan...

Iya sudahasuk, makasih banyak yakh mba.

hanaOhana mengatakan...

Hai mba Meutia,, Informatif sekali blognya dan saya baru tauuu.
Kebetulan saya akan ke 2 negara itu april nanti. Rencananya mau mencoba peruntungan dengan visa Jepang (lumayan uang visa korea untuk jajan2 hehe)

Rute saya adalah:
JKT-Incheon (6hr)
Busan-Osaka
Osaka-JKT (6hr)

Kira2 dengan rute diatas, bisa ga hanya menggunakan visa Jepang?
jika ga keberatan, saya juga mau dong diforwad email dari kedutaan ke hanaelizabeth1989@gmail.com

Terima Kasih dan salam kenal :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@hana : harusnya sih bisa. kamu pakai pesawat apa? ada yg pernah laporan ke saya rute jkt-incheon transit di kuala lumpur, tp di KL nya ga bole terbang karena ngga ada Visa Korea. Tapi pernah jg ada yg laporan kalau berhasil2 aja tuh. Hoki2an kalo transit. Kalo pesawat langsung Jkt-Incheon selalu bisa.

email udah saya forward. kalo belom masuk, cobain cek folder SPAM ya :)

hanaOhana mengatakan...

Thanks mba emailnya udh masuk.

Ralat ruteku ya.
JKT-Manila-Incheon (stay korea 6D by cebu airlines)
Busan-Osaka (by Peach airlines)
Osaka-Manila (stay japan 6D by Cebu airlines)
Manila-JKT (stay Manila 2D by Cebu)

Oh gitu yaa.. deg2an juga sih saya, jd labil bikin visa korea apa ga haha ..

Tp intinya kalo saya baca blog mba, jika masuk dr incheon, keluar dr Busan harusnya bisa ya menggunakan visa Jepang, soalnya saya pernah bc blog, ada yang bilang "masuk-keluar hrs dr bandara yang sama". jadi tambah bingung deh haha.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@hana : kalo masuk dari incheon atau busan itu boleh. ada kok di peraturannya. boleh dari mana aja.

kalo di Manila saya nggak tau ada pemeriksaan Visa apa ngga. kalo di hongkong ngga ada karena temen saya pernah jkt-seoul pake cathay transit hongkong cuma pake Visa Jepang lolos2 aja..

Wiwin mengatakan...

Halo mba meutia salam kenal saya wiwin. Awalnya saya mengira boleh masuk ke korea jika visa jepang nya masih berlaku, dalam artian masuk korea dulu baru ke jepang, saya pikir kalau masuk jepang dulu trus keluar jepang baru ke korea jadinya visa jepang nya ngga berlaku lagi.. ternyata justru lebih mudah lewat jepang yah... jadi tercerahkan ^^ mba.. boleh minta toloh di forward juga ngga mba email dari kedubesnya ke fatimah.wiwin@gmail.com. terima kasih banyak

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@wiwin : oke, udah di kirim ya :)

Siti Nuraini mengatakan...

aini

mba saya mao dong minta forwadan dari kedubes jepang tentang bebas visa masuk korea jika dr jepang. sitinuraeni1490@yahoo.com

mba kalo masuk dari jkt - kl - seoul
busan- tokyo -jkt itu bisa mba pake visa jepang aja?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@siti nuraini : klo rute jkt singgah di KL, pernah ada yg blg ke saya nggak bisa sih. tp pernah juga bisa. jadi hoki2an.. hehe

ntar emailnya di forward..

yuliani purnamaaji mengatakan...

yuliani
Mba ..mau tanya bebas visa korea nya masih berlaku gak ya?krn ada rencana ke korea minggu depan dan sudah punya visa jepang nya
kalo rute jkt-korea-jepang-jkt bisa gak ya?
boleh di forward email dari kedubesnya?
thanks ya mba

Indra Diky mengatakan...

Hi Meutia, mau update nih. Awal Februari kemarin gue ke Jepang pake visa Jepang trus lanjut ke Korea tanpa visa Korea. Ketika di Narita agak kesulitan untuk check in hingga akhirnya harus menandatangi surat yang menyatakan bahwa pihak airline tidak bertanggung jawab apabila gue ditolak masuk Korea. Dan akhirnya bisa check in juga setelah tandatangan surat pernyataan itu. Dan ketika masuk untuk minta cap di imigrasi Korea, petugasnya bilang you cannot enter Korea without visa. Gue jelasin kalau gue abis dari Jepang dan ada visa Jepang. Tapi tetep dong gak boleh sama petugas imigrasinya. Udah hopeless tuh dan gue tunjukin email yg diforward sama Meutia. Dia baca dan dia bilang kalau ini hanya berlaku bagi turis yang telah berkunjung dari 5 negara tersebut.

Gue jelasin pelan2 kalau gue dari Jepang dan ini ada visa Jepang. Dan petugasnya minta maaf. Mungkin dia masih baru soalnya masih muda. Dan akhirnya dicap lah paspor gue setelah tertahan sekitar 15 menit. Makasih Meutia buat forward emailnya.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@yuliani : harusnya sih bisa kalo penerbangan langsung jkt-korea. klo transit di KL dulu, suka ditanyain. Kadang bisa kadang ngga... email kamu apa?

@Indra : Duh, baca pengalaman lo jadi deg2an. Alhamdulillah bisa masuk Korea. Memang persiapan kita jg harus matang ya. Jd kita bisa nunjukin bukti2 yg menuliskan kalo bisa masuk korea hanya dgn visa jepang. Makasih ya udah share pengalamannya di komen ^_^
Semoga bs bermanfaat jg buat yg lain. Aminn

Anonim mengatakan...

halo kak meutia salam kenal saya Raditya kim . boleh minta forwardan emailnya kak ke raditya.kim@gmail.com terimakasih sebelumnya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Raditya : oke ntar saya forward..

anggie mengatakan...

Bisa tolong forward ke saya emailnya mbak meutia. Email saya anggiemulia@gmail.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@anggie: iya nanti saya forward..

Anonim mengatakan...

hai meutia..saya vicky..salam kenal..boleh minta tolong kirim ke email saya : vickylesmana0@gmail.com..thanks a lot yaa


Meutia Halida Khairani mengatakan...

udah ya vicky..

orlando mengatakan...

halo meutia,
boleh sy minta tolong di forward kan email nya juga ? email sy odz2606@yahoo.com .
terima kasih sebelumnya ya
sy masih bingung mengenai .bebas visa korea via jepang ini

Meutia Halida Khairani mengatakan...

udah ya orlando..

Aldiva Armando mengatakan...

Kak meutia boleh minta emailnya, banyak yg saya mau tanyain soalnya visa korea saya ditolak. Jdi saya ingin pake visa jepang utk ke korea tapi tanpa ke jepang. Kira2 bermasalah tidak ya? Oiya email saya aldivaarmando@yahoo.com makasih kak

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@aldiva : mau bikin visa jepang aja syaratnya harus ada tiket masuk dan keluar jepang.. jd mau ga mau ya harus beli tiket ke jepang.. ntar saya email..

orlando mengatakan...

@meutia . tks ya email ud saya terima. dan sy ada coba hub konsulat korea yg di jakarta 29672580 . oleh ibu yg terima telp dibenarkan gak perlu visa korea kalau miliki visa jepang. tp dia bilang nanti di charge sekitar 40dollar seorang ? krn sy gak ngerti sy tanya lagi , apa ini jadi semacam visa on arrival gitu ? tp dia diam saja. apa meutia dulu ada charge 40dollar itu ya ? tks ya

Hendri Gunawan mengatakan...

Hai mbak mutia.saya hendri saya mau minta tolong forward email balasan dari kedutaan korea yang ada dijepang.makasih mbak semoga sehat selalu.email saya blackjack_hendri@yahoo.com

Aldiva Armando mengatakan...

iya anggaplah saya sudah punya visa ke jepang.. tapi saya tidak berencana ke jepang. nah apakah di imigrasi di incheon sana harus kasih liat tiket yg ke jepang atau dengan dia liat visa jepang di passport dia udah ngerti sendiri?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@aldiva : iyah harus menunjukkan visa jepang dan tiket keluar korea..

Hamdalah Hazhar mengatakan...

Hallo mba mutia, bagus banget informasinya. jadi gini saya juga ada rencana untuk traveling dari jakarta korea jepang. dengan rute Jakarta-KL-korea-jepang-KL-Jakarta. boleh minta tolong forward ke email saya email dari kedubesnya? Hamdalah.hazhar@gmail.com

Anonim mengatakan...

Helo saya lia,mau share aja pengalaman ke korea tanpa visa..seperti cerita2 di atas, emang agak ribet klo terbang dri KL. Tadi nyaris aja saya batal berangkat gara2 petugasny gak ngeh sama aturan itu. Sampe saya insist minta ketemu sama supervisornya dan jelasin lagi dari awal, saya juga cerita kalo dulu pernah juga masuk korea tanpa visa dan lancar2 aja. Setelah dihold hampir 1 jam, akhirny boleh juga masuk waiting room. Dan alhamdulillah sekarang udah sampe korea dan bisa melenggang dg cantiknya lewat imigrasi tanpa ditanyain apa2 ��

Sara Anugerah mengatakan...

Halo Mba Meutia, makasih ya infonya. Saya mau nanya nih, saya dapat visa bisnis Australia, tapi setelah dari Australia pulang dulu ke Indonesia, baru ke Korea lagi setelah 3 minggu. Apakah bisa juga free visa?

Tolong dijawab ya mbak. Thanks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@orlando : saya nggak ada charge apa2.. tinggal melenggang aja masuk melalui immigrasi dengan visa jepang ke korea..

@hendri : udah saya email..

@hamdalah : email udah saya kirim.. kalo dari jkt transit KL, kadang bisa kadang ngga. soalnya di KL kadang petugas bersikeras minta menunjukkan visa korea. Tapi cobain baca pengalaman Lia (anonim) diatas. Dia bisa kok lewat KL ke korea dulu baru jepang.

@anonim (lia) : makasih ya udah share. Dulu ada yg ngambek ke saya katanya ga bisa masuk korea kalo lewat KL.

@Sara : ngga bisa deh. soalnya harus transit passenger bound to another country. Baca lagi deh peraturannya di Hi Korea.

Maaf ya semua,baru bisa bales sekarang karena saya sedang berkabung :(

Places to Hang Out, Have Fun, and Go in Aceh mengatakan...

Terima kasih sharenya mbak. sangat menolong. saya juga akan pergi dengan rute Jkt-KL-Seoul-Tokyo-KL-Jakarta. stay di seoul selama 9 hari. Bolehkah saya dikirimi email dari kedubesnya ke faiz.abdul.r@gmail.com ?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

udah dikirim ya faiz..

Ardy mengatakan...

Thanks mba meutia infonya.
Tolong email kedutaan Korea nya bisa diinfo via email ke ardiyanto_dwiputra@yahoo.com

Thanks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

udah ya ardy..

Yuki Handayani mengatakan...

Hallo mbak mutia salam kenal
Saya dan tmn2 ada rencana ke jepang melalui korea sprt yg mbak tulis..
Menggunakan visa jepang
Boleh saya minta forward email dr kedutaan korea nya jg ga mbak?
Ke adha_lubis@yahoo.com
Trima kasih sebelum nya mbak mutia
:)
adha

Tyas Pravitasari mengatakan...

Halo mba.. Boleh minta forward email yg dr kedubes korea di tokyo juga kah?? Makasih banyak ya mba.. Oyah, klo masuk korea tanpa visa bisa ke jeju ga ya?Bisa masuk lagi ke seoulnya dari jeju gimana mba klo ga punya visa?

Btw,, turut berduka cita ya mba atas kepergian papanya.. Semoga mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt, amin yra!

Email sy : tyas_pravitas@yahoo.com

Sukses selalu ya mba,, ^^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@adha : udah saya forward ya

@Tyas : Saya kemarin pergi sampai ke Jeju kok. Rutenya Osaka - Seoul (tanpa Visa), Seoul - Jeju (stay 2 hari), Jeju - Busan. Sewaktu di bandara Jeju, mereka cuma ngecek stempel masuk korea di Passpor aja. Tapi temen saya nggak di cek apa2 malah. hehehe

Makasih ya doa buat Papa saya. aminn doanya :)

Wirawan Prasetyo mengatakan...

ALow mbak Meutia .... boleh minta forward email yang dari kedutaan ga ...

Karena rencananya saya starnya dari KL - Seoul - Osaka - KL .... jadi takut bermasalah di KL juga ,,,


Thanks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@wirawan : emailnya apa?

Fardini Widyanti mengatakan...

Halo mba Meutia

Info di blog-nya, sangat membantu sekali karena saya berencana ke Jepang dan lanjut Korea. Boleh minta di forward email dari Kedubes Korea nya mba?
email: dinfardin@gmail.com

Terima Kasih :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@fardini : udah ya

Yuki Handayani mengatakan...

Makasih mbak email nya
Sukses terus y mbak
:)

Anonim mengatakan...

boleh minta tolong di forwdrd ke email kimikoabigail@gmail.com

terimakasih atas sharing ceritanya! semoga kelak membantu saya..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

anonim mohon tulis nama ya.

Erna Muliana mengatakan...

Assalamu'alaikum mbak Meutia,

Bagus sekali informasinya mbak :)
Erna juga berencana melakukan perjalanan dari Taiwan ke Jepang dan transit di Korea selama 3 hari.

Boleh minta di forward email kedubes koreanya ga mbak?

Alamat email saya: emorange1425@gmail.com

Terima Kasih sebelumnya mbak, email mbak tersebut pastinya akan sangat membantu saya nantinya :)

Febrina Nurmalasari mengatakan...

Assalammualaikum mbak Meutia.. In sari

Dri baca blogy mbak .. Dpet pencerahan nih...
Rencana q mau k jpang tpi transit beberapa hri dlu di korea...hanya punya visa Jpang
Sdah q coba jga tanya k kedubes korea.. Blang bsa
Boleh gk mbak saya mnta dikirim forward email kedubes korea di Jepang...krna msih tetep was was blom ad bukti tertulis .. Klo2 di bandara ditanya...
In email saya febri.12.bhs@gmail.com

Matur suwun :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Erna : Valid Visa Jepang bisa masuk Taiwan bebas Visa dan juga masuk Korea. Jadi 1 Visa bisa masuk 3 negara. udah di forward ya..

@Febrina : udah di fordward ya. kalau mau buka aja HiKorea. Disana ada bukti peraturan tertulis yg dikeluarkan pemerintah Korea kok :)

Anonim mengatakan...

Mbk meutia sy rivo tlg donk diforward email yg dr kedubes jepang untuk korea krn visa korea aku ditolak hrsnya brkt tgl 8 april..email aku muhadi30@gmail.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

udah ya rivo..

Tiria_star mengatakan...

@Anonim(maaf saya ngak tau namanya)

saya mau tanya,ketika di KL apa saya syarat yg mereka minta supaya kita bisa masuk korea tampa visa?
Kebetulan rute saya kl-korea-jpg-kl...terimakasih

Tiria_star mengatakan...

Mbak mutia saya titin..

Mau tanya mba...waktu kirim email ke kedubes korea,dibalesnya lama ngak ya?

saya kirim sudah hampir seminggu belom ada balasan...

Deg-degan ni...karena saya masuk koreanya dari KL.

Terimakasih mbak sebelumnya.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@titin : ada kok tgl di email saya kpn saya kirim dan kpn dibales.

NIKI NAYUKO mengatakan...

Halo mba saya Nikita, saya suka sekali dengan tulisan mba..
saya sedang dalam proses pembuatan visa korea juga, setelah baca blog mba muthia jadi ikut deg degan, takut ditolak. tiket dan bookingan penginapan sdh lunas ditangan. tp kalo mmg ditolak saya akan pergi melalui jepang, mohon forward email dari kedubes jepang ya mba untuk jaga2 kalau ditolak. nanti akan saya update lagi info visa saya kesini untuk share buat yang lain.

nikita.fima@gmail.com

terima kasih sebelumnya mba...

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Niki : udah di forward ya.

Ganjar Wachdini mengatakan...

Mba boleh diforward emailnya ke jajaskasep@yahoo.com

Wirawan Prasetyo mengatakan...

Mbak Meutia ,

Tiket ke Koreanya untuk pengajuan visa jepang pakai travel agent dimana atau pakai website online dimana ?


Thanks ... Wawan

fifi chan mengatakan...

dear mbak meutia, sy fifi...sy sdh bc tulisan mbak, cm ms agak bingung..mohon pencerahan...rencana sy akn berangkat dari Jkt - Tokyo - Seoul - Tokyo - Jakarta...apkh sy bs msk korea bebas visa dgn route sprti ini ya? thnks yaaa mbak

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Ganjar : udah di forward ya

@Wirawan : maksudnya gimana ya? saya booking tiket Osaka ke Seoul di Eastar Jet.

@fifi : untuk kasus kamu kayaknya ga bisa. karena No Visa entry itu bound to the third country. Bukan balik lagi ke Jepang. Lagian ntar di Jepang harus pake multiple entry Visa. Tapi ini 'kayaknya' doang loh. Belum ada yg nulis komen di blog saya dgn rute seperti kamu :)

Wirawan Prasetyo mengatakan...

Ooo ... jadi pas apply visa jepang , tiket eastar jetnya sudah dibayar yah mbak

dewi valent mengatakan...

Hai mba Meutia,, nama saya atus Informatif sekali blognya dan saya baru tauuu.
Kebetulan saya akan ke 2 negara itu april nanti. Rencananya mau mencoba peruntungan dengan visa Jepang

bolleh minta forward email dari kedubes nya gak

ini email saya
atcunajah@gmail.com
trms

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@dewi/atus : udah ya

Ayu Ratih Oktaviani mengatakan...

Dear mba mutia, what a helpful post you've made.thank you..thank you..thank you..ohya, saya juga mau donk di forward email ttg visa korea dr kedubes korsel di tokyo. Alamat email saya: sweetest_divines@yahoo.com. terimakasih ^^

Kartika Septiani Lisano mengatakan...

Halo Mbak Mutia,
Boleh minta email ga ya saya mau tny via email :)
Lagi cenut2 karena visa korea teman seperjalanan ditolak
Thank you so much

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Ayu : udah saya forward ya

@Kartika : nanya lewat komen jg bisa kok. sekalian bisa dibaca sama pengunjung lain :)

moNe_sTay_aLone mengatakan...

Selamat siang mba mutia,
Saya mone yang dulu pernah minta forward email. Saya mau sekedar share aja nie, sebelum'y terima kasih atas info dan juga forward email dari mba mutia yang sangat membantu saya untuk bisa terbang ke korea tanpa visa.
Saya sebelum'y sangat kesulitan saat akan check in di bandara soetta. Petugas air asia menahan saya hampir 2 jam. Saya harus beradu argumen terlebih dahulu untuk bisa check in. Untung saya datang lebih awal, sampai bagasi saya saja dimasukkan ke pesawat lewat gerbang imigrasi. tapi alhamdulillah diberi kemudahan oleh Allah SWT. Meskipun sudah sempat hopeless.
Dan saat itu belum tenang juga, karena saya harus melewati gerbang imigrasi kuala lumpur terlebih dahulu. Di KLIA 2 saya juga tertahan oleh petugas check in air asia di sana. Namun saya tidak diberi kesempatan untuk menjelaskan tentang ke korea tanpa visa dan hanya disuruh menunggu saja. Namun akhir'y saya bisa juga di ijinkan masuk ke ruang boarding.
dan pada saat di bagian imigrasi korea, saya diminta menunjukan seluruh itinerary tiket serta uang yang saya bawa. tapi tidak masalah dengan hal ini.
Sekali lagi terima kasih banyak mba mutia.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@mone : wah alhamdulillah bisa masuk. walaupun penuh perjuangan begitu. tapi setelah perjuangan panjang dan berhasil masuk itu rasanya pasti seneng bgt kan.

Sekali lagi makasih ya sharenya.. :)

Sri Susanti mengatakan...

Assalamualaikum mbk Meutia.. minta forward email dari kedutaan nya mbk.. ke srisusanti20nasri@yahoo.co.id terima kasih mbk

andita pratiwi mengatakan...

hallo mba meutia saya berencana akan travelling dengan rute Jakarta-Seoul-Tokyo-Seoul-Jakarta dengan menggunakan visa jepang.
mba aku minta tolong di forward email dari kedubes korea yang di tokyo ke alamat email anditapratiwi31@gmail.com terimakasih sebelumnya mbak :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@sri susanti dan @andita pratiwi

udah saya forward yaa :)

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 426   Lebih baru› Terbaru»

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan