Februari 21, 2014

Visa Korea Ditolak? Eits, Jangan Sedih Dulu!

Sebenarnya mau posting pengalaman saya seminggu lalu. Ah, mungkin saya sedang sial. Pas menelepon kedutaan Korea pagi-pagi, mereka bilang kalau Visa Korea saya ditolak. OMG! Langsung pikiran nggak karuan, sedih, bingung, dan pasrah. Ntah kenapa, pembuatan Visa Korea ini benar-benar perjuangan, dan pada akhirnya di tolak. Gimana nggak sedih?!

Oke, sebelum saya menceritakan kabar gembira, saya ceritakan dulu cerita sedih tentang proses pembuatan Visa. Saya sempat kaget mendengar harga surat referensi bank BNI Rp. 200,000 (surat referensi bank diperlukan sekalian dengan rekening koran 3 bulan terakhir). Trus karena Januari kemarin hujan terus di Jakarta sampai depan Citraland banjir beberapa kali. Dan sialnya, karena kantor saya di Central Park, nggak ada busway kesana. Awalnya saya merasa nggak ada masalah, tapi karena surat keterangan kerja saya salah tanggal, terpaksa harus request ulang ke HRD. Mana HRD rese' banget. Dia minta di email dulu request revisi suratnya. Akhirnya saya email hari senin pagi dan senin sore sudah bisa diambil suratnya. Karena nangggung udah sore, saya ambil deh hari Selasa.

Ternyata hari Selasa itu banjir di Citraland dan saya nggak jadi ambil. Saya datang hari Rabu dan masih banjir juga. Karena saya emang niat mau ke Kedutaan hari rabu, jadi dari halte R.S Harapan Kita, saya jalan kaki ke Central Park. Setelah sampai di kantor, jeng! jeng! Surat keterangan kerja saya hilang. OMG! Saya marah ke HRDnya dan saya suruh si mbak itu cari surat saya. Kata dia ntar dibikinin lagi jadi suruh datang besok aja. Saya nggak mau bolak - balik lagi, akhirnya saya tungguin dia nyari surat saya dengan muka sebel. Beberapa menit dia nyari, akhirnya surat saya ketemu, Alhamdulillah.

Saya langsung naik APTB ke Kedutaan Korea di Gatot Subroto. Gedungnya kayak benteng, megah banget. Nomor antrian saya juga terlalu panjang. Untung aja ada anak backpacker Indonesia yang udah antri duluan, jadi saya bisa nebeng dia. Sebenarnya menurut saya, syarat-syarat dokumen pengajuan Visa Korea itu terlalu gampang. Bahkan tiket pesawat dan bukti booking hotel pun nggak diminta, padahal saya udah sodorin. Harga Visa pun naik jadi Rp. 480,000 dan harus dibayar dimuka. Berbeda dengan Visa Jepang yang bayarnya kalau di-approved. Akhirnya pulang ke kantor client dengan rasa capek. Oh ya, saya sempat memfoto surat keterangan kerja saya. Ternyata tanggal saya masuk kantor di surat keterangan kerja itu dengan surat sponsor visa dari atasan saya beda tanggalnya. Waduh, ini HRD benar-benar nggak teliti banget deh.

Stempel kesedihan
5 hari berlalu, akhirnya saya menelepon Kedubes untuk tanya kabar Visa saya. Langsung ada halilintar di kepala saya ketika mendengar kalau Visa saya ditolak. Ah, udah rugi Rp. 480,000 untuk duit Visa, ditambah lagi rugi Rp. 200,000 untuk surat referensi bank. Nah, saya heran banget kenapa nggak di approved? Padahal di passpor saya ada Visa Jepangnya. Masa Jepang  bisa, Korea nggak bisa? Pusing deh! Apa jangan-jangan karena tanggal saya masuk di surat keterangan kerja dan sponsor visa beda yah? Ah, masa karena se-sepele itu? Haduwh, i don't have any idea. Waktu ambil passpor juga nggak dikasih tau kenapa Visa saya di tolak. Terpaksa pulang dengan membawa passpor dengan stempel tanggal penolakan Visa.

Akhirnya, saya browsing. Saya membaca semua pengalaman orang yang Visanya ditolak. Beberapa jam saya browsing tapi nggak ada jawaban. Sampai akhirnya saya menemukan blog orang Indonesia. 
Isi blog
Trus saya baca lagi pengalaman orang Indonesia di kaskus, linknya:

Kurang lebih hampir sama intinya kalau pemegang Visa Jepang bisa masuk ke Korea maksimal 30 hari dengan syarat memiliki tiket pesawat keluar Korea dalam waktu 30 hari. 

Saya juga baca di website Kedutaan Korea Indonesia kemudian pilih Page 2 dan pilih no. 1 Bebas Visa. Isinya seperti ini :
Transit ke dan dari negara-negara seperti Amerika serikat, Jepang, Kanada, Australia dan New Zealand(Pengecualian untuk WN Cuba dan Macadonia). Jika tidak ada kemungkinan untuk melakukan pelanggaran izin tinggal maka dapat masuk ke Korea selama 30 hari tanpa visa. (Tetapi harus menyertakan tiket pesawat terbang sebagai bukti perjalanan.)

Orang yang akan bepergian dengan kondisi tersebut diatas, dapat melakukan perjalanan dan tidak perlu khawatir karena pegawai Imigrasi telah mengetahui peraturan tersebut selama tidak ada kemungkinan akan melakukan pelanggaran izin tinggal.

Nah, mulailah hati saya berbunga-bunga. Saya telepon petugas Kedutaan Korea. Ternyata ada hal aneh, mereka bilang hanya untuk maskapai Korean Air saya yang boleh transit di Korea. Saya langsung nanya lagi, "Mas, dimana-mana immigrasi nggak ada hubungannya sama maskapai." Emangnya nggak boleh ya pakai Singapore Airlines atau Garuda Indonesia 'gitu? Berhubung saya pergi dari Jepang ke Korea menggunakan EastarJet dan pesawat AirAsia saya ke Jakarta dari Busan singgah di Kuala Lumpur. Petugasnya malah bilang, "Ya udah mbak, cobain aja telepon langsung EastarJetnya. Trus langsung pulang ke Indonesia ya mbak, nggak boleh ke Kuala Lumpur dulu."

What? Aneh sekali. Daripada harus menelepon maskapai Korea dan suudzan macam-macam sama orang Kedutaan Korea, akhirnya saya masuk ke web Immigration Korea. Pilih bahasa English, lalu di bagian Useful Information > No-Visa Entry Policy for Foreigners in Transit. Isinya sama aja seperti yang diatas, bahwa pemilik Visa Jepang boleh mampir di Korea maksimal 30 hari selama punya tiket keluar Korea. Kalau masih ragu lagi, bisa baca di HiKorea. Pilih Transit tourists bound for another country.

Walaupun masih deg-degan, berbekal dengan informasi dari pengalaman orang yang saya baca, dan beberapa website langsung dari Korea, saya memutuskan untuk tetap masuk Korea. Saya print aja nanti webpage tentang informasi itu. Kasihan tiket dan Hotel yang sudah saya booking untuk pergi ke Korea. Doakan saya tidak di deportasi ya, hihihi. Kalau misalnya saya berhasil masuk Korea, saya pasti langsung posting foto saya di Instagram. Tapi kalau di deportasi, saya juga pasti posting. Hahaha. Insya Allah prosedur yang saya akan ikuti tidak salah. Let's go to Korea with Japan Visa!

Catatan: Buat yang mau baca lebih lengkapnya pengalaman saya, silahkan klik Masuk Korea Selatan Tanpa Visa ya ^_^

77 comments:

Andhika Budihardjo mengatakan...

Kapan perginya? Gw mau nunggu blog lu kalo di deportasi mut.. Wakakaka... Lu si nekat.. Wakaka..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@andhika : kalo nggak nekad kita nggak tau apa yg akan terjadi. PErgi tgl 17 Maret dika..

Unknown mengatakan...

Busyet mahal bnr surat ref bank 200rb. Bca cuma 50rb. Uda rugi 680rb d tolak lg visanya :(

Adittya Regas mengatakan...

semoga jadi ke korea-nya ya kak, oya oleh2nya jagan lupa lama gak ada GA disini :p

#banciGA

Mila Said mengatakan...

lo ga coba telpon kedutaan jepang nya? atau kedutaan indonesia buat memastikan? kalo sampe ga bisa masuk korea pake paspor jepang ngeri loh, catetan nama lo bisa jelek kalo sampe urusan ama imigrasi.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Mila : kedutaan korea udah, tapi ga menjawab pertanyaan. udah beberapa web korea gw baca, Ministry of Justice, Ministry of Foreign Affair, dan Korean Immigration, semua nulis boleh.. ya uda

Mila Said mengatakan...

saran gw sih lo minta saran sama kedutaan indonesia, supaya kalo ada apa2 disana tau harus menghubungi kemana. Nekat sih seru tapi just be careful :p

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@mila : Udah mil.. katanya gpp... gitu doang. hahahahaha

Anonim mengatakan...

Hallo, boleh tanya kelengkapan dokumen buat pengajuan visanya ga kenapa sampe bisa ditolak.
Soalnya aku juga mau apply bulan depan. Info yang aku dapet yg dibutuhin itu: form aplikasi visa, foto berwarna terbaru, paspor asli, surat sponsor dari perusahaan, bukti keuangan pribadi (slip gaji), rekening bank 3 bulan terakhir & surat referensi bank, copy kartu keluarga, dan copy ktp. Ada yang bilang kalo ada bukti tiket sama hotel boleh dilampirin juga.

Kamu lampirin semuanya itu?

Thanks Meutia ^^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@unknown : aku udah lampirin semuanya kok. kurang tau juga kenapa ga di approved. Jadi dari kita ber 6, dua ga di approved dan ga dikasi tau alesannya. kalo tiket pesawat udah dilampirin tp dibalikin lagi krn katanya ga usah. temen aku malah blum beli tiket aja di approved, aku udah beli tiket ga di approved.

semoga membantu

Anonim mengatakan...

Kalo boleh tau, 2 orang yg ga di approved itu masukin dokumennya bareng sama yang lain (yang b6 itu) atau b2 doang?

Terus tiketnya jadi gimana? sayang banget :(

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@anonim : write name pls..
kita ga masukin dokumen bareng.
formasinya:
dua pertama : di approved
dua kedua : 1 di approved
dua ketiga : 1 diapproved

Saya tetep bisa masuk Korea krn emang pergi dari Jepang dan punya visa Jepang.. jadi insya Allah ngga masalah..

chiemotzz mengatakan...

hallo mba meutia .. salam kenal
kebetulan visa aku & suami juga baru ditolak kedutaan korea .. padahal syarat dah lengkap .. dan qtanya juga g dikasih tau alesannya apa .. cuma g memenuhi syarat gitu aja (kata orang agen, karena qta urus visa lewat agen)
padahal tiket dah beli :(
beruntungnya bisa nemu tulisan ini, dan pas juga loh tar april emang dah ada rencana ke jepang krn disana ada keluarga
mo nanya mba, maksudnya bebas visa itu jadi qta sama skali g usah ngurus visa lagi ke kedutaan ?? cukup tiket keluar masuk korea aja gitu ?? nah .. tar proses imigrasinya kira2 gimana y mba ?? klo emang bebas visa .. dan ada tiket murah .. pengen bgt skalian ke korea tanpa harus daftar2 di kedutaan lagi :D

-irma-

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@irma : Hallo mbak Irma. Wah tumben2 ya bisa ngga di approved kalo bikin bareng suami. Temen aku bareng suami tp di approved, padahal duit di rekeningnya aja minimalis. emang ga bisa di tebak2 sih kalo kedutaan korea.
Rencana ke Korea itu April ya?
Ini saya jawab ya pertanyaannya:

maksudnya bebas visa itu jadi qta sama skali g usah ngurus visa lagi ke kedutaan ?? iya ga usah.
cukup tiket keluar masuk korea aja gitu ?? karena itungannya transit dari dan ke jepang, jadi misalnya rutenya gini
jakarta - korea - jepang - jakarta (no visa entry) atau
jakarta - jepang - korea - jakarta (no visa entry)

pokoknya third country or last country ga boleh korea aja.

nah .. tar proses imigrasinya kira2 gimana y mba ??
kalo dari web kedubes korea,
"Orang yang akan bepergian dengan kondisi tersebut diatas, dapat melakukan perjalanan dan tidak perlu khawatir karena pegawai Imigrasi telah mengetahui peraturan tersebut selama tidak ada kemungkinan akan melakukan pelanggaran izin tinggal."

baca di kaskus sih cuma nunjukin passpor yg di tempel visa jepang, trus tunjukin tiket keluar korea dalam waktu max. 30 hari aja.

Ini email dari Kedubes Korea di Tokyo:

Here is The Consulate of Korea embassy in Tokyo.

We got an email about your Korea visa.


If you have japanese visa , you don't need a Korea visa for transit purpose within 30days.


You should show the flight ticket to the third country with fixed date,

at Korean immigration bureau.


If You don't have any problem(for example criminal records or illegal stay, or else)

you can entry into Korea.

Thank you.

Semoga membantu :)

chiemotzz mengatakan...

makasih infonya mba..
harusnya saya brangkat ke korea 19 - 25 maret ini .. ga nyangka bakalan ditolak visanya :D
ke Jepang brangkat 23 april mba .. duluan mba meutia ??
ditunggu update infonya loh mba ..
^_^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

23 april udah sakura yaa.. saya ke korea tgl 17 maret ini.. oke, goodluck ya :D

Anonim mengatakan...

Hai mbak, kebetulan kita sama nih berangkatnya, tgl 17 maret ini ke korea. Aku baru urus tadi pagi.
tp karena status aku fresh graduate n belum masuk kerja, jadi besok baru balik lagi dgn surat sponsor ortu. Kalo buat surat sponsor pake materai n mutasi rekening aja kali ya? Karena mama papaku jarang print buku tabungan huhu. Sama alu mau nanya lagi (maaf yah) kira2 yg membuat visa ditolak karena apa ya? Walaupun dokumen diawal diterima sama petugas imigrasinya? Tq berat mba :-) -Vidia

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Vidia :

surat sponsor sih saya ga pake materai krn emang dari perusahaan. kalau sponsor ortu kurang ngerti yah. mending telp aja langsung ke kedutaan.

saya ga tau knp visa di tolak. krn mereka emang ga nyebutin kenapa. dokumen awal pasti diterima sama pegawai pengurusan visa utk ngecek lengkap apa ngga sesuai dgn yg mereka minta di web. tapi setelah seminggu baru ketauan keterima apa ditolak.. ^^

Anonim mengatakan...

Halo mba.. salam kenal..
Tulisan ini bikin deg2an aku... hehehe
Aku mau tanya ...rencananya akhir april ini aku mau berangkat.
Perusahaan aku cukup bonafit dan di kenal lumayan banyak orang.. aku rencana pergi tanggal 30 April - 11 May.
Tapi karena cutiku cuma 5 hari, jadi di surat aku di tulisnya akan kembali ke Indonesia tanggal 8 MAy. (jumatnya bolos kantor). Kira2 apakah akan jadi masalah yah mba? Saya juga akan menyertakan SPT rencananya.. Mohon infonya yah mba.. thanks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Anonim : Write name pls...

hubungannya dgn perusahaan bonafit apa ya? soalnya perusahaan saya cm best 4 IT indonesia dan platinum partner Oracle, tapi teteep ga ngaruh.. haha

Cobain aja mba, sambil doa. Apply visa korea beneran hoki2an soalnya, hehe. Yg dapat invitation langsung dari korea aja pernah di tolak visanya, sedangkan yg passportnya masi kosong dan duit tabungan minimalis jg diterima.. i have no idea.. ^^

Anonim mengatakan...

iah mba.. soalnya katanya kalau perusahaan nya cukup di kenal gampang katanya..tapi agak ragu juga sih ... duh ... banyak2 doa aja deh kalau gitu hihi.. makasih mba ^^

Oim mengatakan...

melancong teruss....
asik.asik..

virtuarchive.blogspot.com

R hidayat mengatakan...

Mba visax di tolak gara2 apa yah kalo boleh tau

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@R Hidayat : ngga tau kenapa.. pas ditanya mereka pun ngga tau kenapa. yg tau konsultannya katanya.

agi prajanegara mengatakan...

Ka mutia aku boleh tanya ga? Kira2 kaka pas visanya ditolak itu pas hari H pengambilan visa atau ga?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Agi : iya saya tau visa ditolak pas hari H pengambilan..

agi prajanegara mengatakan...

Oh iya ka wktu kaka ditolak.. trs bikin visa lagi, itu kira2 jaraknya brp minggu?
Terimakasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@agi : maksudnya visa Korea lagi? Saya ngga bikin lagi.. Kan saya akhirnya masuk pakai Visa Jepang..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@agi : maksudnya visa Korea lagi? Saya ngga bikin lagi.. Kan saya akhirnya masuk pakai Visa Jepang..

agi prajanegara mengatakan...

Iya ka visa korea. Oh msk pakai visa jepang ya ka. Jd gini ka aku sekarang lagi bikin visa tp msh proses trs bilangnya padahal aku udh ngajuin dr bulan laluㅠㅠ dan aku sudah 2 kali kekorea.. sekarang lagi gundah gulanaㅠㅠ

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Agi : Wah lama bangettt.. saya cm 5 hari udah dapat kabar. Gmn kalo kamu langsung samperin aja kedubes Koreanya?
Memang ada beberapa anak Backpacker Dunia bilang kalau sekarang proses Visa Korea lama bgt. Masalahnya malah udah lama, tp nggak di approved.

Tieky mengatakan...

Mba, aku lagi menghadapi problem visa ditolak (Tiket PP Garuda sudah dibeli) padahal aku pernah ke korea sebelumnya..aku butuh tipsnya mba, apakah aku boleh minta alamat email mba supaya aku lebih gampang jelasin problemnya? Ditunggu yah

Tieky mengatakan...

sorry mba, urgent banget karna aku uda booking tiket PP JKT-Seoul-Jkt tgl 5 Jan 2014 untuk 6 orang (total 33 juta) dan tiket itu ga bisa direfund...aku butuh konsultasi ama Mba gimana caranya aku akalin tripku supaya aku tetep bisa masuk ke korea...email ku : tiekykristian@gmail.com

Comment ini ga usah dipublish gpp ya Mba, i reaally hope i can contact you personally soalnya aku confuse dgn taktik mba yang masuk melalui Jepang itu lho

Regards


Tieky Kristian
tiekykristian@gmail.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Tieky : hai tieky, udah saya email ya.. Duh, saya bengong baca angka 33juta

Febri Rachman mengatakan...

Dear mba meutia.. hari ini saya baru dikabari visa saya ditolak.. padahal syarat saya 100 persis mirip calon istri dana dia di approve.. saya rencana honeymoon kesana tgl 13 januari ini.. apa ada jalan keluarnya? Saya di korea 8 hari.. apa bisa jika tengah2 ke jepang dan balik korea lagi dngn mengunakan visa jepang?
terima kasih..

Febri rachman
Febri.rachman@gmail.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Febri : memang sih yg tau kenapa Visa kita ditolak cuma konsultan Visa dan Tuhan, haha.

Well, kalau mau mengajukan Visa Jepang harus memiliki tiket masuk dan keluar jepang. jadi ntar malah lebih mahal.. belum ada yg pernah bilang ke saya bisa multiple entry sih ke korea pakai visa jepang.

kalau nggak salah ada peraturan kalau mau ke Jeju Island, boleh mampir di Korea (selain Jeju) selama 72 jam sebelum ke Jeju.

coba baca disini
http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt?categoryId=2&parentId=385&catSeq=401&showMenuId=375

ariyanihartanto mengatakan...

Dear Mba Meutia,

Bolehkan diforward email dari Kedubes Korea di Jepang nya mengenai bisa masuk Korea pake visa Jepang kalau transit?

Karena visa cowokku juga ditolak, padahal aku punya diterima dan dokumen aplikasinya sama. Jadi kami plan untuk lanjut ke Jepang. Tapi karena terbang dari Jakarta ke Seoul dulu (pakai Garuda), takut petugasnya gak kasi lewat karena ga ada visa Korea.

Emailku: ariyani.h@gmail.com

Ditunggu ya mba, thanks a lot in advance

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@ ariyanihartanto : udah ya. cek email.. kalo ga ada berarti mungkin masuk SPAM ^_^

septiana nurrohmah mengatakan...

kl misal visa ditolak sementara tiket peswat udah kebeli, otomatis hangus kan tiketnya? Ada alternatif lain g biar tiketnya g hangus percuma?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@septiana : iya hangus.. palingan masuk korea dengan visa jepang..

Dimas mengatakan...

Mbak bisa minta diforward email dari Kedubes Korea di Jepang nya mengenai bisa masuk Korea pake visa Jepang kalau transit? makasih

Dimastricahyo@yahoo.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@dimas : uda ya

Astrid mengatakan...

Hai Meutiya,
Saya lagi deg-degan nih nunggu visa Korea keluar. Padahal sebelumnya udah pernah ke US, Australia, Jepang, negara-negara Schengen.. Tapi Kedubes Korea kayaknya yang paling ga jelas, mesti nunggu lama buat sebuah kepastian. Kalo baca-baca pengalaman traveler lainnya, kayaknya untuk Kedubes Korsel kita gak bisa nanya-nanya maupun banding ya? Saya coba nelepon buat tanya status aplikasi, ada gak dokumen tambahan yang mesti saya lampirin, juga jawabannya selalu sama: tunggu tanggal paspor keluar. Waktu masukin aplikasi, kasus saya juga sama, bukti booking hotel+tiket yang sudah dibeli, langsung dikembalikan sama petugas. Apa ini tanda-tanda bakal ditolak ya? Hehehe..

Untung ada postingan-ini.. Kalo ditolak mending cabut ke Jepang aja deh via Seoul. :-)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

astrid : Kedubes Korsel emang ga bisa banding. Sekalinya ga di approved Visanya ya udah, no hope. hahaha. Nggak dikasi penjelasan jg knp ditolak.

Bukti booking tiket dan hotel emang ga ada sih di daftar dokumen yg harus dilengkapin. Temen saya nggak lampirin bukti booking tetep di approved visa koreanya. Pokoknya nggak jelas bgt deh kenapa ditolak. haha

suryady Wiranata mengatakan...

HI mba Meutia, gini mba saya mau nanya,

1. Apakah kita bisa apply visa Korea di jepang? kemudian apa yang diperlukan? Bagaimana seperti Rekening koran, akte lahir dan lain-lain serta biayanya?

2. Pada saat mba apply Visa Jepang, di itenerary-nya apakah mba menuliskan secara detail perjalanan dari indonesia-jepang-korea-indonesia?

3. Pada saat tersebut, tiket, hotel, semuanya sudah OK?

4. Saya ada rencana pergi sendirian, Jadi mohon mba email saya reply email dubes koreanya dong dan mohon perbolehkan saya personal chat dengan mba mengenai hal ini.

suryady Wiranata mengatakan...

oh iya mba, ini email saya Suryady.liang@yahoo.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@suryadi wiranata:

1. Apakah kita bisa apply visa Korea di jepang? kemudian apa yang diperlukan? Bagaimana seperti Rekening koran, akte lahir dan lain-lain serta biayanya?
setau saya kalau mau apply visa korea di jepang harus ada resident card (semacam KTP). teman saya kuliah di jepang bisa apply visa korea krn dia punya KTP jepang. Biayanya bisa lihat di web embassy Korea versi Japan. Karena saya lagi di kantor, saya nggak bisa bantuin nyari webnya karena hampir semua website di block.

2. Pada saat mba apply Visa Jepang, di itenerary-nya apakah mba menuliskan secara detail perjalanan dari indonesia-jepang-korea-indonesia? Hanya Jepang saja.

3. Pada saat tersebut, tiket, hotel, semuanya sudah OK? pastinya.

4. Saya ada rencana pergi sendirian, Jadi mohon mba email saya reply email dubes koreanya dong dan mohon perbolehkan saya personal chat dengan mba mengenai hal ini. Sudah saya lampirkan forwardannya ke email :)

suryady Wiranata mengatakan...

mba, kalau dari jepang ke korea ada alternatif lain selain pesawat easterjet? kemudian kemarin beli melalui web apa ya?

2. jadi kalau kita pemegang visa jepang, rute perjalanan Medan ke korea dulu tapi transit dri KL baru ke jepang itu juga boleh ya?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@suryady : ada peach aviatian dan vanilla air. booking eastar jet ya dari web mereka.

seharusnya dari medan ke korea sih bisa. kan peraturan immigrasinya di korea. tp kadang suka tertahan di medannya atau di KL nya.

Evelyn Chandra mengatakan...

Untuk pengurusan visa ke korea ada saldo rata2 minimalnya nggak ya?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Evelyn : ada. hari kamu disana dikali sejuta. kalo stay 5 hari berarti 5 juta.

Anonim mengatakan...

Hai mba meutia, saya juga ada rencana desember ini travelling japan-korea..
Visa japan sudah di approve tapi saya pake visa waiver karena epassport..

Kira2 visa waiver bisa free jg gak yaa dr japan?
Karena saya telp embassy korea katanya tidak bisa, dan untuk visa reguler jg katanya harus 1 maskapai dr japan-indo..

Mohon infonya mba, makasih ;)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@anonim : lain kali mohon tulis nama. saya kurang tau ttg visa waiver krn belum ada yg pernah blg ke saya kalo bs masuk korea dgn visa waiver. kalo telp embassy korea di indonesia sih ngga akan dpt info apa2. mereka ngga terlalu tau dgn peraturan2 imigrasi yg sebenarnya di korea.

imanah mengatakan...

Mba meutia, aku mau nanya. Agak beda dikit sih kasusnya. Jadi gini, visa jepang temenku di tolak (pake passport biasa) yg alasannya aku juga gak tau bisa apply lg setelah 6 bulan.
karena skrng ada program visa waiver untuk pemegang e-passport free visa ke jepang makanya temenku mau buat e-pass aja mencoba peruntungan dlu kali aja bisa dapet. Pertanyaan ku nih kemarin wktu di korea pas di bandara dan cek passport gak ada masalah dgn org imigrasinya gak? Takutnya meskipun visa waiver di approve tp ttp ga bisa masuk ke jepang krna ada history pernah di tolak meskipun dgn no passport berbeda. Itu aja sih mbaaa terima kasih :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@imanah: duh, saya kurang tau masalah ini. passpor sih cm di stempel doang. nggak di cek macem2.. tp tergantung petugas yg lagi berjaga ya...

Unknown mengatakan...

Hi Mbak Meutia.. Aku kebetualan ada rencana ke Korea di tanggal 3 s.d 10 mei 2016 ini. Nah, Passport ku masih bener bener perawan belum pernah ada cap dari negara mana pun aka belum pernah ke luar negri.

Aku mau minta saran biar Visa ku bisa di approved sama Kedutaan dan gak ada hal hal yang gak diinginkan alias ditolak ((T.T)), selain dokumen dokumen yang harus dilengkapi. Karena cita cita pengen pergi kesana ngumpulin uangnya dan kesempatan udah dari 2 tahun yang lalu dan baru bisa kesampean di tahun ini. (Tiket AirAsia PP sudah kebeli & Uang ditabungan sudah aman). Aku sempet kepikiran pake jasa travel agent Kia Tours, is it they are helpful enough?

Mohon sarannya yah Mbak = )

Cheers,


Randy Yudesyaf
@randyudesyaf
randy.yudesyaf@gmail.com

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@unknown: KIA tours? ngga pernah denger.. temen saya ada kok yg passpornya masi perawan. duh, kalo kedubes korea sih cm modal doa aja. bingung jg di approved dan ngga di approvednya kenapa..

Anna Eat-Life-Love mengatakan...

Halo mbak, kalo misal ke jeju doang ga butuh visa kan ya ? nah kalo misal transfer bandara dr icn-gimpo masih perlu visa korea ngga sih ? thanks

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@anna : hmmm.. saya udah lupa peraturannya. coba aja baca di HiKorea ^_^

Dalila Nurqifthiyyah mengatakan...

Hai mba meutia,

Saya lila. Saya ada rencana ke Seoul bulan april ini, kira-kira kalo rutenya JKT - KL - Seoul - Osaka - Seoul - JKT - KL bisa gak ya pake visa Jepang? Atau boleh diinfoin rutenya yg bisa pake visa Jepang mba? Terima kasih.

vina kusuma wardhani mengatakan...

Dear mbak salam kenal..

Saya maret ini mau ke seoul.. sebenernya visa korea saya sudah approved.. tapi visa korea teman saya butuh wawancara tambahan minggu depan ( sumpah ini bikin deg degan gak tenang)

Sempet down juga gimana kalo misalkan hasil wawancara visa temen saya di tolak masak saya jalan2 sendirian di korea... ((oh no))

Lantas saya baca blog ini. Jadi misal visa korea temen saya ditolak, mending temen saya buru2 apply visa jepang gitu ya mbak..? trus buru2 juga flight korea nya di alihkan ke jepang dgn syarat dia harus beli tiket lagi jepang-korea..

Jadi rutenya JKT - transit KL - Jpn - Seoul - transit KL - JKT bisa kan mbak??

Oh iya mau nanya sekalian mbak punya email dr kedutaan jepang di korea (apa kedutaan korea di jepang ya) pokoknya yg perihal free entry ke korea bagi pemegang visa jepang?? Boleh minta tolong di email ke saya mbak..?? vinaku1906@gmail.com

Makasih ya mbak atas infonya..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Vina: iya, rute kaya gt bisa kok... ntar saya forward emailnya ya

Bagus mengatakan...

Hai mbak.. Ak rncana mngikuti track masuk korea pake visa jepang ini.. Tiket sudah kebeli,tapi kita jadi ragu nih karena konsulat korea tidak mengiyakan kita bisa masuk pake visa jepang,persis sama pnjelasannya kyk yg mbak bilang..pdhal ud ak jlasin pnjg lebar track kita ke jepang dulu 3 hari baru ke seoul naik eastarjet..katanya krena kita dri jepang naik maskapai low budget eastarjet..yg dia tau boleh itu klo kita pake maskapai korea..asiana atau korean air..atau maskapai dengan "1 tiket langsung",bgtu ditanya itu maksudnya apa..dia ga bsa mnjelaskan..

Trus ak pun email ke konsulat korea di jepang nanyain kebenaran email dri konsulat bole masuk korea pake visa jepang,lalu mereka pun ga bisa jawab..........
pusing juga ya.. Kami ga berani nekat,soalnya ngajak batita..klo stuck di incheon bisa berabe urusan.. Haha..

1.Kira2 mbak yakin berapa persen ya klo visa jepang ini bisa masuk korea?
2.apa mbak pernah denger ada yg gagal mnggunakan trik masuk korea pake visa jepang ini? Dideportasi dll?
3.apa iya maskapai ada hubungannya ama visa jepang ini?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@bagus: hmm, aku jawab aja deh.
1. saya sih yakin 100%, karena saya udah mengalaminya.
2. nggak pernah ada. yg ada kalo rutenya jkt-KL-seoul-jepang. Biasanya di KL diminta visa korea krn tujuan seoul dulu. ada yg ga bs berangkat, ada yg bisa jg. hoki2an.
3.ngga ada. selama saya keluar negri, immigrasi ngga pernah nanya kamu naek pesawat apa.

saya dulu jg nelpon kedubes korea di jkt, jawabannya jg harus naek korean air. tapi saya ga peduli. ya karena udah beli tiket dan book hotel, mau ga mau ya nekad. kalo kamu ragu, bikin aja visa korea. biar lebih tenang. tapi kalau saya berkesempatan lagi ke jepang n korea, saya pasti cm bikin visa jepang aja dan tetep masuk korea tanpa visa. ini peraturan resmi, jadi kita ngga ilegal masuk ke negara orang laen.

bisa baca di
http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp
pilih bebas visa

atau disini
http://www.hikorea.go.kr/pt/InfoDetailR_en.pt?categoryId=2&parentId=385&catSeq=401&showMenuId=375

Dini Amalia mengatakan...

mbak.. saya mau tanya visa jepang untuk masuk ke korea
Visa korea saya baru ditolak, tiket pesawat garuda PP sudah dibeli. jadi kalo saya mau transit korea gimana rutenya ??
JKT -> JPG -> Korea -> JKT
maskapainya contohnya ke jpg pake maskapai indo, dari jpg ke korea pake maskapai jpg, dari korea ke jkt pake tiket yg udah dibeli
kaya gitu atau ada saran lain ?
Makasih sebelumnya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@dini: pake rute begitu sih bisa aja..
pernah ada yg cerita ke saya, dia terbang jkt-korea, lalu di imigrasi nunjukin visa jepang, trus plg lagi dari korea ke jkt.. tanpa singgah ke jepang...
tapi.. utk mendapatkan visa jepang, syarat utamanya memang tiket pesawat keluar dan masuk jepang..

Dini amalia mengatakan...

Ohh gitu yaa
kalo kita cuma beli tiket pp jepang tp ga ke jepang kira kira bisa ga ya ?
Di rutenya jkt - korea - jpg - jkt

Pas waktu mbak pergi gimana ?

Makasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@dini : orang yg saya ceritakan itu bisa2 aja sih.. asal modal nekad. hehehe. saya rutenya jkt - kl - jepang - korea - kl - jkt

Dini amalia mengatakan...

Waduuh modal nekat aku masih tipis hahaha
Mbak nanya lagi dong hehe..
Mbak stay di jepang berapa lama, di korea berapa lama ?

Kalo aku ke jepangnya cuma beberapa jam aja terus langsung ke korea stay 11 hari, kira2 bakal jadi masalah ga yaa ?

Makasi banyak udah di bales ^.^

Dea Jenny mengatakan...

salam....
sy udah punya visa waiver jepang, rencananya itu buat modal masuk ke korea...
nah denger2 biarpun kita punya visa jepang nantinya di bandara belom tentu kita bs 100% masuk jepang, apakah benar? dan apakah saat pemeriksaan di bandara jepang di tanyain banyak hal? maklum gk paham bahasa jepang...
terimakasih sebelomnya...salam.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Dea : saya dulu nggak pake visa waiver.. jd saya kurang paham peraturan visa itu..

YOLANDA PUTRI YUDA mengatakan...

Hi mbak terima kasih sharing nya. Ini kebetulan saya sama orang kantor mau ke korea nih tapi ribet banget karena diurusin travel agent.
Saya minat dg visa jepang karenda uda pengalaman urus sendiri di surabaya.
tapi tiket saya dr surabaya ke korea langsung lewat hongkong. Bisa tdk pakai visa jepang kalau begini? Makasi ya mbak.... ♡♡♡♡♡

Babang Travengler mengatakan...

mbak jadi berhasil masuk korea? 😀

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@yolanda : udah ga bs lagi pake visa jepang

@Babang : berhasil

Jonathan Cendana mengatakan...

hai.. saya mau nanya.. itu buku tabungan 3bulan minimal saldo akhir brpa ya?.. tkut ditolak nih :(

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@jonathan : tergantung berapa hari kali ya. anggap aja sehari sejuta. jadi seminggu 7 jt, trus lebihin aja 3 juta.. jadi 10jt.. dulu sih rumus saya gt..

@yolanda : udah ga bs dgn visa jepang

@babang : berhasil dulu 2014

Hillary mengatakan...

Guys mo info aja, emang gak bs pake visa jepang skrg, prosedur nya ribetttt BT bgt, krn byk org indo yg kabur di korea jd skrg strike bgt apply visa korea. Kesel bgt

Categories

adventure (255) Living (232) Restaurant (145) Cafe (136) Hang Out (129) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan