Januari 23, 2014

Visa Jepang di Approved

Hai, hai! Ini adalah postingan saya selanjutnya tentang Visa Jepang. Akhirnya tadi barusan Passpor dan Visa saya sampai dengan selamat ke Jakarta. Alhamdulillah. Sempat dag dig dug juga karena butuh Passpor untuk weekend ini ke Singapore.

Ngomong-ngomong tentang visa Jepang, ternyata nggak sesulit yang dibayangkan kok pembuatannya. Ini saya kasih beberapa hal yang banyak ditakutkan orang, tapi sebenarnya itu hanya kabar burung.

Q : Uang di rekening harus banyak?
A : Sempat baca-baca postingan blog orang dan beberapa travel agent yang mengharuskan kita punya uang Rp. 50jt di rekening itu bohong kok. Soalnya kalau sampai 50 juta, kapan saya bisa berangkat?? Hihihi. Harus jual ini itu dulu. Mungkin beberapa travel agent mengisyaratkan uang di rekening harus 50 juta. Tapi menurut saya mending urus sendiri aja atau titip ke teman atau keluarga. Uang di rekening yang penting mencukupi. Mungkin sekitar sejuta perhari kali yah. Jadi kalau kesana 7 hari, minimal 7 juta ada di rekening. Atau untuk jaga-jaga, 10 juta kali yah. Kalian bisa pinjem sana sini dulu untuk menggemukkan rekening karena pegawai kedutaan/konsulat nggak akan nanya juga ini uang dari mana kok tiba-tiba banyak, hehehe.

Q : Boleh diwakilkan?
A : Karena saya buat Visa di konsulat Medan, dan saya kerja di Jakarta, jadi saya nggak mungkin pulang ke Medan. Kok buat di Medan? Pembuatan Visa Jepang itu ada daerah yuridiksi sesuai alamat KTP. Kalian bisa buka http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html untuk keterangan lebih lanjut. Saya dan dua teman orang Padang menitipkan dokumen ke Ayah saya untuk diantarkan ke Konsulat Medan. Nggak butuh surat kuasa juga, asalkan ada tanda tangan kita di semua dokumen maka segala urusannya akan baik-baik saja. Tapi Ayah saya bilang kalau beliau diwawancara sekitar setengah jam. Ditanya juga hubungan dengan saya apa, tapi karena melampirkan Kartu Keluarga, jadi langsung tau kalau beliau Ayah saya. Ditanya juga pekerjaan Ayah saya apa, mungkin kalau aja anaknya kehabisan duit disana, Ayahnya bisa langsung mentransfer uang, hihihi.

Q : Passpor harus banyak stempel?
A : Saya kurang tahu untuk hal ini. Karena passpor saya ada beberapa stempel dan nggak kosong. Tapi menurut saya kalau semua dokumen sudah lengkap, bukti booking pesawat dan hotel ada, surat keterangan kerja ada, dan uang di rekening cukup, mereka tidak punya alasan untuk tidak mengeluarkan visa. Kan Jepang juga senang ada turis datang ke negara mereka.

Q : Beresnya berapa hari?
A : Saya hanya 2 hari di Medan. Teman saya di Jakarta 3 hari. Mungkin tergantung rame apa tidaknya orang yang mengajukan permohonan kali yah.

Q : Bagaimana kalau Visa nggak di approved?
A : Saya baca-baca sih, kita jadi nggak bisa buat Visa selama 6 bulan ke depan. Makanya sebaiknya persiapkan dokumen selengkap-lengkapnya. Ikuti semua urutan persyaratan dokumen di website kedutaan. Kalau masih kurang jelas dan ragu, langsung aja telepon Kedubesnya. Nggak usah malu-malu. Daripada malu, trus Visa nggak di approved kan lebih sakit hati. Jangan lupa baca bismillah :)
Visa Jepang
Alhamdulillah, Visa saya sudah kelar. Harganya Rp. 350,000 ditambah Rp. 25,000 administrasi. Saatnya mengurus Visa ke Korea. Insya Allah weekend ini saya mau main dan menenangkan diri ke Singapore. Nanti saya ceritain yah kemana aja saya pergi. Walaupun mungkin kalian udah bosan dengan Singapore, tapi menurut saya Singapore adalah negara paling asyik untuk menenangkan diri. Sampai jumpa ^_^

16 comments:

Elsawati Dewi mengatakan...

wah selamat ya mbak visanya udah selesai, ternyata mudah juga ya prosesnya. yang susah itu ngumpulin uangnya wkwkwk :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

ngga juga kok.. nabung aja.. sedikit demi sedikit jadi bukit.. hihihi

TOM KUU mengatakan...

Wah gak susah yah ternyata... Btw untung ongkos bikin visanya berapa mba? TK juga mau cobain ah klo gt.. Sekarang tiket ke jepang kan murah murah tuh.,,

Elfrida Chania mengatakan...

Selamat ya mbak, akhirnya pengurusan Visa nya sudah selesai :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Tomkuu : Visa Jepang harganya Rp. 350,000. Tambah biaya administrasi Rp. 25,000. Berarti total cuma Rp. 375,000.

oomguru mengatakan...

nitip oleh2 ya mbak..
oleh2nya senyum aja deh.

hihihikkss :D

aldino.sya mengatakan...

jago jg ngurusnya mba..hehehe.. kirain tdi gratis ngurusnya,.. kitakan pernah di jajah.. mhehehe

Tiananda mengatakan...

Serunyaaaa mau ke Jepang XD
Jangan lupa bagi2 itinerary yaaaa Meutiaaa hihiiiii

Ãrif Ráhmán Hákim mengatakan...

Maaf OOT

Blogwallking jangan lupa kunjugin juga yaah ^^

diah alsa mengatakan...

sekalian escape yaah Meut? dirimu baik2 aja kan Meut? pake acara menenangkan diri gitu..

happy holiday yaaa Meut ;)

Deklia Elianur mengatakan...

Cie cie...ngeri x Tia ni. Level jalan2nya ke luar negeri... Gak kuaaat...

fito mengatakan...

Mba Meutia..
numpang nanya kaLau saya ibu dan anak yang mau berangkat.. apakah dalam pengajuan Visa, anak saya mesti datang juga.. karena terbentur hari sekolah dan tidsk mau absen..
Mohon penjeLasan.. terimakasih

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@fito : ngga mesti kok.. saya aja diwakilkan oleh Ayah saya :D

Dina Sari mengatakan...

Hai, Mba Meutia, saya lagi cari2 info mengenai pembuatan VISA ke Jepang dan akhirnya berlabuh lah saya ke blog Mba. Informasinya lengkap sekali dan kebetulan "nasib" saya sama dengan Mba Meutia.

Saya tinggal dan bekerja di Jakarta, sedangkan KTP saya domisili Medan, jadi saya harus bikin VISA di Konjen Jepang di Medan. Tapi bakal banyak banget ongkos yang harus saya keluarkan untuk ke Medan hanya untuk mengurus VISA, belum lagi ijin cutinya...

Walaupun di tulisan atas Mba Meutia sudah jelasin, tp saya masih rugi. Buat mastiin lagi, jadi tidak masalah kalau saya titip saja pengajuan VISA nya ke keluarga di Medan (rencananya mau nitip ke Ibu saya), asalkan ada KK yang bisa membuktikan hubungan saya dengan Ibu saya? Dan beneran tidak perlu surat kuasa?

Terima kasih sebelumnya, Mba....

Dina Sari mengatakan...

Maaf, Mba...typo, maksudnya saya masih ragu, bukan rugi ^__^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@dina: bisa dan ga pake surat kuasa..

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan