Januari 16, 2014

Antara Visa Jepang dan Passpor

Postingan kali ini dibuat karena lagi bingung. Tadi pagi baru nyadar kalau minggu depan tanggal 25-26 Januari 2014 pergi ke Singapore dan Passpor lagi dikirim ke Aceh. Kenapa kok passpornya ada di Aceh? Baiklah, begini ceritanya...

Insya Allah saya dan teman-teman saya berencana berlibur ke Jepang tanggal 11 Maret 2014 nanti. Nah, karena KTP saya adalah KTP Aceh, dan pengajuan Visa Jepang itu harus sesuai daerah yuridiksi berdasarkan alamat di KTP, jadinya saya harus mengirim semua berkas ke orang tua saya untuk mengajukan Visa di Konsulat Jepang di Medan. Memang sih sebenarnya masih lama bulan Januari ke bulan Maret itu. Cuma karena ada temen yang punya KTP Padang, dan menitip ke orang tua saya juga, jadilah saya ikut sekalian bikin Visa.

Awalnya sempai berusaha untuk membuat KTP sementara di Jakarta dan mengubah alamat Passpor sesuai dengan KTP sementara. Tapi saya butuh KTP Aceh. Kalau sampai KTP Aceh ditarik, gawat deh. Trus kalau mau bikin KTP itu harus nebeng KK siapaaa gitu biar bisa buat KTP. Pakai surat pindah dan surat keterangan polisi juga. Ah, ribet bener deh! Pernah kepikiran untuk membuat Surat Keterangan Domisi seperti yang ada di web kedutaan Jepang. Tapi pas saya tanya sama orang Kedubes Jakarta, mereka minta KTP. Sewaktu saya bilang, di web aja ada tulisan dalam kurung Surat Keterangan Domisi, berarti boleh dong. Eh, petugas tetap bersikeras minta KTP. Belum lagi udah ngurus-ngurus begitu, KTP jadinya lama dan bayarnya mahal, nggak deh. Mending saya kirim ke Medan aja. Daripada udah capek urus ini itu, Visa nggak di approve. Lebih sial lagi.

Sedikit cerita, sebenarnya bikin Visa itu agak ribet karena banyak banget dokumen yang harus dilengkapi. Mulai dari mengurus surat sponsor Visa dari kantor, booking pesawat masuk sampai keluar Jepang, booking hotel, membuat itinerary, membuat pas foto dengan latar belakang putih, fotocopy KK dan Akte, dan membuat rekening koran. Memang sih, melengkapi berkas-berkas seperti itu bisa selesai dalam waktu 1 minggu, tapi saya harus menelepon Konsulat Jepang di Medan beberapa kali untuk bertanya beberapa hal seperti boleh diwakilkan apa nggak dan rekening koran nanti ketika dokumen sampai di Konsulat 'kan tanggalnya bukan tanggal kemarin pembuatan rekening. Ternyata untuk rekening koran asal jangan rekening sebulan sebelumnya, nggak masalah. Pengiriman berkas juga boleh diwakilkan.

Berhubung ada acara pernikahan keluarga, Ayah saya baru bisa mengantar dokumen Visa ke Medan hari senin. Kalau misalnya selesai 3-4 hari, maksimal kamis Visa beres, Ayah saya bisa mengirimkan Passpor pada saya dengan menggunakan ekspedisi ekspress yang sehari sampai (jumat udah sampai di tangan saya). Tapi kalau Visa baru beres hari Jumat, OMG! Gimana nih ke Singapore???? Doakan saya teman-teman. Nanti saya posting lagi update terbaru dari Ayah saya senin nanti.

7 comments:

catatan kecilku mengatakan...

Ya semoga aja kelar semua urusan di Medan supaya paspor bisa dikirim balik. BTW mau liburan ke Singapore? Asyik benerrr... :D

roel batu mengatakan...

semoga urusannya lancar mbak...

Beranda Kata mengatakan...

ya, semoga segera lancar urusannya

Andrian S Putra mengatakan...

halo kak! apa kabar? hehehe.. aku baru main ke blog kaka lagi udah berubah ya tampilannya. terakhir yang warna merah itu..
semoga lancar ya kak urusan visanya :)

cara mengobati mioma uteri secara alami mengatakan...

semoga ada jln keluar dan lancar

soulful^^~ mengatakan...

semoga lancar deh mbak. jangan lupa oleh-olehnya ya hehehe.

nuel mengatakan...

Wah, asyiknya yang mau ke jepang..... Itu negara yang aku mau datengin banget..... SemogA tahun ini bisa ke sana.

Categories

adventure (255) Living (232) Restaurant (145) Cafe (136) Hang Out (129) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan