November 06, 2013

Novel Hanum Salsabiela Rais

Sudah lama saya ingin menuliskan review novel karangan Hanum Salsabiela Rais. Memang sih saya baru membaca 2 buku saja, yaitu 99 Cahaya di Langit Eropa dan Berjalan di Atas Cahaya. Tapi buku ini bisa membuat saya kagum dengan sejarah Islam yang pernah jaya di Eropa dan bagaimana cerita para mualaf dan muslim yang sekarang mendiami benua tersebut. Buku ini sangat cocok untuk kalian yang suka jalan-jalan, dan mencintai sejarah.

99 Cahaya di Langit Eropa
Saya sempat melihat buku ini beberapa kali di toko buku Gramedia. Belum beli, belum beli, sampai akhirnya Mama saya beli. Akhirnya saya membacanya selama perjalanan dari Aceh ke Jakarta setelah lebaran kemarin. Saya kira ini novel biasa yang memuat cerita-cerita fiksi. Tapi buku ini lain. Sangat kaya akan sejarah islam.

99 Cahaya di Langit Eropa ini bercerita tentang Hanum dan suaminya Rangga yang tinggal di Wina, Austria. Hanum memiliki teman yang bernama Fatma, seorang wanita yang berasal dari Turki yang mempunyai motto, "menjadi agen muslim yang baik." Saya takjub kebaikannya yang mentraktir orang-orang yang menghina islam di sebuah Cafe dan jadinya mereka saling mengirimkan email.

Saya kagum ketika Hanum dan Rangga pergi ke Paris dan bertemu dengan seorang mualaf, Marion Latimer yang bekerja sebagai ilmuwan di Arab World Institute Paris. Saya kagum lagi dengan pengetahuan Marion bahwa Eropa adalah pantulan cahaya kebesaran Islam. Eropa menyimpan harta karun sejarah Islam yang luar biasa berharganya. Jadi agak malu karena saya sudah menjadi islam dari lahir tapi pengetahuan tentang islam begitu minim.

Yang paling membuat saya takjud dan mungkin sedih ketika Hanum menuliskan perjalanannya ke Cordoba dan Granada. Ah, begitu menyedihkan melihat mesjid besar sekarang malah berubah fungsi. Seandainya menjadi museum saja seperti Hagia Sophia, mungkin tidak akan ada segilintir orang yang bertikai. 

Jadi ingin ke Turki, menikmati keindahan Blue Mosque. Mungkin naik haji atau paling nggak umroh dulu kali yah, baru ke Eropa.
 
Berjalan di Atas Cahaya
Ada 3 penulis di dalam buku ini, salah satunya anak Aceh, yeay! Hahaha. Mentang-mentang ada anak Aceh, saya turut berbangga.  Dalam buku ini menceritakan tentang beberapa muslim yang tinggal di Eropa.

Bunda Ikoy, wanita Indonesia yang menikah dengan Marco Kohler atau disebut Yah Cut, seorang muallaf. Awal saya baca namanya kok kayak orang Aceh yah. Eh ternyata beneran, Bunda Ikoy itu orang Aceh dan yang hebatnya dia adalah perakit jam tangan merk terkenal seperti Calvin Klein dan Swatch. Awalnya Bunda Ikoy ditolak bekerja karena menggunakan jilbab. Tapi dengan pembuktian bahwa dia bisa bekerja lebih baik daripada orang-orang yang tidak menggunakan jilbab, dia menjadi karyawan paling lama bekerja disana. Semoga Bunda Ikoy benar-benar bisa menjadi walikota Banda Aceh dan kita jadi punya bapak walikota bule! Yeay ^_^

Ada lagi cerita sebuah toko bunga di Neerach, Swiss. Nggak ada penjual, tapi ada kaleng uang kembalian. Wah, kalau di Indonesia udah ilang semuanya. Kalau mau beli bunga, letakkan uangnya ke dalam kaleng dan ambil kembaliannya. Kalau kembaliannya tidak cukup, tinggal menulis nama dan alamat di sebuah notes, maka nanti penjual akan mengantarkan kembaliannya. Ahh, betapa budaya kejujuran itu indah.

Lalu Xiao Wei, seorang tandem partner Hanum belajar Inggris-Jerman yang mengajarkan teori gajah terbang. Bagaimana sebaiknya kita harus mengetahui sesuatu bukan dari kata kebanyakan orang, tapi harus dicoba terlebih dahulu. Ahh, keren deh cerita Hanum dan Xiao Wei ini.

Saya jadi pengen nonton film 99 Cahaya di Langit Eropa, apalagi ada Dian Pelangi!! Semoga filmnya bisa sebagus Habibie & Ainun yang sama bagusnya dengan cerita di novel. Aminnn..

8 comments:

Putri Baiti Hamzah mengatakan...

Gak sabar deh nunggu filmnya :)
Bocorannya yg main cantik2 shalihah smua, InsyaAllah :)

obat tradisional gagal ginjal mengatakan...

ingin nonton pasti seru

Mila Said mengatakan...

itu Rangga Almahendra itu senior gw wkt kuliah *infopenting* *demi eksistensi* bwahahahaa

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

mau difilmin jd gak penasaran :D mudah2an sih gak mengecewakan

Azhar Ilyas mengatakan...

belum nonton ....

cara mengobati asam lambung secara alami mengatakan...

penasaran filmnya ingin segera lihat :D

r10 mengatakan...

aku juga ingin nonton film 99 cahaya langit

walikota aceh dengan suami bule? :D

Fitria Ningsih mengatakan...

baca nya aja udah menarik, apalagi film nya.... :)

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan