November 02, 2013

Kesimpulan Perjalanan 3 Negara

Akhirnya saya sudah memposting semua cerita jalan-jalan ke 3 negara kemarin. Ternyata banyak juga yang bisa saya posting. Saya udah berusaha mengingat semua tarif transportasi dan makan, tapi ada juga yang kelewatan nggak kecatet. Kalau harga barang-barang sewaktu saya belanja itu saya nggak ingat-ingat banget. Pokoknya kalau saya merasa harga itu murah, ya langsung saya beli.

Tips dan Trik Dapat Tiket Murah
Nah, ini wajib diketahui untuk kalian yang mau traveling ke luar negeri dengan harga murah. Pertama, harus NIAT! Kenapa niat? Karena kalau kalian malas-malas nongkrongin laptop untuk rebutan tiket murah, ya nggak kebagian. Untuk AirAsia, biasanya kan promo dimulai jam 23:00. Kalau kalian punya koneksi internet super cepat, silahkan mengantri dengan sabar. Tapi kalau nggak mau masuk ke waiting room terus-menerus, mendingan bangun jam 3 pagi, shalat tahajud, berdoa dapat tiket murah, terus buka internet dan booking. 
Kenapa jam 3? Karena orang yang ngantri dari jam 11 malem udah hopeless nggak dapat-dapat, biasanya mereka udah tidur. Saya yakin mereka baru tidur jam 1 malam dan nanggung banget kalau mau bangun jam 3. Jadi, dari jam 3 sampai jam 5 (shalat shubuh) biasanya saya lancar booking tiket. Hampir selalu dapat. Terakhir saya booking tiket ke Osaka dapat Rp. 980,000++ sekali jalan, dan pulang dari Busan ke Kuala Lumpur dapat Rp. 1,100,000++. Saya belum booking dari Kuala Lumpur - Jakarta karena saya sering banget dapat murah untuk negara tetangga seperti Malaysia dan Singapore. Nggak usah buru-buru juga beli tiket connecting langsung dari Busan - Jakarta kalau jatuhnya dari Kuala Lumpur ke Jakarta mahal. Kalian harus SABAR! Itu yang kedua. Sabar aja nanti juga pasti murah asal penerbangannya masih lama. Nggak berlaku kalau kalian mau terbang 2 minggu lagi, trus sabar-sabar nggak beli tiket. Atau kalian bisa cari pesawat lain yang harganya nggak beda jauh (hanya berlaku untuk penerbangan dari dan ke negara tetangga ya).

Catatan untuk pembelian bagasi. Kalau kalian pergi bersama teman-teman, untuk pergi pertama kali karena koper masih kosong, sebaiknya beli bagasi sedikit aja. Saya beli bagasi 25kg untuk ber-4 untuk penerbangan dari Bandung ke Singapore. Sama halnya dari Kuala Lumpur ke Bangkok juga beli 25kg. Nah, pulang dari Bangkok ke Kuala Lumpur saya beli 40kg, dan Kuala Lumpur ke Jakarta saya beli 45kg. Jadinya kita bisa mengirit banyak hanya untuk bagasi saja.

Bagaimana dengan maskapai lain? Saya menyarankan kalian untuk submit newsletter mereka dan jadi member di website. Kalian bakalan dikabarin kalau ada penerbangan murah dalam jangkauan waktu tertentu. Saya men-submit newsletter AirBusan untuk mengetahui info tiket murah dari Seoul - Jeju - Busan. Dan saya mendapatkan harga 73200 KRW (silahkan convert sendiri kurs saat ini). Bahkan untuk penerbangan dari Osaka - Seoul dengan menggunakan Peach Aviation, untuk penerbangan winter nanti dapat harga Rp. 300rban, tapi saya nggak beli karena saya merencanakan perjalanan pada musim semi. Semoga sakuranya lagi fully blooming.

Bagaimana dengan hotel? Kalau saya biasanya akan memasukkan nama hotel yang saya cari ke Tripadvisor.com, nanti website itu akan menyarankan website mana yang paling murah harganya untuk melakukan booking. Nah, berhubung Tripadvisor nggak link ke AirAsiaGo.com atau Tiket.com, sebaiknya kalau kalian udah menemukan harga termurah versi TripAdvisor, bandingkan lagi dengan website yang kalian tau yang lainnya. Kemarin saya booking hotel di Bangkok itu melalui AirAsiaGo dapat Rp. 100rban permalam, sedangkan di Tripadvisor paling murah Rp. 250rb. Lumayan kan?

Transportasi
Sewaktu saya jalan-jalan kemarin, mungkin yang paling terasa meringankan perjalanan saya karena di 3 negara itu ada jalur kereta. Walaupun namanya beda-beda seperti MRT, BTS, Airportlink, apa pun itu tapi dengan adanya kereta akan membuat turis nggak nyasar. Carilah hotel yang sangat dekat dengan stasiun kereta. Memang ada beberapa hotel sangat terasa getaran kereta saking dekatnya dengan stasiun, tapi kalian akan sangat tertolong dengan tinggal di dekat stasiun. Mau kemana-mana gampang, harganya murah, dan kalian bisa berbaur dengan masyarakat disana (bisa merasakan desak-desakan kalau jam pulang kantor).

Dari 3 kota (Singapore, Bangkok, Kuala Lumpur) yang saya pergi, jalur kereta yang paling nggak memusingkan adalah Singapore, yang kedua Bangkok, yang ketiga Kuala Lumpur. Singapore kalian udah sering lah ya, semua serba teratur. Kalau Bangkok, walaupun stasiun transitnya panjang-panjang, tapi tetep nggak memusingkan. Cuma kalau kalian bawa koper, ya siap-siap naik tangga tinggi karena nggak semua stasiun ada eskalator. Nah, Kuala Lumpur nih. Saya mau transit malah keluar stasiun dan ntah mana stasiun yang mau saya transit-in. Kemarin itu saya beli tiket langsung ke Stasiun Pasar Seni. Tapi transit di stasiun Hang Tuah. Seharusnya tinggal naik aja, tapi alhasil saya malah keluar stasiun. Jadinya bayar tiket lagi deh. Mungkin karena belum terbiasa aja kali yah.

Belanja
Nah, kalau untuk urusan belanja oleh-oleh saya sangat menikmati belanja di Bangkok. Semuanya rasanya murah. Benda-benda unik dan lucu-lucu disana semua murah. Asal kalian tau dimana belanjanya. Kalau nggak tau ya sama aja. Malah belanja di Mall dan jatuhnya jadi mahal. Kalau untuk belanja di Mall, saya sangat suka Kuala Lumpur. Saya belanja makeup, skincare, sepatu, semuanya di Kuala Lumpur. Selain karena toko-tokonya mewah, nyaman, penjaga toko nggak rese', harganya juga murah. Banyak diskon juga. Kalau Singapore sih, muahaal yah. Walaupun kalau natal dan tahun baru banyak diskon, tapi yaaa harga dasarnya udah mahal, jadinya se-diskon-diskonnya juga tetep mahal.

Budget
Berikut totalan Budget saya di 3 negara itu (untuk 4 orang)
Tiket Pesawat :
BDG - SING Rp. 264,000
KL - BKK PP Rp. 3,689,235
KL-CGK Rp. 1,050,218

Bagasi
Bandung - Singapore Rp. 170,000
KL- Jakarta MYR 50.00 (MYR1=IDR3654.66) = Rp. 182,733
Bangkok PP MYR 138.00 (MYR1=IDR3654.65)= Rp. 504,343

Hotel
Airasia go Bangkok - Nasa Vegas Hotel Rp. 206,235 (1 malam x 2 kamar)
Airasio GO KL - Tune Hotel Downtown KL Rp. 921,546 (2 malam x 2 kamar)
Agoda Singapore - Fragrance Hotel Crystal Rp. 525,753 (1 malam x 1 kamar)

Bus
Skybus Airasia KL Sentral - LCCT PP MYR 61.60 (MYR1=IDR3626.25) = Rp. 223,377
Bus Online Singapore - Kuala Lumpur Rp. 1,126,064

Total Rp.  8,863,504
Biaya Per Orang Rp. 2,215,876

Untuk belanja, oleh-oleh, makan, dan transportasi kalau nggak salah kira-kira saya menghabiskan sekitar 3,5 juta. Berarti totalan perorang udah semuanya Rp. 6 juta. Lumayan lah ya udah jalan-jalan 3 negara All-in 6 juta.

Okeh, cukup sekian postingan tentang jalan-jalan kali ini. Next trip Jepang - Korea sekali jalan. Kalau ada yang mau ikutan saya jalan-jalan ke Jepang dan Korea, saya pergi tgl. 11 Maret 2014 dari Jakarta ke Osaka dan pulang tanggal 21 Maret 2014 dari Busan - Kuala Lumpur. Sampai jumpa ^_^

13 comments:

Bang Pendi mengatakan...

walaaah...Bang Pendi kok ndak di ajak to? hehe

dunia kecil indi mengatakan...

harus sabar ya kalau mau dapat tiket murah, hihihi. nice idea :)

Senyum Syukur mengatakan...

Senangnya bisa jalan-jalan keliling 3 negara..

Cipu Suaib Wittoeng mengatakan...

Bravo…

Wah sekarang mau menjelajah Jepang dan Korea pulak… Kereeen

Semoga perjalanannya menyenangkan yah

diah alsa mengatakan...

jam 3 malam yah Meut? siiipd, noted! thanks yah Meut ;)

klo tinggalnya di Jakarta mah asyik, bisa terhitung murah utk sering jalan2 keluar (dgn catatan harus rsjin nabung buat jalan2) tapi klo kek saya yg tinggal di daerah, tiket pesawat mahal2, secara pesawat yg low cost blm ada disini, huhuhuhh

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Diah : karena harus ke makassar dulu ya paling ngga? Tapi kan bisa nyari Makkassar-Kuala Lumpur. Nah dari KL baru beli tiket kemana2. Yuk ikut ke Osaka sama aku.

Kalo sewaktu aku di banda aceh, ada AirAsia ke Kuala Lumpur. Semua penerbangan itu kan dari Kuala Lumpur. Jadi kalo ngajakin temen juga meeting point di KL. Hihi.

rita asmaraningsih mengatakan...

Trims infonya Mbak...komplit sekali.. Info ini bisa jadi acuan siapa tahu aku juga bisa melancong ke tiga negara itu... Kayaknya memang udu diniatin deh biar bisa tercapai...

Yudi Darmawan mengatakan...

kok saya belum yakin ya mondar mandir antar negara cuma abisin budget segitu?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Yudi : saya kan udah ngasi rincian budgetnya komplit dan cara mendapatkannya ^_^

Yudi Darmawan mengatakan...

bukan ngeraguin data nya lho mbak,
kalo itu yang memang faktanya begitu dan mbak udah buktiin,
saya nya lho yang ragu, kalo itu saya yang dengan pengetahuan cetek dan kuper gini pasti ngabisin budget paling tidak dua kali lipat, hehe..
bukan perencana yang baik soalnya..

nhae gerhana mengatakan...

kayany banyakan budget belanja nya yaa?? hehehehe

thx infonya looh..bermanfaat =D

Goiq mengatakan...

aku suka baca blog ini.. detail sekali :)

pantangan makanan diabetes mengatakan...

nice gan

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan