Februari 10, 2013

Dieng Part 4 : Candi Arjuna dan Dieng Plateu Theatre

Setelah dari Puncak Sikunir dan nggak dapat sunrise (sedih), kami berkumpul lagi ke Pendopo untuk sarapan. Kali ini sarapannya nasi goreng enak dan harganya Rp. 10,000. Menunya nggak terlalu mewah, tapi pedasnya pas. Saya sangat menikmati sarapannya.

Awalnya saya kira Candi Arjuna itu jauh dari pendopo. Ternyata tetanggan sama pendopo. Saya kira harus tracking lagi (teringat borobudur dan candi ratu boko), eh sebelahan banget. Oh ya, kalau kalian mau beli oleh-oleh khas Dieng, di depan pendopo banyak penjual oleh-oleh. Kebanyakan menjual makanan home industri seperti keripik kerupuk jamur, kentang, dll. Kalau mau kupluk, baju, atau syal bertuliskan Dieng juga ada.

Komplek Candi Arjuna
Baiklah, acara dilanjutkan berfoto-foto sekitar Candi. Ada beberapa Candi yang diberi nama sesuai dengan dewa-dewa Hindu disini. Yang paling besar adalah Candi Shiwa. Candi yang lain ada juga yang besar, tapi besar disini jangan bandingkan dengan Prambanan dan Borobudur. Kalau candi di Dieng ini ukurannya 'besar', Prambanan dan Borobudur itu TerraBesar deh.
Tugu batu
Narsis dulu
Salah satu candi
Candi yang beda lagi
Setelah puas berfoto, perjalanan dilanjutkan ke Dieng Plateu Theater. Kalian bisa menikmati pemandangan yang Subhanallah indah dari atas halaman Theater. Nah, menurutu saya, theater ini adalah bioskop versi Dieng. Jangan berharap mau nonton film-film Hollywood disini. Yang ada hanyalah proyektor dan layar besar. Jangan takut kepanasan karena theaternya nggak pakai AC. Didalam ruangan sangat dingiiin, bahkan kursinya ikut dingin.
Tulisan di depan Dieng Plateu Theatre
Pemandangan indah
So, apa yang dipertontonkan didalamnya? Dieng Plateu Theater ini menyuguhkan tontonan tentang Dieng. Sejarahnya, objek wisata, candi, kawah, dll. Yang menakjubkan buat saya adalah salah satu kawah di Dieng mengandung gas CO2 yang apabila terhirup manusia, pasti akan mati. Pada tahun 1979, terjadi gempa hebat disusul dengan keluarnya lahar dan patahan-patahan kawah. Saat itu, dari patahan tersebut tersembur gas CO2. Yang salah adalah, para penduduk yang menyelamatkan diri malah berlari menuju semburan gas CO2 (mungkin mereka masih menganggap asap yang keluar adalah mengandung belerang seperti biasa). Oleh sebab itu, 140 jiwa tewas saat keajadian. Tontonan ini memang hanya 30 menit, tapi sangat bermanfaat untuk kita.
Tampak samping
Tampak depan
Oh ya, setelah acara usai, tour guide kita membawa Anak Rambut Gimbal. Buat yang belum tau, anak rambut gimbal ini khas ada di Dieng. Perlu ada ritual tertentu untuk menghilangkan rambut gimbal tersebut. Saya melihat dengan teliti tekstur rambut anak ini. Memang benar-benar kusut, ribet, unik, dan lengket semua. Masih takjub juga melihatnya. Seandainya ada ilmuwan yang meneliti. Soalnya saya rada nggak suka percaya ritual-ritual karena takut malah syirik. Tapi memang kalau rambut dipotong biasa tanpa ritual, tetap tumbuh lagi. Wallahu'alam.
Anak rambut gimbal
Setelah ini saya akan mampir di Telaga Warna dan makan Mie Ongklok. Mau tau kan serunya? Ikuti terus ya :)

45 comments:

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

akhirnya kamu sampe dieng juga mut.. eh ini pas musim hujan yak? langitnya banyak yang flat gitu.. pas banget kalo ke dieng musim kemarau mut, selain lebih dingin juga langitnya bagus.. biru banget..

SunDhe mengatakan...

Asyik banget mut, jalan-jalan Diengnya. Mba aja yang suami orang Jawa Tengah belum sempat-sempat juga ke Dieng.. T.T

Tapi tulisanmu bisa dijadikan referensi nih buat ke sana ntar..
:D

silvi silviani mengatakan...

ikut menyimak aja gan

Paket Wisata Dieng mengatakan...

Asik banget nih picnya - Dieng, kapan ke dieng lagi ... ditunggu

Dongeng Denu mengatakan...

aku pernah nonton liputan ttg gimbal2 dieng ini.. di kompas tv, mreka ngabahas byk sih,, trus aku ya bingung, mau ga percaya tp kok bisa bener bgitu, mau percaya asa anehh juga. itu permintaan anak2 yg mau dipotong itu suka ada yg aneh2 lho.. eh byk dink yg permintaannya aneh2 ga masuk akal, tp si orgtua tetep aja nurutin..

Cara mengobati herpes mengatakan...

salam kenal aja ,,,,,,,

haps dw mengatakan...

mbak meut... keren banget dah.. saya juga pengen :")
kapan2 ajak saya juga dong :D

Mila Said mengatakan...

wuih itu banyak bgt rombongannya mut

cipu mengatakan...

Mut, lu selalu one step shead dev. Dulu gua mau ke Karimun Jawa, lu tiba2 udah di Karimun Jawa. Sekarang, gua mau ke Dieng, lu udah di Dieng aja... Damn

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@cipu : kapan2 kita maen bareng ya :D
gw berencana ke bromo cipu... let's go!

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Foto-fotonya bening, jelas, cantik, hmm.... :)

Obat diabetes melitus mengatakan...

info nya sangat bagus banget gan ,,,,,,,,

Obat darah tinggi mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya gan ,,,,,,,,,,

silviani mengatakan...

seru tuh gan

Reza Pahlevi mengatakan...

Cantik ya pemandangannya, tapi teteup narsis di setiap aksi fotonya haha :D

r10 mengatakan...

rambut gimbal pakai ritual khusus?

Elsa mengatakan...

iriii sama meutia
pas aku kesana, hujan lebat, gak bisa foto foto gituuu

Pakies mengatakan...

rambut gimbal ini pernah juga diliput secara komplit disalah satu tv, sepertinya tradisi disana masih sangat lekat kuat

Opini Indonesia mengatakan...

Indahnya candi arjuna saat diselimuti kabut ... dingin namun indah sekali

yahya mengatakan...

Wew.. dah berapa x kedieng :D mampir rumahKu masbro.. Aku orang dieng

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

Itulah Indonesia.. Soal mitigasi atau pencerahan/edukasinya ke masyarakat awam masih kurang... :(

agus herbal mengatakan...

ingin kesana klw ada wktu luang nih :)

Menghilangkan Bau Mulut mengatakan...

wah ingin banget ini untuk keliling karya wisata seperti itu

Ace maxs mengatakan...

makasih banyak atas semua info nya ,,,,

Obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

mantap gan info nya sangat bagus dan sangat menarik,,,,,,,,

Obat alami asam urat mengatakan...

salam kenal aja sobat dan makasih banyak info nya ,,,,,,,,

Cara mengobati wasir mengatakan...

info yang sangat bagus,,,,,,,,,

Obat jerawat mengatakan...

info yang sangat bagus,,,,,,,,,

Pengobatan alami stroke mengatakan...

info yang sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,

Obat asam urat dan kolestrol tinggi mengatakan...

salam kenal aja gan ,,,,,,,,,,

Obat alami stroke mengatakan...

salam kenal aja dan makasih banyak info nya gan ,,,,,

Obat herbal jantung koroner mengatakan...

makasih banyak info nya gan ,,,,,,,,

Obat jantung koroner alami mengatakan...

info yang sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,,,

Obat alami darah tinggi mengatakan...

Thanks for information,,,,,,,,,,,,,

Ace maxs mengatakan...

info yang bagus ,,,,,,,,,,,

agus herbal mengatakan...

maksih gan infonya

Obat herbal darah tinggi mengatakan...

info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,

Obat tradisional asam urat mengatakan...

info nya sangat bagus nie gan ,,,,,,,,,

Obat herbal darah tinggi mengatakan...

salam kenal aja gan info nya ,,,,,,

Obat asam urat mengatakan...

makasih banyak info nya gan ,,,,,,,,,

Obat tradisional nyeri sendi mengatakan...

Makasih banyak info nya gan ,,,,,,,,

Obat asam urat mengatakan...

artikel yang menambah wawasan

obat sakit maag mengatakan...

wisata dieng itu bener bener indah, dan penuh kenangan :(

www.ApotekGamat.com mengatakan...

wisata yang sangat menarik, jadi pengen kesana

jelly gamat mengatakan...

terimaksih banyak, blog ini berguna sekali untukku

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan