Januari 08, 2013

Sukabumi Part 3 : Pantai Ujung Genteng

Cerita selanjutnya dari perjalan tahun baru saya ke Sukabumi dan sekitarnya. Pernah dengar Ujung Genteng? Eits, bukan genteng atap rumah ya. Pantai Ujung Genteng terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sekitar 8-9 jam dari Jakarta. Ya, lumayan mual juga naik mobil selama itu.
Pelangi di pantai setelah hujan
Ombak gedeee
Sewaktu tiba dipenginapan pertama kali, yang paling menarik dari pantai ini adalah ombaknya muantapp. Saya jadi perhatiin ombaknya dari teras penginapan. Gile gede banget deh ombaknya. Memang pantai selatan itu karena langsung samudra jadinya ombaknya gede-gede banget. Selesai mandi, kami pergi ke pantai pasir putih, salah satu bagian pantai yang (katanya) bagus banget. Sebenarnya tujuan awal mau melihat pelepasan tukik (anak penyu) ke pantai. Cuma karena masih siang (pelepasan tukik jam 16:30) dan pintu gerbang pantai pelepasan tukik ditutup, jadi kami memutuskan untuk ke Pantai Pasir Putih.
Gerbang Pantai Penyu
Mungkin pergi ke pantai ketika musim hujan bukan ide yang terlalu bagus. Selain karena jalan becek banget dan berlumpur, mobil juga jadi susah lewat. Banyak orang yang mengendarai mobil Jeep atau mobil biasa dengan ban yang udah di modif, baru bisa lewat. Sedangkan tim saya, pake mobil elf, mana bisa. Terpaksa tracking sejenak. Kirain jalannya bagus. Ternyata genangan air dan lumpurnya masya Allah dalem. Malah ada temen saya yang kejebak lumpur dan susah mengangkat kaki.
Pantai Pasir Putih
Mendung dan hujan
Istirahat setelah tracking
Setelah melalui lumpur, kubangan, dan hutan, akhirnya sampai pada pantai Pasir Putih. Tapi menurut saya pasirnya nggak putih karena basah. Hujan melulu. Bahkan ketika saya sedang membersihkan sendal dari lumpur di pantai, hujan turun dengan sangat deras dan membuat saya basah kuyup. Susahnya kalau hujan di pinggir pantai adalah nggak ada tempat berteduh. Pohon ada tapi pendek-pendek. Jadi ya pasrah aja.

Ketika sudah jam 4 sore, kita berjalan menuju pantai pelepasan tukik. Daripada harus jalan balik melalui lumpur dan hutan, mending berjalan menyusuri pantai. Oh ya, beberapa bagian pantai ada yang dibatasi tembok karena ombaknya sangat tinggi. Bahkan hempasannya ke bibir pantai juga sangat dahsyat. Dari jauh di pantai tempat pelepasan tukik sudah terlihat banyak orang berkerumun. Kita juga jadi ikut-ikutan berkumpul bersama orang lain. Beberapa saat kemudian, datanglah bapak-bapak yang bawa baskom berisi tukik. Agak geli ngeliat anak penyu gerak-gerak. Hiii.
Pose di pinggir pantai
Para petugas memperingatkan para pengunjung untuk tidak menyentuh dan mengikuti tukik ketika dilepas ke pantai. Tapi banyak banget yang memungutnya dan berfoto. Curiga saya ada yang ambil bawa pulang. Kan kasihan tukiknya. Dasar orang-orang nggak mau diperingatkan. Saya kagum juga melihat tukik kecil berjalan menuju pantai dan hilang diterjang ombak.
Kerumunan orang-orang
Tukik menuju pantai
Kena ombak
tukik
Sebenarnya Pantai Ujung Genteng ini sangat menarik untuk dikunjungi, tapi sampahnya banyak. Seharusnya pengelola setempat menyediakan banyak tong sampah agar orang tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa sih ada tumpukan sampah, tapi kan terlihat kotor jadinya. Sayang sekali.

Kalau kalian mau melihat Penyu bertelur, sebaiknya kembali lagi kesini jam 9 malam. Tapi karena hujan terlalu deras ketika malam tahun baru, kami memilih untuk tidur saja. Bahkan suara kembang api cetar cetar pun males kami lihat. Capek banget sih. Udah mulai flu juga karena kena hujan dan angin pantai. 

Besok perjalanan menuju Air Terjun Niagara mini, Curug Cigangsa. Ikuti terus ya postingannya :D

19 comments:

Dihas Enrico mengatakan...

pelanginya mantabh....
gambarnya lebih josh dari tulisannya...
:)

Scooterist Indonesia mengatakan...

pantai yang indah apalagi banyak penyu disana..jadi pengen pergi kesana

Claude C Kenni mengatakan...

Dari dulu saya bercita2 ke sini tapi belom kesampaian nih, hiks T.T

haps dw mengatakan...

Wah, selain air terjun kemarin, pemandangan disini keren mbak mut... Jadi tambah #mupeng o_O
Well, msh dtunggu postingan selanjtnya mbak. Niagara mini :-)

Anna Hendrawan mengatakan...

Ya.. Benar sekali Pantai Ujunggenteng Memang Surganya wisata Baru2 ini, selain pantainya indah juga terdapat banyak objek wisata di Seputar daerah Ujunggenteng, Terimakasih Atas kunjungannya.. di tunggu kedatangannya lagi.
Kunjuni juga kami Di www.turtlebeachesresort.com
terimakasih

zachflazz mengatakan...

nggak bakal menyesal udah ke ujung genteng.

itu kan lokasi syuting film hafalan shalat delisha kan? kayak di pantai meulaboh jika di film

Obat benjolan di leher mengatakan...

salam kenalk aja gan,,,,,,,,

r10 mengatakan...

sampah di pantai mmang bikin kesal...

pantainya jadi ga indah lagi

Mila Said mengatakan...

Beruntung banget Mut, dapet pelangi disana

cara mencegah gagal ginjal mengatakan...

pantainya indah sekali

rita asmara mengatakan...

hai.. apa kabar? hmm..kayaknya tempat ini sangat menarik dan layak dijadikan agenda untuk dikunjungi suatu hari nanti..

cara menghilangkan bekas luka bakar mengatakan...

nice info gan

Obat Kanker Serviks mengatakan...

Informasi yang menarik beud

silvi silviani mengatakan...

makasih gan infonya

obat kanker kelenjar getah bening mengatakan...

makasih infonya

obat herbal asam urat mengatakan...

keren banget infonya

obat herbal miom mengatakan...

okidoki

Klinik Hipnoterapi Surabaya mengatakan...

wah itu pantai nya emang bagus banget mah kalo di sana. rada jauh juga lagi :\

pantai ujung genteng mengatakan...

ujung genteng cocok buat yg seru2. Kumpul temen, petualang, ato cuma iseng buat ngabisin waktu luang.

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan