Januari 22, 2013

Mati Lampu dan Mati Air

Akhirnya, banjir di Jakarta berangsur surut. Memang beberapa tempat masih tergenang air tapi mayoritas udah pada surut. Alhamdulillah. Kalian tau, sebenarnya saya tidak kena banjir sama sekali. Kosan juga 3 lantai dan saya di lantai 2. Bahkan di jalan depan kosan nggak tergenang air. Semuanya masih baik-baik aja, tapi yang bikin pusing adalah karena mati air dan mati lampu.

Rencana saya mau meremote server di kantor termasuk mengerjakan pekerjaan yang terbengkalai (nggak bisa masuk kantor karena banjir tinggi). Tapi semua itu nggak bisa dikerjakan karena mati lampu. Karena ada pompa air di kosan yang membutuhkan listrik, jadinya air juga ikut-ikutan habis. Haduwh, saya sih nggak begitu masalah kalau mati lampu karena dulu sewaktu SMA sempat mati lampu setiap hari bergantian semalem selang di Banda Aceh. Tapi yang paling berat adalah mati air. Walaupun ada air di toren raksasa di lantai tiga, tapi pasti habis juga karena anak-anak kosan kan rame.

Pas hari jumat ketika mati lampu, masih sabar bengong di kosan. Niat mau baca buku, tapi nggak ada lagi buku yang mau di baca. Pengen browsing di hp tapi batre mulai berangsur minim. Sengaja nggak menyalakan laptop karena mau mengirit batre untuk ngecas hp. Saat ini, terasa banget butuh Power Bank. Harus beli nih tampaknya.

Semakin malam air semakin sedikit. Batre hp udah nggak bisa dipertahankan lagi dan udah bosen tingkat dewa. Alhasil nitip ngecas hp ke temen yang tinggal di Tebet. Jumat malam itu, saya tidur dalam kondisi was-was. Nggak ada air, nggak ada lampu, bb abis batre, dan beberapa anak kosan udah mulai pergi mengungsi.

Hari sabtu, pembantu kosan bilang kata PLN listrik dimatikan 2 hari 2 malam. Ah, saya udah nggak tahan lagi. Akhirnya saya pergi ke Bandung untuk mengungsi. Travel Xtrans di Blora baru buka setelah tergenang banjir. Jadi saya hanya berdua dengan teman saya dalam 1 travel. Untung nggak macet, 2 jam kemudian sudah sampai Bandung. Saya mandi dengan puas di rumah temen. Berasa seperti baru kali ini melihat air.

Saya menginap 1 malam di Bandung. Mungkin karena saya jarang diam saja tanpa laptop, makan, nonton, tv, tidur, adalah kegiatan yang membuat bosan juga. Mana saya teringat kamar kosan yang saya tinggalkan benar-benar berantakan. Rasanya pengen pulang beres-beres kamar. Alhamdulillah ketika hari minggu, baca status teman-teman di bb kalau lampu udah nyala, saya langsung balik lagi ke Jakarta. Akhirnya, saya bisa kembali ke kehidupan normal, beresin kamar, nyuci piring yang menumpuk, ngelap-ngelap debu, dan lain-lain.


Ternyata masih ada masalah lagi. Listrik kosan konslet dan mati lampu lagi. Haduwh, ada apa lagi ini?? Kesabaran sedang diuji. Yang jadi masalah adalah pompa air. Kalau nggak ada nyala pompa airnya ya nggak ada air. OMG! Ketika menelepon ibu kosan pun, beliau bilang kalau tukang listrik baru bisa datang jam 9 malam. Mana mungkin kami mau bergelap-gelapan selama itu (Fyi, listrik konslet jam 6). Atas inisiatif anak kosan, kami memanggil tukang listrik. Eh ketika pembantu kosan di telpon ibu kosan dan bilang ada tukang listrik, ibu kos ngomel-ngomel dan bilang kalau dia nggak mau ada orang masuk rumahnya selain yang dia kenal. Ih, rese' banget deh ibu kosan yang satu ini. Gila ya, dia omelin semua anak kos, ditelponin satu-satu dan dia sedang sibuk SPA di hotel. Omongannya juga diulang-ulang-ulang sampai ntah berapa kali pokoknya dia nggak ngerti sama sekali dan dia harus yang paling benar. Masa' dia minta tukang listriknya difoto dan fotonya mau dikasih ke saudaranya yang polisi. Niat bener kan? Jadi ngambek tukang listriknya dan nggak mau ngecek-ngecek lagi. Huft! Ibu kosan tuh kalau manggil teknisi (tukang) yang perbaiki AC, listrik, dan yang lain-lain itu cuma 1 orang. Dia nggak percaya sama sekali dengan orang lain dan dia nggak mau ada orang asing yang masuk. Jadi curhat saya...

Ketika tukang listrik yang ibu kosan telpon datang, kami suruh periksa pompa air yang paling urgent. Untung pompa air nggak rusak dan tinggal dipasang kabel rol dari colokan yang lain. Bahkan tukang listrik kepercayaan ibu kosan berusaha menjelaskan tentang kondisi listrik, masiiiiiih aja nggak ngerti 'tu ibu kosan, Masya Allah. Sabar....sabar...! Yang pasti, listrik kembali menyala dan untuk sementara listrik ke pompa air ditarik oleh kabel roll. Ya Allah, semoga saya termasuk orang-orang yang sabar.

19 comments:

.: diah :. mengatakan...

mudah2n gak ada mati listrik lagi ya Meut, klo udah air yang gak ada juga lebih gawat, huhuuh itu kan sumber kehidupan banget..

yozidahfilputra mengatakan...

salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
maaf,saya masih Newbie
yozidahfilputra.blogspot.com

Mila Said mengatakan...

klo listrik mati lagi nginep rumah gw aja mut hehee

Triando (Rian) mengatakan...

memng kalo listrik mati banyak yang jadi susah ya. moga-moga gak sering-sering deh

catatan-r10.com mengatakan...

kenapa ga pindah ke hotel aja nginap :D

cara menghilangkan bekas jerawat mengatakan...

aduh kasian banget gan

Tiari mengatakan...

wah ini sama banget dengan di kostku!
emang bener yaaa mati listrik dan mati air, lengkap sudah penderitaan..

btw, salam kenal mbak meutia..

Obat Lupus mengatakan...

informasi yang cukup menarik

haps dw mengatakan...

Saya dl ketika ngekos pas kuliah pernah ngerasain betapa buruknya keadaan karena air yang gak ngalir. Tapi, bener2 kuasanya Allah ya mbak meut, jakarta banjir, kosnya mbak meut malah gak ada air. Ehehehe..
Well, tetep sabar ya mbaj meut. Allah bersama org2 yg sabat :-)

Dongeng Denu mengatakan...

aduhhh,,, itu 2 hal yg paling menyiksaa...

cipu mengatakan...

Kayaknya kudu bikin lagu sekuel "Badai Pasti Berlalu" yah, judulnya jadinya "Mati Lampu Pasti Berlalu", hehehe.

Semoga gak terjadi lagi dan semoga pasokan listrik kita bisa aman dan tidak terganggu sama banjir lagi yah... Amiin

obat herbal asam urat mengatakan...

sabar iyah gan :)

Penghuni 60 mengatakan...

harusnya jgn bilang2 lg ama ibu kosan Mut...

catatan kecilku mengatakan...

Oalah sampai ngungsi ke Bandung hehehe.... Untung aja perjalanan lancar dan masih ada travel yg jalan ya?

the others mengatakan...

Berarti memang susah ya berpisah dg teknologi saat ini? Mati gaya....

joogja circles mengatakan...

Semoga jakarta kembali pulih dan menjadi pusat kota yang energik.

obat tradisional asam urat mengatakan...

ikut menyimak gan

silviani mengatakan...

semoga jakarta makin baik aja yah

Harga Vertical Blind mengatakan...

derita anak kosan nih kayanya hahaha

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan