Desember 21, 2012

Film Habibie dan Ainun

Kemarin saya akhirnya menonton film ini. Saya penasaran karena setiap nonton bioskop, saya selalu melihat trailernya dan sepertinya filmnya sedih. Jadi pengen nonton deh. Apalagi ini film tentang Pak Habibie, sosok yang menurut saya adalah orang yang sangat hebat. Saya memang belum membaca bukunya, tapi sepertinya film cukup menginterpretasikan isi buku deh.

Pemeran Habibie di film ini adalah Reza Rahadian. Duh aktingnya manteppp bener deh. Mana cowoknya guantengg. Hehehe. Logatnya bener-bener Pak Habibie. Kadang-kadang agak nggak jelas dengerin dia bilang apa. Syutingnya juga ada yang berlokasi di Jerman. Kalian akan dimanjakan dengan pemandangan indah kota Munich, Hamburg. 

Saya terharu banget sewaktu adegan Pak Habibie melamar ibu Ainun. "Mungkin saya tidak bisa menjanjikan apa-apa dengan kehidupan kita selanjutnya, tapi aku janji, aku akan menjadi suami terbaik buat Ainun." Ahhh, saya langsung terharu. Dulu kehidupan mereka di Jerman sangat sederhana. Bahkan Pak Habibi sewaktu mau pulang ke rumah, dia punya uang lagi untuk naik kereta. Padahal hujan salju dan membuat dia harus jalan sampai rumah. Sepatunya sobek lagi. Dirumah Ibu Ainun (diperankan oleh BCL) menunggunya. Kaki Pak Habibie sampai lecet karena jalan kaki dengan sepatu sobek. Dia lalu berjanji pada Ibu Ainun, "Aku akan membuat truk terbang untukmu dan Indonesia suatu hari."

Sepertinya salah kalau saya pernah berpikir kalau Pak Habibie lebih suka di Jerman. Nyatanya dia sendiri berjanji untuk mengabdikan diri pada Indonesia. Dia bahkan menuliskan surat untuk menulis janjinya. Ketika dia pulang ke Indonesia, dia tidak mau di sogok ini itu untuk proyek pengadaan pesawat terbang karena dari royaltinya pun dia sudah merasa cukup. Orang yang tegas, berpikir maju. Beliau orang yang ingin bangsa ini mandiri. Untuk itu sarana transportasi harus dibangun. Terlihat kebanggaan yang luar biasa ketika pesawat N250 terbang untuk pertama kali dan hasil karya anak bangsa.

Ketika sudah tidak lagi menjabat presiden, beliau kembali ke Pabrik pesawat dan menangis. Indonesia memiliki 17000 pulau. Kalau saja pesawat ini diproduksi secara massal. Duh, adegan ini bikin saya nangis banget. Apalagi sewaktu Ibu Ainun udah sakit-sakitan, beliau masih ingat untuk mempersiapkan obat suaminya, padahal beliau akan dioperasi. 

Ah, sudahlah. Nonton aja sendiri. Yang pasti, Indonesia masih memiliki orang yang sangat cinta pada negaranya, menginginkan bangsanya untuk maju. Orang yang pintar, sayang keluarga, dan baik hati. Semoga suatu hari proyek pembuatan pesawat milik anak bangsa bisa berlanjut dan beliau menyaksikannya dengan bangga. 

Sepertinya saya mau hunting bukunya. Tapi, nanti saya nangis lagi... Ah, sudahlah :)

12 comments:

obat herbal lupus mengatakan...

pasti seru tuh filmnya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah ada filmnya toh.

fardelynhacky mengatakan...

Saya pas lihat trailernya juga nangis. Mupeeeeng pengn nonton juga :(

Sketsaku mengatakan...

sedikit diulas tapi saya kayak udah nonton sendiri sampai tamat.. wkwkwk

dv mengatakan...

rencananya bsk baru mau nonton ni pilem..
waah sedia tisu dulu nih kynya :D

Ary_Putra mengatakan...

Bagus sepertinya Film Habbie n Ainun. saya malah blm sempat nonton. ada Link Downloadnya ga nih??

Mila Said mengatakan...

Mau nontooooooon...

Obat kuat pria mengatakan...

informasi yang bagus dan menarik

obat herbal asam urat mengatakan...

makasih gan infonya

poetra mengatakan...

Bereh thad lago! Hehe..

r10 mengatakan...

aku blm sempat nonton.. mungkin tunggu tahun depan 'eh :D

Dhymalk dhykTa mengatakan...

Film ini memang memiliki latar cerita yg cukup bagus,

sayang koq pemeran habibie tua nya masih reza yah? seandainya make pemeran habibie yg seumuran lbh terasa filmnya..but over all..this film sgt layak u/ ditonton

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan