Juli 29, 2012

Seorang Mu'alaf

Cerita ini terinspirasi dari seseorang yang menjadikan mesjid adalah tempat ibadah dan tempat untuk menuntut ilmu. Saya hanya ingin berbagi pada kalian, mungkin bisa menginspirasi, mungkin juga bisa mengambil hikmah dari kisahnya :)

***

Malam ini adalah tarawih pertama di bulan Ramadhan. Rasanya ingin sekali aku melakukan i'tikaf panjang dan mengaji di mesjid berhubung besok adalah hari Sabtu. Setelah shalat tarawih berjamaah selesai, aku mengambil tempat agak pinggir dan mulai berzikir. Masih tersisa beberapa orang yang melakukan i'tikaf bersamaku. Termasuk imam mesjid. Ntah kenapa, aku sangat menyukai imam yang satu ini. Selain bacaan shalatnya sangat indah dan syahdu, ceramahnya tadi tentang Khulafaur Rasyidin juga sangat menggebu-gebu. Benar-benar membuat hatiku bergetar.

Selagi aku berzikir, aku melihat seseorang mendekati imam mesjid. Aku beristirahat sebentar seraya melihat gerak-geriknya.
"Pak Ustadz, bolehkah saya mengobrol dengan bapak beberapa saat?"
Pak Ustadz tersenyum dengan sangat ramah, "Tentu saja boleh."
"Saya seorang Mu'alaf," ucap laki-laki itu.
"Alhamdulillah," kata Pak Ustadz, "Selamat datang wahai saudaraku."
Laki-laki itu terseyum.
"Kalau boleh tau, sejak kapan memeluk islam?"
"Sejak tadi siang. Saya sengaja memilih waktu ketika akan Ramadhan. Pacar saya bilang, kalau masuk islam itu menghapuskan segala dosa dan bulan Ramadhan adalah saat yang sangat tepat untuk beramal. Jadi, saya ingin diri saya benar-benar bersih sehingga dalam diri saya hanya ada amalan baik saja."
"Keputusan yang sangat baik, nak." Pak Ustadz tersenyum lebar. "Pacar kamu pasti gadis yang baik hati."
Laki-laki itu mengangguk. "Saya mencintainya dan saya akan berusaha sekuat tenaga untuk mencintai islam. Oleh karena itu Pak Ustadz, saya ingin belajar mengaji. Kalau bisa sebaik bapak."
"Tentu saja boleh. Saya selalu berada di mesjid ini. Kamu bisa menemui saya 5 waktu di mesjid dan saya juga memiliki banyak santri. Mari kita belajar bersama."
"Bagaimana kalau dimulai dari malam ini?" tanya laki-laki itu.
Tiba-tiba Pak Ustadz melihatku. Aku tersenyum.
"Wahai anak muda, kemarilah!" Pak Ustadz memanggilku. Aku langsung menghampirinya. "Mau banyak pahala?" Aku mengangguk. "Ajarkan dia mengenal huruf Al-Qur'an sampai lancar membacanya. Setelah itu, kamu temui saya lagi."

Namaku Rahman. Aku seorang eksekutif muda sebenarnya, hanya saya aku sekarang mengajar membaca Al-Qur'an seseorang yang sebaya denganku bernama Steven. Steven itu orangnya pandai, hanya 3 hari dia bisa menamatkan bacaan buku Iqra'. Setelah lulus 3 hari masa probation bersamaku, aku serahkan dia kepada imam mesjid. Rasanya aku malu kalau Steven saja begitu bersemangat mempelajari islam, sedangkan aku palingan hanya beri'tikaf dan berzikir saja.


Sampai hari ke tujuh Ramadhan, Imam Mesjid mempercayakan Steven untuk menjadi Imam shalat Isya. Walaupun dia hanya membaca surat pendek sepert Al-Ikhlas dan An-nas tapi suaranya benar-benar indah. Bahkan dia dipercaya untuk memberikan ceramah mengenai kehidupan para Khulafaur Rasyidin, 4 orang pemimpin islam yang juga sahabat nabi Muhammad. Hatiku benar-benar bergetar mendengarkan dia ceramah. Dia bisa mendeskripsikan para pembela islam itu dengan singkat, padat, dan jelas.

Di lima hari sebelum lebaran, aku pulang kampung sehingga tidak melihatnya lagi di mesjid sampai setelah lebaran. Sebulan setelah itu, dia memberikan undangan padaku, pak Ustadz, dan beberapa orang-orang di mesjid yang dekat dengannya. Aku melihatnya didampingi oleh seorang gadis berkerudung yang sangat cantik. Mungkin itulah calon istrinya. Bagaimana denganku? Hmm, insya Allah aku akan datang ke pesta pernikahannya.

Buat yang mau beli makeup Korea, silahkan Like Fan Pages saya ya :)

15 comments:

a.i.r mengatakan...

dua malam yang lalu juga ada yang masuk islam di masjid saya, hanya saja seorang wanita.. :)

r10 mengatakan...

kalau kisahnya lebih panjang bagus pastinya.. dibikin berseri kayak Crush :)

Obat alami asam urat mengatakan...

artikel nya sangat bagus nie gan,,,,,

Outbound Training Malang mengatakan...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

RIAN Ra-kun mengatakan...

kapan ya saya bisa ngasih ceramah begitu...

alie raden mengatakan...

menyentuh bgt nih,,
kunjung balik ea

octarezka mengatakan...

bru mualaf sdh bs ceramah, brarti sy kalah jauh..*malu*
nah d ending ad iklan make-up..punya mbak yaa??

nuel mengatakan...

endingnya ga enakin banget, :P

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@rezka : iya punya saya

@nuel : emang sengaja :P

Obat tradisional stroke mengatakan...

nice post,,,,,

.: diah :. mengatakan...

Subhanallah, jadi malu pada diri sendiri nihh melihat kegigihan si Muallaf itu :(

nice share Meut, as always

teteeup yaaa, promosi di ending cerita :p

Obat tradisisonal diabetes mellitus mengatakan...

nice post,,,,,,,,,,

cara mengobati kista mengatakan...

thanks gan informasinya

cara mengatasi kista mengatakan...

nice post

Obat infeksi saluran kemih mengatakan...

subhanalloh ,, mualaf kan sudah dijamin pasti masuk surga aminn :)

Categories

adventure (255) Living (232) Restaurant (145) Cafe (136) Hang Out (129) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan