Juni 07, 2012

Pasar Klewer, Es Masok, di Solo

Tanggal 18 tiba dimana jadwal perjalanan saya kali ini adalah menuju Surakarta (Solo). Rasanya males banget bangun karena berpikir akan menempuh perjalanan jauh. Akhirnya dengan berat hati, mandi, dan beres-beres lalu melanjutkan perjalanan. Bakalan kangen sama rumah teman di Salatiga. Tengkyu Nophie-syung udah ngasih kita nginep dan bikin rusuh di rumahnya.

Kali ini naik bus AC Royal Safari lagi ke Solo. Saya memberikan uang Rp. 50rb untuk 3 orang, malah kernetnya bilang kalau uangnya kebanyakan. Kata mas nya, "Udah, 21.000 aja." Saya heran, masa' ke Semarang aja 10rb bahkan pernah 20rb dari Salatiga. Kali ini ke Solo yang seharusnya lebih jauh, malah cuma 7000, full AC lagi. Semoga kalian tidak pernah tertipu seperti saya.

Pasar Klewer
Setelah menempuh perjalanan ± 3jam, akhirnya sampai di kota Solo. Yeay! This is my first time.  Langsung ingin pergi ke pasar Klewer untuk membeli batik. Kita tanya sama security terminal dulu sebaiknya mau ke pasar Klewer naik apa. Katanya mending naik becak. Tanpa menawar, becak langsung mau Rp. 15rb. Jangan-jangan dekat ya jarak dari Terminal ke Pasar. Ternyata jauh teman, saya jadi nggak tega sama abang becaknya, mengayuh dengan pelan tapi pasti sambil kepanasan.
Suasana Pasar, crowded
Sampai di Pasar Klewer, saya masuk dan berkeliling. Hmm, rada susah menemukan baju batik yang bagus disini karena menurut saya modelnya biasa aja. Capek saya berkeliling, mana bawa tas berat lagi, dan bersin-bersin, akhirnya keluar dari pasar dengan hanya membeli celana pendek Rp. 20rb. Ntah kenapa menurut saya semua baju biasa aja, nggak ada yang menarik.  Memang sih saya nggak menyusuri semua lorong pasar karena saya sudah bersin-bersin. Nah, masih di sekitar pasar Klewer, ada sebuah toko yang rada 'nyempil. Disitu baru baju bagus dan murah-murah. Langsung deh saya beli. Sempat bertanya sama orang-orang juga, kuliner khas Solo apa dan tempatnya dimana. Mereka bilang Garang Asam di Es Masok. Aneh sekali nama makanan dan tempatnya. Kami menaiki becak ke Es Masuk bertiga. Kasian abang becaknya, kami 3 orang plus barang banyak, tapi dia masih kuat nge-gowes.

Es Masok
Es Masok itu tempatnya masih di sekitar Pasar Klewer, di belakang Keraton Solo. Tempatnya besar dan bersih. Disini menu spesialnya memang Garang Asam yang dihargai dengan Rp. 15.000. Gile, kirain bakalan mahal banget, ternyata subhanallah. Garang Asam adalah ayam dimasak kuah dengan daun pisang. Ada rasa asamnya yang pasti dan seger. Kalian harus cobain sendiri rasa enaknya. Di tempat makan ini, seperti kebanyakan tempat makan di Jawa, semua makanan murah-murah. Es Degan Rp. 3000, Es Campur Rp. 4000, dll. Kami cuma makan banyak gorengan yang tersedia di atas meja. Pokoknya kami hanya membayar Rp. 76.000 untuk habis-habisan makan bertiga.
Suasana di dalam
Minuman murah
Garang Asem
Setelah kenyang mengisi perut, kami kembali menaiki becak ke Stasiun Balapan. Awalnya menawar harga becak Rp. 20rb bertiga. Tapi, nggak tega juga sama abangnya sewaktu nge-gowes terasa seperti nggak akan jalan lagi 'tu becak, jadinya saya berikan Rp. 25rb. Tiba di stasiun Balapan, saya membeli kereta Prambanan Ekspres (Prameks) ke Yogyakarta Rp. 10.000. Saya mengira kereta ini seperti KRL di Jakarta yang AC. Ternyata, haduwh.... Sama aja seperti kereta ekonomi dan duduk di lantai kereta. Mana keringetan banget. Tapi cukup sangat menghemat waktu karena cuma  45 menit sampai Yogya. Eh nggak, kita berhenti di Stasiun Maguwo dan loncat dari kereta api yang lupa berhenti di peron. Oh My God, mana kereta apinya tinggi dan kita harus lompat lagi. Huft, semoga cepat berakhir yang aneh-aneh....

12 comments:

ammie mengatakan...

met pagi kak :)..
wah..jalan-jalan mulu ni..heheheh ajak-ajak dongg :P

Rizki Pradana mengatakan...

huwaaa....
jadi kangen SOLO pengen pulang,,pokoknya gak boleh ngelewatin Solo Batik Carnival tahun ini..
gak nyobain Timlo Sastro nih??

Tika mengatakan...

pasar klewer??tempatnya masih sumpek kah? bener2 full banget ya didlm & super panas..terkahir kesana th 2008 tapi ga sempet icip2 garang asem, gmn mut rasany?

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

saya pernah main2 ke solo, ke pasar klewernya juga,tapi gak sempat masuk ke dalam2nya.. ya maklumlah tour seharian dari jogja boyolali solo, cuma modal nekat sama temen2.. :D

saya cuma pernah solat di masjid agung solo saja.. :D

Dihas Enrico mengatakan...

ASYIK JALAN-JALAN KE SOLO...
KOTA KERAJAAN....
:)

Henny mengatakan...

yaay!! es nya bikin ngiler tuh, yang murah meriah emang lebih menggugah selera. hihihi

uci cigrey mengatakan...

wah garang asem harganya murmer yah :) asik banget
jadi pengen jalan2 kesana

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah esnya menggoda iman

nita mengatakan...

iya garang asem di es masuk emang murah mba mt, gak coba timlonya ya? uenak juga lho :)

obat tradisional dibate melitus mengatakan...

pengennn kesoloooo

Elsa mengatakan...

wah aku harus ke Es MAsok tuh...

Ika Andayanie mengatakan...

nama toko batiknya yg nyempil itu apa Mba?

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan