Juni 19, 2012

From Novel to Game

Mungkin dari judulnya kalian bisa mendeskripsikan maksud saya. Well, saya jadi punya keinginan lagi nih sebelum 2013. Dari dulu sebenarnya hal yang paling saya cintai adalah menulis. Menulis bisa apa pun. Ada yang menganggap saya travel blogger, food blogger, gadget blogger, fashion blogger, lifestyle blogger, dan lain-lain yang tentu saja sangat saya hargai. Hmm, blog hanya mengenalkan saya pada dunia luar, dari awal yang saya tidak mengerti sama sekali dunia internet, sampai sekarang dimana kondisi saya tidak bisa hidup tanpa internet.

Sebenarnya keinginan saya yang paling awal ketika memutuskan untuk kuliah di teknik infomatika adalah mengerti latar belakang penciptaan sebuah game. Setelah 4 tahun kuliah dan lumayan mengerti tentang coding, saya jadi punya suatu harapan untuk menulis jalan cerita sebuah game. Dulu ketika abang saya sibuk bermain game, saya sangat memperhatikan jalan ceritanya, ilustrasi tokohnya, penjiwaan karakter setiap tokoh, dan setting tempatnya. Semuanya saya perhatikan dengan teliti. Bahkan tidak jarang saya browsing tentang kota-kota dalam game, dimana semuanya berada di dunia nyata.

Bagaimana dengan coding? Jujur saja, walaupun sudah kuliah di bidang coding-coding Java, C#, dll, saya masih lemah untuk hal itu. Logika saya nggak terlalu sinkron dengan bahasa pemrograman. Saya dulu pernah melamar kerja di Bandung untuk perusahaan software (maksud saya supaya nantinya saya bisa menjadi story writer untuk sebuah game) tapi nggak diterima. Hehehe. Belum rejeki tampaknya.
Star Ocean Battle
Sekarang, setelah saya travelling ke tempat-tempat indah di Indonesia, membaca banyak buku fantasy, mendengar banyak legenda di Indonesia, saya jadi berencana untuk menawarkan cerita novel saya ke sebuah perusahaan game. Saya cukup mengerti tentang game RPG karena saya pernah menamatkan Final Fantasy series, Suikoden series, Star Ocean series, dan puluhan game RPG lainnya.

Hampir semua game RPG itu sebenarnya sama dimana tokoh utama berkelana ke satu tempat ke tempat lain, satu kota ke kota lain, hutan ini itu, gua, dungeon, dll. Hal itulah yang terpikir di otak saya untuk melukiskan Indonesia dalam sebuah game dengan cerita yang nggak kalah dari Final Fantasy. Dalam Final Fantasy dimana kota-kotanya banyak ber-setting seperti daerah Eropa, saya terpikir untuk menyajikan kota-kota indah di Indonesia. Bagaimana dengan tokoh-tokohnya? Indonesia memiliki keanekaragaman suku dan ras, jadinya pasti bisa menyesuaikan wajah dari daerah Indonesia Barat sampai ke Timur, begitu pula dengan kostumnya.
Final Fantasy
Satu hal yang terpenting adalah publikasi. Banyak sekali animator, gamer, ilustrator handal di Indonesia tapi kurang diterima masyarakat Indonesia sendiri. Kalau menurut saya sih, bukan kurang diterima. Tapi kurang publikasi. Bahkan saya juga baru tau kalau Indonesia punya game studio (Kojo Anima dan Agate Studio) yang pernah dikunjungi Square Enix, perusahaan game yang pernah memproduksi game Final Fantasy dan Star Ocean. Seandainya saya bisa membuat cerita untuk game, saya akan menggandeng media terutama blogger untuk mereview. Bagaimana menurut kalian?

15 comments:

Millati Indah mengatakan...

Seru tuh kalo game-nya tentang petualangan keliling Indonesia, dari Aceh sampai Papua.

Dihas Enrico mengatakan...

PETUALANGAN MEREBUT KEMERDEKAAN LEBIH SERU....
:)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

wah, iya juga ya dihas... saya setuju.. ntar di propose..

Adittya Regas mengatakan...

bener juga tuh ka apa kata OM dihas...

ohh jadi initoh alasan kk buat novel fantasi, berawal dari kesukaan game :D

Ita mengatakan...

Kayanya bakal cocok sama adek iparku. Kuliah informatika nyeburnya malah didunia game :D
Hihhii
Kmrn sempet mau berangkat ke jepang segala buat kerja. Tapi batal :p

Kalo aku sih ga terlalu doyan ngegame. Hahahaha :D

Outbound di malang mengatakan...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

Rahmah mengatakan...

Saya siap jika diminta mereview :D

affanibnu mengatakan...

kalo bisa game nya juga gratis.. :D

tapi paling enggak promosi harus bagus..

RIAN Ra-kun mengatakan...

Saya juga mencintai menulis tapi belum punya pencapaian yang signifikan. Semoga cita-cita nya tercapai ya :)

uli mengatakan...

Berkunjung :)

Poerwanto Sigit mengatakan...

animator, gamer, ilustrator sangat banyak di Indonesia dan mereka tetap semangat untuk berkarya, karya2 mereka sangat bisa bersaing dengan animator dari negara lain..mereka terus berkembang dalam dunia seni..banyak koq dari mereka yang go internasional.

Claude C Kenni mengatakan...

Dua game di atas adalah favorit gua...hehehe.

Setuju banget, maen game tidak hanya melihat grafis, tapi juga konten dan ceritanya.

Rindu pengen maen game lagi...

Darmawan Saputra mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya.
o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.

ditunggu kunjungan baliknya ya :D


#Semoga sehat selalu :D

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah ide yg bagus tuh. saya rasa bisa laris buku semacam itu.

r10 mengatakan...

story writer memang kelemhan game Indonesia, kebanyakan story writer lebih senang bikin untuk novel atau film

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan