Juni 13, 2012

Candi Mendut dan Resto Sekar Kedhaton

Sepertinya saya capek sekali jalan-jalan di Candi Borobudur. Sebenarnya yang membuat capek itu karena cuaca yang sangat terik. Sempat beristirahat sebentar untuk minum es degan yang harganya hanya Rp. 3000 disekitar Candi. Panas terik itu membuat cairan tubuh berkurang drastis karena kelelahan.

Tampaknya ini adalah waktu yang tepat untuk makan siang. Saya minta kepada sopir taksi untuk diantarkan ke sebuah tempat makan yang enak dan pastinya murah. Di perjalanan saya melihat Candi Mendut dan berhasil mengambil fotonya. 

Candi Mendut
Candi Mendut
Candi Mendut didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di dalam prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi, disebutkan bahwa raja Indra telah membangun bangunan suci bernama wenuwana yang artinya adalah hutan bambu. Oleh seorang ahli arkeologi Belanda bernama J.G. de Casparis, kata ini dihubungkan dengan Candi Mendut.


Saya agak heran melihat sopir taksi mengantarkan saya dan teman-teman ke sebuah Resto yang menurut saya tidak mungkin harga makanan dan minumannya murah. Hmm, mungkin si sopir taksi ingin ditraktir disini kali yah, hahaha. Nama Restaurantnya adalah Sekar Kedhaton.

Restaurant Sekar Kedhaton
Resto tampak depan
Suasana yang adem
Pengunjungnya ramai
Sekar Kedhaton adalah sebuah Restaurant, Lounge, dan Boutique Resident yang berada di Jalan Raya Borobudur KM 2.5 Mungkid- Magelang 56551 (telp. 0293 789429). Kata Sopirnya sih, yang di Magelang adalah Resto cabang Yogyakarta. Bangunannya sangat megah dan banyak sekali bule' yang makan disini. Furniture Restonya sangat Jawa sekali dan suasananya rindang.

Sewaktu buku menu diberikan, saya langsung diam melihat harganya. Well, selama seminggu di Jawa, mungkin ini satu-satunya tempat makan yang harganya persis sama dengan Resto di Jakarta dengan pajak resto 17.5%. Berikut list harganya :
Iced Lemon Tea (Rp. 17.759)
Es Sarang Burung (Rp. 20.296)
Es Degan (Rp. 20.296)
Avocado (Rp.20.296)
Bebek Goreng Kota Gede (Rp. 64.000)
Bebek Bakar Prambanan (Rp. 64.000)
Sate Ikan (Rp. 51.000)
Lumpia Gudeg (Rp. 23.000)
Lumpia Gudeg
Untuk masakan bebek, yang disajikan adalah setengah ekor badan  bebek. Emang porsinya sangat besar sih, wajar lah udah bayar mahal kalo nggak kenyang 'kan kebangetan. Menurut saya yang spesial dari masakan bebek adalah sambalnya. Jawa juga terkenal dengan keunikan rasa sambal yang membuat kita nagih. Pengen makan lagiii dan lagiii. Bagaimana dengan sate ikan? Untuk porsi, tetap banyak dan bisa sharing dengan yang lain. Tapi saya tetep lebih suka daging bebeknya.
Bebek Bakar Prambanan
Bebek Goreng Kotagede
Sate Ikan
Lihat saja harga minumannya. Ini adalah es degan termahal yang pernah saya minum di daerah Jawa, begitu juga es sarang burung dan jus nya. Yang unik itu es degan yang langsung disajikan di dalam kelapa. Es sarang burung juga enak dan menyegarkan banget, mungkin karena lagi haus banget juga sih. Memang untuk rasa makanan dan minuman sangat enak. Tapi saya lebih mending makan di tempat biasa dimana saya hanya menghabiskan Rp. 75rb bertiga, dan di Resto ini saya habiskan Rp. 400rb berempat. Nggak apa-apa juga deh sekali-kali.
Lemon Tea dan Es Sarang Burung
Jus Alpukat dan Es Degan
Setelah dari Resto, rencananya saya ingin membeli beberapa pesanan Mama dan baju batik lagi. Tapi seperti biasa, sopir taksi membawa kami ke daerah yang menjual batik dengan harga WOW. Haduwh, rasanya rada nggak worth it kalau saya beli batik seharga itu karena saya dapat batik sangat murah di Solo dengan harga Rp. 60rb. Nggak jadi beli deh. Cuma minta diantarkan beli oleh-oleh khas Yogya, Bakpia 25 langsung di pusatnya, lalu pergi ke stasiun tugu.
Stasiun Tugu, end the trip
Ahh, akhirnya liburan usai. Cukup sedih memang tapi kami membawa segudang pengalaman berharga. Kalau ditanya total uang yang dikeluarkan, mungkin kurang lebih sekitar Rp. 3 juta untuk semua-muanya yah termasuk transport dari pergi sampai pulang, shopping, penginapan, dll. Kalian bisa mengikuti dan membaca perjalanan saya dari awal di Karimun Jawa sampai Yogyakarta dan mengestimasi sendiri  budgetnya.

Next trip, insya Allah Jawa Timur sampai Lombok. Doakan saya ya teman-teman....

16 comments:

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

Gilaa ya mut.. Makan di Jawa Tengah sampe abis segitu.. Banyak juga sih tempat yang nggak kalah nyaman, makanan nggak kalah enak, tapi harganya jauh lebih murah..

Toko batik di Malioboro itu banyak lho mut. Batiknya bagus-bagus dengan harga yang bisa dibilang bersaing dengan harga di Pasar Beringharjo..

Kapan ke Jawa Timur mut? Saya tunggu kedatanganmu.. Hehe..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

saya dibohongin sopir taksi nih tyo.. huft...
tapi gpp deh.. jangan inget2 lagi.. pokoknya pengen balik ke yogya, makan di resto yg murahh :(

RIAN Ra-kun mengatakan...

makanannya terlihat sungguh menggugah, jadi pengen coba :D mudah-mudahan kesampaian :)

Dihas Enrico mengatakan...

tau gitu mampir mbak...
rumahku hanya 4km dari candi mendut dan 7 km dari sekar kedhaton.....
:)
dimana hayow...?

affanibnu mengatakan...

kembali saya ingatkan!

kalo datang kelombok hubungi saya.. :D

Dimas Gamma Lukito mengatakan...

Wah lumpia gudeg rasanya kayak apa ya? saya penansaran mbak, hehe

event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

cipu mengatakan...

kok tiba2 pengen balik ke Indonesia yah setelah melihat makanan itu ..... Blame it to Muti

Mila Said mengatakan...

wah udah selesai nih perjalanannya.. seru bangeeet.. hebat lu Mut bisa ngelakuin itu semua dalam waktu yang singkat bgt, itu nyaris mission impossible.. klo gw pst ga akan kuat, rontok semua badan gw hahaha...

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@Mila : ada kemauan ada jalan mil. hehehe. berbekal GPS di bb dan nanya sana-sini nyampe jg gw ke tempat2 asyik itu :D

Lia Lovaa mengatakan...

dulu waktu pergi keyogya aku gak sempat pergi ke candi mendut, cuma pergi ke prambanan aja, bahkan ke candi borobudur pun gak bisa,,karena jauh..kapan-kpan pengen balik lagi ke yogya..sepertinya makannya enak-enak ya..jadi pengen kesitu juga

Annur EL- Kareem mengatakan...

hehe ke jogya blum pernah tuh. Tapi Insya Allah bisa kesanalah jika wktunya ada... hehe

Jadi pengen neih. Asyik deh...
smoga perjalannya menyenangkan dan selalu ada hikmah dari perjaalann tersbt

Elsa mengatakan...

dari tampak depannya, udah kelihatan tuh restoran mahal

noor nasution mengatakan...

met kenal ya meutia....seneng deh ngebacanya....
emang sih ada harga ada barang yang sesuai klo harga nya ga nipu kualitas barang, aku sih oke2 aja..

kenapa sopir mengantar mba kesana..., krn si sopir ingin mengantarkan ketempat yg terbaik untuk pengalaman terbaik..
itukan restoran yg sangat di kenal oleh masyarakat mancanegara....makanya tamunya banyak bule....restaurant Sekar Kedato punya sejarah yg sangat luar biasa dr jaman penjajajahan belanda
harusnya mba menginap di situ mba ngabakalan lupa seumur hidup karena nyamannya juga harganya....selamat ya mba udah punya pengalaman mengiurkan...

Meutia Halida Khairani mengatakan...

hai noor, tapi bener sih kalo utk tempat terbaik dan pengalaman terbaik.. hihihi

Gpp kok, karena cuma kali itu doang saya makan makanan mahal di Jawa. Kangen balik lagi kesana :)

Alvaro Bratajaya Saputra mengatakan...

Wa

Alvaro Bratajaya Saputra mengatakan...

Wa

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan