Mei 25, 2012

Dari Karimun Jawa ke Salatiga

Terbangun pagi-pagi dan menikmati sarapan. Tour guide bilang, kapal akan berangkat jam 8 pagi dan kami akan dijemput ke homestay antara jam 6-7. Sempat kecewa karena nggak bisa mengambil foto Sunrise karena harus beres-beres untuk pulang. Katanya jam 6 pagi bakalan di jemput, ternyata baru jam 7. Seandainya beneran di bilang dari awal jam 7 dijemputnya, kami masih bisa pergi sebentar ke Nirwana untuk mengambil foto Sunrise. Sempat berfoto dulu dengan keluarga tempat kami homestay sebagai kenang-kenangan. Semoga suatu saat nanti bisa berlibur kesini lagi, amin.
Bersama keluarga homestay
Kami menuju dermaga dengan mengendarai mobil bak terbuka yang sama. Duduk dibelakang dengan penumpang yang lain. Ketika sampai di dermaga, mas tour guide membagi-bagikan tiket VIP dan kami langsung masuk kapal.  Kenapa tidak menggunakan kapal cepat? Karena jadwal kapal cepat tidak ada di hari Selasa minggu kedua setiap bulannya. Tapi tenang, kami tetep mengambil foto di depan kapal karena kapalnya berbeda dengan ketika berangkat. Lihatlah wajah kami yang gosong, hahaha.
Depan kapal KMP Muria
Kelas VIP
Ternyata fasilitas dalam ruangan VIP emang enak banget. AC-nya dingin, kursinya empuk, ada LCD TV supaya kita bisa nonton. Maklumlah perjalanan 6 jam harus nyaman. Teringat dulu pas perjalanan ke Pulau Tidung, pas perginya saya hampir muntah. Pas pulangnya karena tidur selonjoran, makanya nggak muntah. Kerjaan saya ketika perjalanan pulang adalah tidur, nonton, tidur lagi, nonton lagi. Nggak terasa, patung penyu raksasa yang menandakan Pantai Kartini terlihat. Sampai juga akhirnya di Jepara.
Penyu raksasa
Dari dermaga menuju terminal, saya menaiki becak dengan harga Rp. 10.000 untuk berdua. Sampai di terminal, saya makan Soto kudus dulu dengan harga Rp. 5000 dan minum es jeruk Rp. 2000. Subhanallah murah sekali. Saya juga makan bakso malang dengan harga Rp. 5000. Kenapa semua makanan disini goceng ya?
Soto Kudus Goceng
Kami menaiki minibus menuju Semarang. Inilah nggak enaknya naik angkutan umum. Selain selalu berputar-putar dulu mencari penumpang, sudah penuh penumpang juga masih di desak agar muatannya lebih banyak. Bayarannya Rp. 11.000 lagi. Ini pasti ditipuin deh bayaran segitu. Saya naik minibus dari Jepara jam 15:30. Seharusnya jam 18.00 itu sudah sampai Terminal Terboyo. Tapi ini masih belum sampai juga. Malah kami disuruh ganti mobil di sebuah terminal yang membuat kami harus bayar lagi Rp. 5000 sampai ke terminal Terboyo (padahal udah dekat). Teman saya udah khawatir ketinggalan pesawat jam 20.10. Kalau saya sih melanjutkan perjalanan lagi ke Salatiga untuk menginap di rumah best friend saya dan melanjutkan liburan. Enaknya naik angkutan umum mungkin bisa sekalian berkeliling kota. Saya bisa berkeliling Demak sampai alun-alunnya, Welahan, dan kota-kota sepanjang jalan menuju Semarang.
Saya menaiki bus tulisan PO - Ismo yang AC jurusan Semarang - Solo menuju Salatiga dengan ongkos Rp. 20.000. Saya kira ongkosnya murah karena saya dapat bus AC. Ternyata, setelah lama saya berada di Salatiga dan bolak-balik Semarang - Solo, saya baru tau kalau tarifnya nggak segitu. Huft! Kota Salatiga itu berada diantara kota Semarang dan Solo, tepatnya terletak 49 km sebelah selatan Kota Semarang atau 52 km sebelah utara Kota Solo. Nah, hal unik dari kota ini adalah udaranya dingin. Saya baru tau kalau Salatiga ini seperti kota Bandung dinginnya.

Sesampai di rumah teman, saya langsung beristirahat. Awalnya sih ingin tidur cepat. Ternyata, ketemu teman lama itu membuat saya harus tidur jam 2.30 pagi. Wah, wah, wah!
Hmm, ada beberapa blogger meminta rincian dana yang dikeluarkan ketika ke Karimun Jawa. Berikut penjelasannya :
  • Saya menggunakan tour Sukawisata yang memang nggak ada rincian harganya. Cuma ada paket ini termasuk penginapan, snorkeling, dll. Bisa kalian buka websitenya. Karena harga sebenarnya adalah Rp. 495.000 dengan menggunakan kapal KMP Muria kelas ekonomi Pulang - Pergi, saya meng-upgrade paketnya dengan kapal ekpress bahari untuk Pergi dan KMP Muria kelas VIP untuk pulang karena jadwal kapal cepat tidak ada di hari Selasa minggu kedua setiap bulannya (saya ingatkan lagi). Jadi total yang harus saya bayar ke sukawisata.com adalah Rp. 665.000/orang dimana dalam 1 rombongan saya ada 5 orang.
  • Perjalanan dari Jakarta - Semarang menggunakan Airasia Rp. 159.000 + airport tax Rp. 40.000, sehingga totalnya Rp. 199.000.
  • Perjalanan dari Semarang ke Jepara Rp. 90.000 karena saya menggunakan taksi bandara. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Perjalanan Menuju Karimun Jawa 
  •  Jajan dan beli oleh-oleh mungkin sekitar Rp. 200rban. Ini optional sih. 
  •  Naik banana boat Rp. 60.000 (optional).
  •  Naik becak ke terminal Rp. 10.000 (Bisa bagi 2 atau 3). 
  •  Jajan makan siang Rp. 12.000. 
  •  Naik minibus ke terminal Terboyo Rp. 16.000 (ini kalau nggak dibohongin bisa lebih murah). 
  •  Taksi dari terminal - bandara Rp. 50.000. 
  •  Tiket pesawat balik ke Jakarta (kalian tidak bisa menggunakan Airasia, karena harus menggunakan pesawat malam dan Airasia cuma sampai siang) Rp. 361.000 (Lion Air) + airport tax Rp. 30.000.
  • Total kotor Rp. 1.693.000.
Tips dari saya:
  • Kalian bisa naik bus dari Jakarta sampai ke terminal Jepara begitu pula sebaliknya. Ini bisa menghemat sampai ratusan ribu, tapi tidak menghemat waktu.
  • Kalian bisa mengirit di pembelian oleh-oleh dan jajan di Karimun Jawa.
  • Kalau kalian kuat terombang-ambing selama 6 jam, silahkan menggunakan kapal KMP Muria kelas ekonomi pulang pergi. Hal ini bisa membuat kalian hemat sampai Rp. 170.000
  • Kalau kalian mau, sewa penginapan di Semarang yang murah, lalu berangkat besok ke Jakarta dengan menggunakan pesawat AirAsia yang harganya bisa Rp. 160.000 juga.
  • Kalau tetap mau melakukan trip seperti saya, supaya uang 1.7 juta nggak terlalu kelihatan habisnya, kalian bisa beli tiket pesawat 2 bulan sebelumnya, membayar DP paket wisata sebulan sebelumnya, sehingga sisa uang yang kita bawa tidak perlu terlalu banyak.
Ini baru perjalanan ke Karimun Jawa saja. Ikuti terus perjalanan saya yang masih panjang. Jangan lupa membaca postingan saya sebelum ini atau bisa klik di Label Karimun Jawa untuk lebih jelasnya.

14 comments:

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

Walah pake paket sukawisatanya pak tidar tho mut? Saya dulu sering jualin paket wisatanya pak tidar juga kalau ada tamu yang minta ke karimunjawa. harganya tentu di bawah harga kamu itu, plus tamu 10 orang gratis 2.. hihihi..

Owh yang kamu bilang banyak penipu itu di Jepara ini ya? Gimana dengan Jogja mut? Ditunggu lanjutannya..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Jogja baek-baek saja.. tunggu yaaa...
berarti seharusnya kamu udah pernah ke karjaw dunk tyo... kan udah jual2in paket2nya..

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

belum pernah mut.. dari dulu ditawarin sama pak tidar buat ngambil gratisannya tapi masih belum bisa.. heuheu..

Ario Antoko mengatakan...

seru melihat "the amazing race" ala mutia

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

asik amat itu yg VIP nya jadi pengen

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Cipu mengatakan...

Wah komplet guide nya... Saya pernah 3 kali ke Salatiga... Kotanya enak dan makanannya murah. Dulu saya tinggal di hotel Laras Asri, hotel nya indah bgt hehehe....

Catatan perjalanan Mutia lengkap bgt, benar2 bisa dijadikan referensi :D

titoHeyzi mengatakan...

tadinya tanggal 17-20 mei kmarin aku juga mau k Karimun kak, udah dpat flayer nya. satu orang kena 400rb..

tetapi eh tetapi, mengingat keuangan yang akan sekarat sepulangnya dari sana diputuskan memilih k cikuray..
hahhahaha

di tunggu photo2 lainnya kak..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

@tito : wah, foto udah diposting semua tito. cek deh postingan2 sebelum ini

Claude C Kenni mengatakan...

Thanks banget rincian biayanya...gua harus bookmark nih buat kalo taun depan mau ke sana ;p

Feby Andriawan mengatakan...

Wah gak terlalu mahal juga ya.. :D

Elsa mengatakan...

hhm... terima kasih banyak Meutia

postingannya sangat snagat bermanfaat bagiku.
sejak lama berencana ke karimunjawa tapi belom nemu waktu yang tepat.

setidaknya, dengan baca potingan karimunjawanya Meutia,aku jadi semakin tau seluk beluk menuju ke sana.

Thanks alot

pengobatan penyakit kanker hati mengatakan...

Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

Farid wae mengatakan...

farid wae;

Hallo...mohon diVOTE ya temen2.....terima kasih banyak ya !!


http://writing-contest.bisnis.com/artikel/read/20150825/405/465577/fakta-fakta-unik-wisata-karimunjawa

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan