Februari 23, 2012

Inspiring Books

Akhir-akhir ini, saya seakan tenggelam dalam cerita beberapa novel yang saya baca. Saya memang sedang berusaha banyak membaca buku lagi karena sudah lama saya tidak membaca buku. Ntah kenapa, saya merasa kehilangan inspirasi untuk menulis beberapa novel. Padahal saya sudah memasang target, termasuk merevisi salah satu novel dan menerjemahkannya ke dalam bahasa inggris. Tapi tetap saja, saya membutuhkan inspirasi dan semangat. Saya merasa kehilangan semangat beberapa waktu ini.

Awalnya saya membaca buku Hafalan Shalat Delisa. Saya jadi merasa sudah lama tidak memperdalam ilmu agama. Seolah ilmu saya merosot terus dari hari kehari. Untung novel ini banyak mengingatkan saya dalam berbagai hal dari segi islam. Lalu saya membaca Negeri 5 Menara. Saya berencana me-review buku ini setelah menonton filmnya nanti. Benar-benar novel yang sangat inspiratif. Saya jadi teringat SMA Modal Bangsa yang ada di Banda Aceh. Bagaimana kehidupan ber-asrama, siswa yang merantau, orang tua yang selalu mendoakan anaknya, dll. Perbedaannya, Pondok Madani (sekolah agama dalam buku Negeri 5 Menara) ini menceritakan bagaimana siswa dididik oleh banyak ustadz lulusan universitas ternama di Mesir, Madinah, dll. Hati saya menjadi tentram ketika membacanya. Banyak sekali kata-kata mutiara yang dikisahkan di dalam buku yang menyejukkan hati. Apalagi buku keduanya Ranah 3 Warna, saya merasa teringat lagi atas mimpi saya untuk menginjakkan kaki di Alaska. Sepertinya saya harus mulai memantapkan hati dan berikhtiar untuk sampai kesana.

Saya juga akan membaca buku Notes From Qatar. Ketika melihat cuplikan talkshow dengan pengarang bukunya Muhammad Assad. Kalian bisa berkunjung ke websitenya di http://muhammadassad.wordpress.com/ untuk blogwalking. Saya belum membaca bukunya, tapi tampaknya buku ini juga adalah salah satu buku yang menginspirasi. Sudah saya daftarkan buku ini di antrian buku yang pasti saya baca. Kemarin itu sempat ingin membaca 99 Cahaya di Langit Eropa. Ketika mau beli. eh keduluan sama Mama. Ya udah, palingan ntar tukeran sama Mama. Saya sedang butuh buku-buku seperti ini. Ntah karena saya merasa jenuh dan bosan sekarang. Bahkan saya akhir-akhir ini merasa bingung. Cuma bisa mendengus. Butuh liburan dan hiburan tampaknya, hehehehe.

Mungkin ada diantara kalian yang pernah membaca buku-buku yang saya sebutkan?

17 comments:

r10 mengatakan...

aku mau komentar tentang gramedia toko buku saja yah, gramedia sekarang pasang CCTV

banyak buku diplastikin dan akhirnya banyak orang2 sudah ga berani lagi ngeluarin jurus cakar perobek plastik :D

jadi ga bisa baca gratisan lagi :(

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

sepertinya dua buku ini memang isnpiratif, tapi belum ada yang saya baca :D

Gaphe mengatakan...

dua buku itu selalu ada di kotak best seller di bookstore deh rasanya,
dan emang bagus.. cuman saya suka yang negeri lima menara,

kalo yang notes from qatar, rasanya pas baca koq terlalu narsis ya yang nulis. oke, memang kisah pribadi penulis tetapi lama-lama baca dan liat fotonya, terkesan agak gimanaa gitu jadi nggak terlalu suka buat melanjutkan.

mungkin karena saya yang iri kali yaa. ehehehehe, iri gak bisa ke qatar maksudnya

Yayack Faqih mengatakan...

Kebetulan saya sudah membaca buku karya Ahmad Fuadi negeri lima menara yg saya khatamkan tahun kemarin dan sekarang tinggal nunggu nonton filmnya. dari bukunya sendiri saya mendapati banyak hal untuk di jadikan sbagai seruan karena sesungguhnya jalan hidup itu butuh apa itu yang namanya berjuang atau bersungguh sungguh. alif yg mau ketemu sama anak gadisnya ustadz khalid aja harus butuh perjuangan dan akhirnya bsa sempet ketemu walopun hanya sebatas ketemu sebentar. hehe... yg menarik kisah enam santri itu, pokoknya bagus dan filmnya layak buat di tonton dengan harapan bsa persis seperti yg di ceritakan dalam versi novelnya.

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

belum pernah baca semua buku yg kamu sebutin :p tp aku dengar sih memang banyak yg menyukai buku2 itu ^^

Djangkies mengatakan...

bener, nggak ada satupun buku tersebut pernah saya baca. entah akhir-akhir ini jadi males baca buku

soulful^^~ mengatakan...

aku sudah baca negeri 5 menara. bener2 keren itu kak bukunya :D
dan saya sudah sangat gak sabaran menantikan filmnya \(^o^)/

Meutia Halida Khairani mengatakan...

Memang buku Negeri 5 Menara itu kereeen.. Inspiratif banget..

@Gaphe : hmm, narsis ya? hehe. Jadi tambah pengen baca gw kalo gitu..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ketawa baca koment Gaphe. heheh..saya belum pernah baca dua buku itu.

Mila Said mengatakan...

itu yg negeri 5 menara gw juga suka. itu kan udah ada lanjutannya. katanya mau dijadiin pelem tuh.

Athifah Dahsyamar mengatakan...

udah dong hehe :D

Cipu mengatakan...

Mut, ane blom baca satupun dari kedua buku di atas hehehehehe. Nanti kalo kita kopdaran, diceritain yah....

merry go round mengatakan...

Yg negeri 5 menara udah nangkring di rak buku dari dua taun kemarin, tapi belum dibaca-baca juga #krik

Susu Segar mengatakan...

klo yang 5 menara si udah baca. . . tapi klo yang notes from qatar belom. . .

Ummul Khairi mengatakan...

saya udah baca negeri 5 menara dan saya suka. kalo notes from qatar saya belum baca, mungkin ntar kalo ke rumah buku akan coba di cara. But, diantara 2 buku itu, saya paling suka 99 cahaya di langit eropa.itu buku RECOMENDED banget! :D

banyak hal baru yang didapat dari paris yang gak cuma louvre, juga danube di austria, roti croissant, aya sophia dan mezquita. pokoknya harus dibaca buku ituu... :D

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Negeri 5 Menara udah baca, Ranah 3 Warna juga udah-buku ketiganya belum ada kan mbak? Nah, yang Note From Qatar-masuk list dulu deh-dompet udah tipis buat beli trilogi The Hunger vGames-tapi saya puas; terlebih lagi tgl 23 Maret filmnya diputar...saya selalu suka novel2 yg berbau petualangan gini. Kalau Hafalan Sholat Delisa saya cm baca ebooknya-itu juga sambil mbrebes mili alias nangis sesenggukan mbak T_T dan bener seolah2 saya diingetin lagi di buku ini soal pengetahuan agama Islam-malu rasanya sama Delisa yg smpe hafal arti bacaan ketika ruku' dsb...smntara cuma hafal bacaan arabnya saja >.<


Saran saya buat mbak-sepertinya mbak Meutia emg butuh refreshing lepas dari aktifitas kerja. Supaya semangatnya ada lagi-oke lah buku dan semua isi katanya bisa memotivasi kita-tapi motivasi terbesar datangnya dalam diri mbak Meutia sendiri ;)

uci cigrey mengatakan...

hafalan sholat delisha belum baca2 juga sampe skarang.
Add to favorite :)

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan