November 07, 2011

Kawah Putih Ciwidey

Baiklah teman2, tampaknya saya sudah lama tidak posting blog. Mungkin hampir seminggu. Saya lagi diserbu banyak virus males update dan saya juga sedang tidak ada bahan mau update apa. Mungkin minggu ini saya bakalan rajin update lagi dan rajin blog-walking lagi, karena virus malesnya udah hilang.
Hmm, weekend kemarin saya habiskan di Bandung dengan kondisi hujan lebat. Gile yah, sehariaaaan hujan. Nggak berhenti2 juga. Duh, saya cuma bawa celana jeans sebiji dan kondisinya jadi ekstra kotor sampe harus ke Mall dan beli jeans baru. Tapi walaupun hujan begitu, saya menyempatkan diri pergi ke Kawah Putih. Udah kuliah di Bandung, tapi saya belum pernah ke objek wisata yang satu ini. Kawah putih terletak di Gunung Patuha, sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat. Ketinggian gunung ini adalah 2.386 meter. Kawah dari Gunung Patuha inilah yang dijadikan obyek wisata yang menarik dengan nama Kawah Putih. Kalian tau, saya kesini pake motor kurang lebih 2 jam dari Bandung karena macet, Kebayang 'kan kalo pake mobil 'gimana macetnyaaa...
Welcome
Kalau kalian mau kesini pakai kendaraan umum, kalian bisa pake' angkot. Di Ciwidey banyak angkot lewat tapi tidak sampai ke kawah putihnya. Kalian bisa jalan kaki atau pakai ojek. Tempat ini karena sedang musim hujan jadi berkabut parah. Dinginnya minta ampuuuuuunnnn. Saya sampe' gemetaran. Uang masuk ke Kawah Putih Rp. 15rb/orang. Ada yang menawarkan masker pada kalian di pintu masuk. Kalau kalian kuat dengan bau belerang, kalian bisa menolak tawaran tersebut karena masker biasa 'gitu di hargai Rp. 5000. Mahal bener 'kan? Perjalanan dengan motor matic agak sedikit menyulitkan mengingat jalannya sangat menanjak dan juga berkabut. Dan saya tekankan sekali lagi, dinginnya minta ampuuuun. Hadeeh, it's just freezing. Mungkin sekitar 5 menit, barulah saya sampai ke tempat tujuan. Setelah memarkir kendaraan, kita harus menuruni tangga agar dapat lebih dekat dengan kawah gunung ini. Kalian akan surprise melihat hal yang benar2 indah, Subhanallah! Hati kita akan langsung berdecak kagum melihat keseluruhan dari tempat ini dari tangga atas. Pada tempat wisata ini, kita memang dapat secara dekat berada dalam kawah gunung bahkan kita dapat menyentuh airnya.
Kabut dimana2

Turun ke kawah
Saat kita turun, sungguh luar biasa pemandangan yang akan kita lihat di kawah ini. Kalian mungkin tidak akan berhenti mengucap Subhanallah. Tanah yang putih yang terdiri dari belerang merupakan alasan mengapa kawah ini disebut Kawah Putih. Air kawah yang berwarna kehijauan juga menarik perhatian. Di sekelilingnya, terdapat pegunungan yang sebagian sudah kering tetapi ada juga yang masih ditumbuhi pohon hijau. Indah sekaliiii.
Pemandangan di sekitar kawah
Kita dapat sedikit menaiki gunung yang mengelilinginya. Di gunung ini kita akan menemukan pohon-pohon kering dan banyak ranting-ranting pohon yang berjatuhan dengan batu-batu kecil. Kita juga dapat melihat kawah dari atas. Spot foto terindah deh.
Dari sisi tengah
Dari sisi kanan

Kawah di sini cukup luas. Warna airnya bisa berubah-ubah tergantung cahaya matahari. Asap dari air belerang terkadang timbul sehingga menghalangi pandangan kita. Airnya juga menimbulkan bau belerang. Bila angin sedang bertiup, bau belerang dapat menusuk hidung kita dan membuat kita terbatuk-batuk. Maka, ada beberapa titik pada kawah ini yang dipasangi peringatan agar tidak terlalu dekat untuk menghindari keracunan asap belerang. Kalau mau aman sih, pake' masker. Cuma karena saya kesana lagi hujan, ya nggak perlu masker (padahal udah beli masker).
Asap Belerang (jangan mandi ya)
Jalan masuk/keluar
Pemandangan indah lainnya (ada kucing di pondok)
 Kawah ini akan memberikan kita pengalaman berbeda. Kita seolah-olah berada di salju karena tanahnya yang putih. Kawah yang luas dan air yang berwarna hijau kebiruan membuat kita seolah-olah berada di pantai. Pohon-pohon yang sebagian besar hanya tinggal batangnya dan sudah kering turut menciptakan suasana yang berbeda. Di sini juga terdapat batu-batu besar yang indah. Keindahan itulah yang membuat tempat ini menjadi tempat favorit bagi calon pengantin untuk melakukan foto prewedding. Oh ya, di pemondokan ada kucing lagi saling menghangatkan. Kasian 2 kucing itu kedinginan. Hihihi. Maunya saya kasih bedcover. Jangan lupa mampir kesini ya.

Sumber

23 comments:

Akmal Fahrurizal mengatakan...

Ia emang dingin banget di sana, tapi anehnya pas ada acara pelantikan himpunan dulu, saya sama temen2 junior yang lain disuruh gak pake baju sama sekali (telanjang dada), malem2 di sana. Kebayang dinginnya kaya gimana. :D

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

habis dari sumatera utara kemaren saya sempat main juga di kawah putih ini mut. menurut saya tempat ini tempat terindah dari semua objek wisata di bandung yang saya kunjungi.. untung aja mut kamu bawa motor, tiket buat mobil masuk aje gileee mahal beneeerrr 150.000 belum termasuk orang di dalemnya -__-.

saya dari bandung naik angkutan umum sih.. cuma ya kalo disuruh jalan dari pintu masuk sampe atas lumayan gempor mut, jauh juga looh.. mending naik ojek deh 25.000 pergi pulang..

al kahfi mengatakan...

berkunjung kemari , di postingan selalu di suguhi poto2,,hasil jepretan perjalanan..keren dech pokonya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

^akmal : wew, sampe ga pake baju malam2? haaaa?? saya udah kambuh tuh asma..

^Tri : beuh, untung ya saya pake motor. gile aja 150rb. tapi emang indah banget sihh

^al kahfi : iya indah :D

Cipu mengatakan...

Belom pernah kesini Mut.... Ntar deh pas di Indonesia :D

Mila Said mengatakan...

gw pernah kesini juga pas ujan.... dingiiiin bangeeet.. sampe gw nge-bajak jaket temen gw hahaha...
tapi emang bagus banget ya buat foto2 disana, hasilnya jd kyk foto studio :D

andriansyah s putra mengatakan...

aaaaaa envy.
aku mau banget ke kawah putih. udah beberapa kali di rencanain tapi gak jadi jadi :|
mau kesana. pasti bener2 keren banget ya kaak, pemandangan di sana :)

jeffry mengatakan...

sama siapa mut kesananya?
kok potonya ga ada =))

Elsa mengatakan...

sepertinya aku pernah kesana...
waktu SMA dulu. lupa lupa inget... ingat ingat lupa

duh, aku kok amnesia gini yaa

Baby Dija mengatakan...

bagunysssssssssss....

pasti bagus buat pemotretan ya Tante

Inge / CyberDreamer mengatakan...

huwaaaa... Pengen kesana... Kapan ya......?? Mungkin nunggu Zian agak gedhe an :)

foto2nya keren bikin makin ngiler...

Andy mengatakan...

Iya ini cocok kaya buat foto prewedding soalnya suasana & background yang alami menambah suasana romantis

catatan kecilku mengatakan...

Pengen juga kesana mbak... bagus tuh kawahnya.
Kalau kesana kudu bawa jaket ya? :)

Iwan mengatakan...

^jeffry : :))

Roganda mengatakan...

kesananya ama siapa ka mute..? iya koq g ada fotonya...?
tempatnya emang bagus banget terus dingin lagi...apalagi lagi ujan bisa kayak kulkas...brrrrr
ka mutia pulang nya ujan2an dong...ihhh romantis banget :))

Fahrie Sadah mengatakan...

Jadi ingat perpisahan almamater disana, ^^

welly mengatakan...

kayak di film2 korea nih..so sweett....WKWKKWKWK

Mas Jier mengatakan...

wah kawah putih ya?
saya juga pernah ke sana, tempatnya sejuk sekali.
Orang Bandung juga ya mbak.
Salam persahabatan dari Bandung Barat

Ejawantah's Blog mengatakan...

Tempat yang indah untuk dinikmati bersama keluarga dan orang-orang yang kita kasihi.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Asop mengatakan...

Meski kawah putih Ciwidey cuma gitu2 aja, saya tetep gak bosen kalo diajak ke sana. Indah. :)

Belajar Photoshop mengatakan...

apa gag ngeri jatuh kepleset iia tangganya seperti itu :(

suci ramadhani mengatakan...

Kakaak, salam kenal dari aku
Mau tanya2 nih, ada angkot ga sih ke kawah putihnya itu?
Soalnya aku mau kesana tapi kalo bawa mobil kan mahal bgt tuh uang parkirnya, jadi niatnya mau naik angkot aja hehe.
Minta rute angkotnya dong kaaak, pliss
:)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

ke atas kawah sih ada warna ijo dari pintu masuknya. cuma satu tujuan ke kawah putih doang kalo ngga salah.. pake motor aja, hehehe

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan