Oktober 11, 2011

Kota Tua Part 2 : Museum Fatahillah

Kali ini saya pergi ke tempat yang dulunya pernah menjadi kantor Gubernur Jakarta. Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.

Tampak depan
Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota (bahasa Belanda: Stadhuis) yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan itu menyerupai Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara. Pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.
Mungkin, isinya adalah sebuah sejarah :D
 Berbeda dengan Museum Bank Indonesia yang super mewah dan canggih, Museum Fatahillah itu rada biasa aja. Yang dipamerkan lebih ke benda2 bersejarahnya. Mulai dari keramik, meriam, furniture tempo dulu dari berbagai daerah, senjata, lukisan, dan sebagainya. Masuk kesini murah banget, cuma Rp. 2000. Pengunjungnya rame bangeeet. Kebanyakan sih para pelajar. Di buku tamu saya menyamar sebagai mahasiswa. Wajah saya cukup muda untuk masih disangka mahasiswa. Hahaha.
Berbagai senjata
Furniture sangat artistik
Keramik
Saya suka melihat furniture-nya. Klasik dan artistik banget. Bahkan ada meriam yang hampir sama dengan meriam di Kung Fu Panda 2 yang digunakan untuk nembak si Pho. Jadi teringat Indonesia di masa lampau. Oh ya, beberapa tempat sepi, atau lorong sepi, banyak pasangan2. Yah dimana pun spotnya deh. hehehehe. Saya lumayan menikmati masuk kesini. Silahkan datang kesini untuk menikmatinya :)
Seperti Meriam di Kung fu Panda 2

12 comments:

dv mengatakan...

kota tua emang ga ada matinya..banyak spot menarik buat dikunjungi :)

btw uda lama ni ga mampir..apa kabarrr mut mutt :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

baek dev.. i'm always doing good..

r10 mengatakan...

terakhir aku kesana waktu jaman sd kali, lupa aku

NuellubiS mengatakan...

eh setauku di sana bukannya ga boleh ambil gambar yah??

saidialhady mengatakan...

kota tua emang tempat yang gak ngebosanin untuk dikunjungin.. saya aja udah dua kali ke sana..:)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

oh suka ke museum juga ya...

Elsa mengatakan...

Hoihihiihihii
aku udah pernah kesana!!!
aku udah pernah kesana...

baru kali ini, aku gak iri banget sama postingannya Meutia.
Hahahahhaaaaa

biasanya langsung ngiler abiiiiissssssss

Baby Dija mengatakan...

jaman dulu pasti bagus banget ya Tante....

[L]ain mengatakan...

belum pernah kesana euy

H. Nizam mengatakan...

Saya sudah lama sekali tidak ke museum di kota, jadi membaca tulisan anda seperti nostalgia.

al kahfi mengatakan...

sy suka bangunan gaya arsitektur neoklasik,,desainnya abadi,,indah

Elsa mengatakan...

museum fatahillah ini keren banget deh bangunannya.

aku ngeri lihat penjara bawah tanahnya

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan