September 06, 2011

Aceh Part 2 : Buka Puasa di Rumah

Akhirnya saya melanjutkan perjalanan menuju Matang Glumpang 2, sebuah kota di kabupaten Bireuen. Disinilah rumah saya. Dulu sewaktu Papa masih kerja di Lhokseumawe, kami sekeluarga tinggal disana. Sekarang pindah ke Matang. Lama perjalanan Matang - Lhokseumawe sekitar 45 menit pakai mobil. Sedangkan Banda Aceh - Matang sekitar 4.5 jam pakai mobil. Jalan Lintas Sumatra ini agak kecil menurut saya. Karena cuma 2 jalur dan pengendara sepeda motor banyak sekali. Agak ngeri juga karena pengendara motor pada ugal-ugalan. Oh iya, kalian bisa menaiki mobil L300 (semacam travel di Jakarta) untuk pergi ke kota2 di Aceh. Bisa ke Meulaboh (Aceh Barat), Lhokseumawe (Aceh Utara), dll. Harga sekali jalan cuma Rp. 50rb ke Matang Glumpang 2.Cukup murah, tapi mobilnya nggak ada AC. Mengingat suhu udara di Aceh panasnya minta ampun, ya bersiaplah berkeringat. Buka aja jendela supaya banyak angin.

Saya selalu suka dengan perjalanan dari Banda Aceh menuju Matang karena melalui gunung Seulawah. Jalannya berkelok2, naik turun, tetapi pemandangannya sangaaat indah. Berhubung saya sedang memangku keponakan dan agak susah mengeluarkan kamera, jadinya saya hanya memfoto suasana di jalan dengan kamera Blackberry.
Pemandangan di Jalan
Belok kiri
Biasanya kita akan mampir di Saree, sebuah tempat di Gunung Seulawah. Disini menjual banyak sekali makanan dan minuman. Ada warung juga untuk makan berat. Jadinya kalo di perjalanan udah lapar, tinggal mampir untuk makan. Cuma kan kita sedang berpuasa, jadinya saya nggak mampir dan langsung melanjutkan perjalanan.
Saree dan awan mendung
Sesampai di rumah, saya peluk orang tua saya dan juga anggota keluarga yang lain. Waah, sudah setahun nggak pulang. Rasanya kangeeeeen sekaleeee. Apalagi para tetangga membaca buku saya dan mereka dengan semangat mengomentarinya. Saya jadi semakin senang. Saya juga heran, kok orang rumah lagi pada beres2. Well, rupanya bakalan ada acara buka puasa bareng di rumah, tapi diadakannya di kantin sebelah rumah.
Sibuk beres2
Tim ibu-ibu
Beberapa menu buka puasa yang khas di Aceh adalah es rujak, es bandung, onde-onde, risol, kurma, dan kue Adee (lafal 'e'-nya seperti bilang kakek, bukan 'e' di kata 'eneg'). Rujak aceh itu terbuat dari campuran buah2an yang di parut dan ditambahkan cabe rawit. Pernah nggak kalian minum minuman yang pedas? Kalian harus coba rujak Aceh kalo begitu. Kalo es bandung, minuman yang berwarna pink dan manis. Saya nggak tau juga cara bikinnya gimana karena saya nggak pernah bikin.
Aneka kue, rujak aceh, es bandung, kopi
Untuk kue Adee, saya nggak pernah makan sebelumnya. Baru kali ini doang. Rasanya manis banget dan teksturnya kenyal2. Saya kurang suka kue yang terlalu manis, tapi kue ini enak sekali. Cuma ada di Aceh dan nggak akan ada di tempat lain. Ini beberapa perkenalan saya untuk makanan dan minuman khas Aceh.
Kue Adee
Tinggal tunggu buka puasa
Walaupun saya posting ini seminggu setelah acara, tapi jadi pengen ada acara buka puasa lagi. Banyak makanannyaaa, hehehe. Oh iya, saya belum sempat blogwalking. Tapi tenang aja, bakalan saya usahain yah. Jangan lupa, nanti saya akan mengadakan giveaway yang hadiahnya berupa oleh2 dari Aceh. Tunggu kisah selanjutnyaa!!

14 comments:

Reza mengatakan...

hmmmm...woe u gampong yang mengasyikkan ni kayaknya. saleum!

aulia87 mengatakan...

enaknya ada di kampung nih :)

Gaphe mengatakan...

makanannya dah disiapin di meja duluan, ketahuan banget kebiasaan-nya ngaret datengnya pas jam-jam menjelang buka puasa. bener nggak?.. hahaha..

betewe, baru denger juga ada makanan kue adee gitu.. bentuknya sih keliatan enak - manis gitu. ini oleh-olehnya yaa??.. hehehe..

nita mengatakan...

wah aklo aku pgn cobain es rujaknya deh mba. kayanya pedeees n bikin seger gt he..he.. ditunggu oleh2nya :)

catatan kecilku mengatakan...

Hai... mumpung masih dalam suasana lebaran, aku mau ngucapin : Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin...

Semoga kali ini aku bisa ikutan giveaway-nya setelah kemarin gak sempat ikutan. :)

Amy mengatakan...

Paling bahagia berkumpul dgn keluarga tercinta :P Met menikmati liburan :P

NuellubiS mengatakan...

dari foto2 itu ketauan mbak itu banci foto. cuman mbak doang yang sadar ada kamera. hahahaha

Sketsaku mengatakan...

matang ternyata masih banyak pohonnya, alam pegunungan. klo dari jakarta ke matang pasti ngademmm tuhh

dunia kecil indi mengatakan...

wah, aceh.. aku jadi pengen nyicip kue adee, soalnya suka banget sama yg manis2, hehehe :))

Call me Batz mengatakan...

rujak aceh..aq mau...hahaha

Adittya Regas mengatakan...

uhh kalau jalannya naik trun gunung trus liuk2 kaya ular. biasannya saya mabok ka, dan tinggal siapin kantong kresek haha

r10 mengatakan...

jalannya tampak mulus dan terawat, ga berlubang

Penghuni 60 mengatakan...

judulnya buka puasa dirumah.
rumahmu mana Mut?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

waduh rujak aceh..mmm mau cobain deh. kalo kue adee kayaknya gak deh, soalnya gak suka manis

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan