September 14, 2011

Aceh Part 6: Batee iLiek

Sepulang dari Samalanga, saya dan keluarga melanjutkan perjalanan ke Sungai Batee iLiek. Sungai ini sebenarnya adalah tempat wisata. Airnya sangat jernih dengan batu-batu besar di sepanjang sungai. Dulu sewaktu masih kecil, saya sering mandi disini. Airnya sejuk banget sih. Oh ya, air sungai ini juga mengairi sawah dan selokan rumah. Tapi tenang saja, walaupun selokan, airnya jerniiih sekali. Banyak anak2 mandi di selokan depan rumah.
Tampak dari atas
Sewaktu saya datang kesini, air sungainya lagi surut. Jadinya terlihat banget batu2annya. Biasanya cuma muncul sedikit2 doang. Tapi nggak apa2lah, yang penting bisa menikmati indahnya pemandangan. Diatas sungai dibuat sebuah jembatan yang menghubungkan Jalan Lintas Sumatra. Kalo lihat ke arah jembatan, maka akan tampak gunung tinggi dan hijau.
Airnya sedikit ya
Jembatan dan gunung
Batee Iliek adalah gabungan dari  kata Batee yang berarti batu, dan iliek yang berarti mengalir. Jadi mungkin bisa diartikan Sungai Berbatu yang airnya mengalir (mungkin). Kalau kalian kesini, jangan lupa untuk mandi dan makan karena banyak sekali Cafe di pinggir sungai. Saya makan mie Aceh seporsi cuma Rp. 5000 dan rasanya enaaaak sekaleeeee!
Mie Aceh Rp. 5000
Cafe dan Tempat Makan
Jalan menuju Batee iLiek
Baiklah, di Next Post, acara giveaway oleh2 dari Aceh bakalan dibuka deh. Ditunggu yaaa.

15 comments:

tito Heyziputra mengatakan...

wah jadi ingat wisata jembatan akar d kampung aku d padang..

kak, sblumnya minal aidin walfaidzin ya, masih d aceh ya??

aku jg suka tuh berenang dsungai2 yg banyk batu pegunungan gitu, bangga deh jadi orang sumatra..

oh iya masih penasaran gmna cara baca batee iliek.. dialeg aceh kan khas.. :D

ErvinaLutfi mengatakan...

wqwq jadi pengen ke aceh...umumumuuuw :3
kunjungan balik ya...

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

buseett rame benerrr...


musim kemarau gini airnya cuma dikit, kalo mau mandi jadi agak kurang nyaman lah ya.. kalo airnya penuh mungkin akan terlihat lebih bagus ya mut.

NuellubiS mengatakan...

wuah murah sekali.. di tempat saya aja 9ribu tapi itu di tahun 2008. sekarang mungkin udah naik.hehehe

Skydrugz mengatakan...

mienya murah ya...

5000 doang :D

CHIPMEDIA OKUS mengatakan...

Bolehlah klo pulang dari Aceh mampir ke Sumatera Selatan, tapi bawa mie Made In Aceh yaaa ( pesen ame nodong nih )...hehehe

H. Nizam mengatakan...

Aceh memang istimewa, orangnya, daerahnya, makanannya.
Dekat rumah saya ada rumah makan mie Aceh "Bang Jali", semua yang disuguhi enak.

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

disana juga kekeringan ya mut
mie acehnya murah cm 5rb disini dapet gak ya 5rb hehehe

asik mau ada giveaway gak sabar nunggu :D

Ferdinand mengatakan...

Waduh ada Mie Aceh aku juga suka tuh haha... :) gak ada yg bisa di paketin tuh Mienya hahahaa... *Plak

eh tapi itu biarpun kering cuma batu gitu tapi bisa keisi air lagi ya sungai atau gotnya itu? jadi pengen refreshing ninggalin Jakarta :)

Met aktivitas.. :)

Dhani mengatakan...

musim kemarau dimana-2 ya?

btw mie aceh enak tuh ngiler saya liat nya.. yummy :)

r10 mengatakan...

saya malu mandi di sungai he he

Idroes Bin Haroen mengatakan...

batee iliek tahun 90-an jauh lebih bagus. namun, mesumnya gak ketulungan, apa apalagi di seberangnya padahal ada pos tentara di situ (BKO).sekarang airnya sudah jauh menciut setelah konflik berakhir, penebangan terus berlansung selama awak gam hana le di atas sana.

saleuem mameh teungku dari meureudu.(http://idrusbinharun.blogspot.com/2011/08/spaghetti-from-aceh-mie-caluek.html)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aduh mie aceh itu enak lho. saya suka beli di food court. tapi aslinya pasti lebih enak ya.

zone mengatakan...

kayaknya enak tuh mie acehnya...
bisa dikirim ke balikpapan ga mbak...?
:P

Elsa mengatakan...

pingin mie aceeeeeh....
kelihatannya pedes

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan