September 22, 2011

Aceh Part 10 : Lhok Nga Beach

Masih stay di Banda Aceh, kali ini saya berjalan2 hampir ke semua pantai indah disana. Maklumlah, tinggal di Jakarta dengan Pantai Ancol yang jauuh dari keindahan membuat saya benar2 ingin bermain di Pantai Aceh yang terkenal sangat indah.
Pesisir Pantai Lhok Nga
Banyak Batu
Perjalanan Pantai pertama adalah ke Pantai Lhok Nga. Lokasinya berada di Pantai Barat Sumatra, Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar. Hal yang menjadi perhatian saya di Pantai ini adalah ombaknya sangaaaat ganas. Deburannya menyeramkan dan hempasan ke karangnya sangat hebat. Kalian tau, pantai ini memiliki gelombang tertinggi ketika tsunami Aceh tahun 2004. Ada yang bilang gelombangnya sampai 35 meter dan membuat PT. Semen Andalas Indonesia (SAI) luluh lantak dan mengalami kerusakan sangat parah sampai ke pilar paling atas pabrik. Bahkan kapal pengangkut batu bara dengan panjang 72 meter bisa parkir dan memblokir jalan ke Aceh Barat karena terbawa gelombang tsunami. Saya masih merinding ketika mengingat hal itu. Subhanallah...
Ombaknya Ganaaaaaaasss
Menghempas karang dengan powerfull dan tinggi ombaknya
Hasil hempasan ombak juga
Keistimewaan Pantai ini adalah keindahannya dengan Pasir putih dan ombak hingga 3 meter di pesisir yang sangat bagus untuk berselancar (kalau berani). Beberapa pinggiran pesisir ada di batasi dengan batu2 (zona) tempat diperbolehkan berenang. Mengingat banyak sekali pusaran air disini dan tidak bisa sembarang berenang. Apalagi arus lautnya menyeramkan dan perbatasan pantainya langsung ke Samudra Hindia. Huoooo!
Tempat boleh berenang
Dari Pusat kota Banda Aceh ke Pantai ini kurang lebih memakan waktu setengah jam. Bisa lebih cepat kalau kalian ngebut karena jalan menuju Pantai ini sangat lebar dan asyik untuk 'nyetir. Seperti kebanyakan Pantai yang saya temui di Aceh, banyak sekali tumbuh Pohon Cemara. Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara. Banyak saung dan rumah-rumah panggung juga di sekitar pantai, ahh bikin betahh.. Oh iya, ada tulisan "Jangan Bermain2 di Sekitar Sini" di salah satu bukit yang ada di pesisir pantai. Karena ada tulisan yang bikin penasaran, justru saya malah mendekati bukit itu. Ehhh, langsung dipanggilin sama orang2 yang tinggal di rumah2 panggung dan disuruh balik. Hmm, saya penasaran, kenapa nggak boleh ya? Ada hantu 'gitu? Well, saya ngga percaya hantu. hehehehe.
Saung
"Jangan Bermain2 Di Sekitar Sini"
Oke, sampai jumpa di Pantai berikutnya. Oh iya, masih ada waktu untuk mengikuti giveaway saya nih. Alhamdulillah udah banyak yang ikut. Yang belum ikut, ayo ikutann! Hadiahnya oleh2 dari Aceh ^_^
 Syaratnya gampang :
1. Tuliskan, "Apa yang kamu ketahui tentang Aceh?"
2. Taruh link postingan kalian di kotak komentar.
3. Kalau kalian pernah mem-posting sesuatu tentang Aceh, tinggal taruh linknya di kotak komentar dan saya akan langsung berkunjung.
4. Atau kalian mau langsung jawab pertanyaan di atas dalam kotak komentar boleh juga kok. Langsung tercatat sebagai peserta asalkan tulisannya minimal 3 kalimat yah.
5. Paling lambat tanggal 25 September 2011.
Ditunggu yaaa!!

25 comments:

Adittya Regas mengatakan...

Itu lucu banget dibuatin kolam spesial gitu ukurannya kecil lagi.

nah saya jadi ikut penasaran nih ka sama "Jangan Bermain2 di Sekitar Sini" ada apa ya disana??? ini misteri yg harus dipecahkan... hha

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

itu pantainya di dominasi batuan2 keras yang besar yah.. cukup bersih juga nih mut pantainya.. rasanya juga nggak bisa terlalu berharap dengan pasir putih.. karena nggak keliatan tuh adanya pasir putih sepanjang pantai.. :D

mungkin nggak boleh bermain disana karena ada tempat orang mandi.. hohoho... *ngawur*

Meutia Halida Khairani mengatakan...

^adit : hahahaha, apaan sih misteriii. masi ngakak!

^tri : iya kebanyakan batu. tapi ada satu sisi lagi untuk surfing n ngga mampir karena siang n sepi. serem karena ombak gede bgt :-O

H. Nizam mengatakan...

Keren banegt pantainya.
Pantas anda betah disana.

Rubiyanto Sutrisno mengatakan...

wah, keren banget pantainya. Bebatuannya, jadi inget Ancol ...

catatan kecilku mengatakan...

waaa... udah mepet waktu penutupan giveawaynya dan aku belum dapat ide #panik

Bang Pendi mengatakan...

Wah, cerita tentang Acehnya dah yg ke 10. Bang Pendi ketinggalan banget ya...
Klo soal pantai, Bang Pendi paling seneng tuh...sayangnya ga bisa berenang, hehe

andriansyah s putra mengatakan...

kalo ada tulisan yang dilarang malah penasaran ya kaak :D heheheh.
tapi kaka udah tau belum alesannya kenapa di larang?
dan pantainya terlihat seram yaa karena ombaknya itu. tapi tetep kereeeen heheheheh.

the others mengatakan...

Akhirnya aku bisa ikutannnnn....
Cek di sini ya...? :)

zone mengatakan...

pantainya bagus nii.....
atau kameranya yg bagus ya..?

:P

salam kenal ya mbak...
ijin follow dan pasang link mbbak ya..
:)

Agam mengatakan...

sya udah lama jga gx ke banda aceh lg ne....
trakhir tahun 2008. ne saya kasih link waktu liburan ke sabang

yayack mengatakan...

ga trauma dgn tsunami kali ya muter muter melongok pantai dgn ombak yg katanya ganas hehe.. Masih ttp indah ya walopun pernah di terjang tsunami hehe...ga trauma dgn tsunami kali ya muter muter melongok pantai dgn ombak yg katanya ganas hehe.. Masih ttp indah ya walopun pernah di terjang tsunami hehe...

Pakde Cholik mengatakan...

Saya memang belum pernah ke Aceh, dan ingin suatu saat bisa berkunjung ke Serambi Mekah, namun sebagai seorang pensiunan serdadu saya tentu sedikit banyak mengetahui tentang Aceh baik dari buku yang saya baca maupun dari berita-berita yang saya kumpulkan maupun kegiatan yang saya lakukan.

1. Aceh tak dapat dilepaskan dari sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia melawan kaum penjajah. Heroisme Teuku Umar, Cut Nya' Din, Teungku Cik Di Tiro dan pejuang-pejuang Aceh lainnya yang tak diragukan lagi merupakan sumbangsih tak ternilai bagi kemerdekaan Indonesia.

2. Kecintaan rakyat Aceh kepada republik ini juga ditunjukkan dengan sumbangan rakyat Aceh kepada pemerintah dalam bentuk sebuah pesawat terbang pada awal kemerdekaan yang tentu bermanfaat bagi pemerintah untuk mengisi kemerdekaan.

3. Pergolakan di Aceh yang dimotori oleh sekelompok orang merupakan suatu dinamika yang banyak juga dihadapi oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Pergolakan ini tentu mengakibatkan derita yang cukup panjang bagi rakyat Aceh. Kita wajib bersyukur bahwa pada akhirnya pergolakan itu bisa diatasi. Saya yakin rakyat Aceh kini bisa hidup lebih baik , tenteram dan bangkit untuk melanjutkan pembangunan.

4. Cobaan yang maha dahsyat dari Allah Swt berupa tsunami mau tidak mau harus diterima dengan penuh kesabaran. Jika suatu fenomena alam tak bisa dicegah oleh manusia maka harapan kita tinggal satu yaitu bersandar dan memohon pertolongan kepada Tuhan agar benturan lempengen yang ada di bawah permukaan laut itu dampaknya tidak terlalu dahsyat.

5. Diluar semua itu, saya sangat mengagumi dan menikmati tarian Aceh (tari Saman) yang sangat dinamis, kompak dan dimainkan oleh pria/wanita Aceh yang cantik dan gagah-gagah dengan busana yang mempesona.Bukan hanya saya, tetapi orang-orang asingpun berdecak kagum melihat tari Aceh ini.


6. Last but not least, seorang anak buah ( serdadu juga) pernah memberi oleh2 berupa sebuah kopiah dari Aceh. Pas di kepala dan pas di hati.

Itulah ringkasan tentang hal-hal yang saya ketahui tentang Aceh.

Sukses acaranya nduk.

Salam hangat dari Surabaya

NuellubiS mengatakan...

it's so wonderfulll!!!!! tidak seperti yang baru aja taun 2004 lalu kena tsunami... :D

mila mengatakan...

aku udah pernah kesini.yg ada tebing bekas kehantam tsunami itu kan? jadi ngeri bayangin tiggi gelombangnya dari liat cetakan di tebing itu. Tapi pantainya emang keren banget. bersih & bening

Belo Elbetawi mengatakan...

Subahanallah.. pantainya indah bangett ^__^ kapaannn yaakk.. bisa jalan2 kesana..

Belum pernah ke aceh, jadi buta banget tentang aceh.. gak dapet hadiahnye deh.. hiks..hiks...

lam ukhuwah ya sista :)

Amy mengatakan...

Pemandangannya indh banget ya :P i like it :)

Aulia mengatakan...

Akhirnya ada postingan wisata juga dari Rancupid, keren dah biar buat orang makin tertarik untuk menikmati keindahan Aceh :)

Muhammad-Dadan mengatakan...

Memang banyak tempat indah di nusantara ini. Sayang infrastruktur ke sana jauh dari memadai. Kalau ada rejeki dan kesempatan ingin sekali ke Aceh.
Salam kenal Ya :)

Adittya Regas mengatakan...

ka aku udah buat tulisan yg mau di ikut sertakan nih hhe...

jgn kaget ya :D

http://www.adittyaregas.com/2011/09/tentang-aceh.html

Rawins mengatakan...

pantainya keren tuh
kelihatan bersih ga seperti pantai disini yang penuh sampah
kapan bisa kesana ya..?

r10 mengatakan...

aku pernah nonton National Geographic, katanya di pantai aceh ada yg tsunami setinggi 30 meter, tinggi sekali

Zulfadhli's Family mengatakan...

Dear.

Sayang yach.... potensi wisata yang belum di kemas secara profesional dan nyaman di pandangn mata... saung2nya masih sangat buruk dan tradisional.... coba di perbaiki dan di perbaharui.... besaaarr sekali kemungkinan banyak turis maen ke sana apalagi ombak yang gede... tantangan buat surfer...


Regards,
... Ayah Zahia ...

Elsa mengatakan...

yah... aku telat lagi
:(


pantai lhok nga itu yang kena tsunami dulu yaaa
kalo gak tsunami aja ombaknya ganas
apalagi waktu tsunami yaaa

Baby Dija mengatakan...

Dija pingiiiiiiiiiiin banget ke pantai Tante
tapi yang gak banyak batunya

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan