Agustus 08, 2011

Sedikit Perbedaan Antara Rasulullah dengan Kita

Teman, ada hal menarik mengenai ceramah tarawih semalam yang memaparkan tentang perbedaan kita dan Rasulullah SAW. Ternyata perbedaannya hanya sedikit lho. Mau tau? Ceramah ini disampaikan oleh Ustadz Nur Achmad, MA. (Dosen Kajian Islam STIE Ahmad Dahlan, Jakarta).

1. Rasulullah sedikit tidur, sedangkan kita sedikit-sedikit tidur. Beliau banyak menghabiskan waktunya untuk memikirkan umat, beribadah, dan berdagang. So, jangan sampai kita terlalu banyak tidur.

2. Rasulullah sedikit makan, sehingga beliau badannya sehat, tidak gemuk, dan tidak mengantuk. Ketika kita makan banyak, otomatis akan mengantuk. Perbedaannya dengan kita adalah, kita sedikit-sedikit makan. Diundang ke sana, harus ada makan2. Diundang kesini, juga harus ada makan2. Hahaha, memang ada benarnya yah.
3. Rasullulah sedikit-sedikit ber-istighfar, sedangkan kita sedikit ber-istighfar. Rasulullah ber-istighfar tidak kurang dari 100 kali sehari. Padahal Allah SWT telah menjamin syurga yang sangat indah untuk beliau, tetapi beliau masih teruuus beristighfar.
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (iaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”. (Al-Ahzab:21)
Ada hal menarik lainnya ketika saya shalat tarawih. Banyak yang membawa smartphone dan browsing-an ketika lagi ceramah. Bahkan, sempat foto2 di mesjid. Mungkin langsung di upload juga kali yah. Wah, mendingan kayaknya nggak usah dibawa deh 'tu smartphone. Pasti mengganggu ke-khusyukan ibadah. Kecuali memang ada keperluan mendadak atau mesjid benar2 jauh dari tempat tinggal. Semoga bermanfaat :)

17 comments:

Putri Baiti Hamzah mengatakan...

Rasululullah sedikit-sedikit sedekah,kita juga sedekah dengan sedikit dari yang kita punya...

Benar sangat sedikit perbedaan kita dengan Rasulullah ya,kak meut?^^

Hmmm..coba itu smartphone dipake buat tilawah aja ya,kan jauh lebih manfaat,cuma,beda kepala tentunya beda pandangan..

Happy fasting ya kak meut^^

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

wah, saya pernah disms temen dengan ketiga poin di atas mbak, malah ada tambahannya. Rasululloh sedikit2 bersedekah, sedangkan kita sedikit bersedekah. kalau di mesjid yang saya sholatin kebanyakan anak-anak mbak. jadi ribut gitu >.<

Claude C Kenni mengatakan...

Setuju soal sedikit makan, jadi tidak mengantuk. Kalo kekenyangan, tubuh bekerja ekstra keras untuk mencerna, makanya jadi ngantuk...

Ferdinand mengatakan...

Iya sama kaya Ajeng aku pun kayanya pernah di sms-in 3 point dipostingan ini hhe... aduh dari 3 hal sederhana itu aja, udah keliatan banget bedanya aku (gak usah kita deh ntar repot klo yg ngerasa aku doank hhe) sama Rasulullah :)semoga kita bisa ngikutin tuladannya ya... AMIN

Met aktivitas :)

NuellubiS mengatakan...

secara tak langsung ini menyarankan gw untuk diet. haahhaa

Mila Said mengatakan...

kalo untuk urusan sedikit tidur dan sedikit makan aku ga berani ah ikutan Rasulullah... puasa gini aja kurang tidur, kurang makan tadi pagi gw nyaris nabrak motor pas nyetir -_-"

Sofyan mengatakan...

Kalau beliau sedikit² beramal tapi kita sedikit beramal..

Kalau beliau sedikit² berkorban tapi kita sedikit berkorban..

.:diah:. mengatakan...

Subhanallah, Rasul itu emang TOP banget yaaa...

Dhe mengatakan...

benar banget yah.. qt dikitpun blum mencontoh Rasullulah sbenarnya., hikz..
cb qt bs menteladaninya dengan benar2 pasti bahagia. ga kurus atw gemuk2 amat. banyak ibadah, dll..

:D hehehe

exort mengatakan...

kalau gw bisa sama ama Rosul gw bisa2 jadi Rosul juga dong
hehehhehe
becanda
eh gw setuju tuh, tp kalo memang harus bawa, matiin aja tuh hp, simpen di tas atau di celana, kalau uda kelar baru nyalain lagi

Lozz Akbar mengatakan...

mampir mbak Nad.. mau ucapin met sahur...

semoga kita sebagai umatnya bisa selalu meneladani sifat-sifat Rasul..

saya kelihatannya ada satu tuh, jarang tidur tapi bukan karena ibadah.. karena insomnia akut.. ah semoga saya bisa juga memanfaatkan anugerah insomnia ini dengang banyak istigfar.. astaghfirullah hal adzim

Multibrand mengatakan...

Ooooh begitu ya .....
Memang benar perbedaan antara kita dengan Rasullulah terletak pada kata 'sedikit'.

soulful^^~ mengatakan...

bagus postingannya mbak,,
makasih ya uda berbagi ilmu disini :)

r10 mengatakan...

kebanyakan tidur ga enak, suka mimpi buruk :(

Penghuni 60 mengatakan...

wah, yg ini perlu aku save nih,
PENTING

zone mengatakan...

teladan yg baik bisa dilihat pada diri rasulullah.....

zone mengatakan...

mirip dengan postingan saya yg ini tentang rasulullah....

http://zonesa.blogspot.com/2010/09/suri-tauladan.html dan http://zonesa.blogspot.com/2011/05/sebuah-teladan.html

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan