Agustus 09, 2011

Padang Mahsyar

Baru-baru ini saya dipinjamkan sebuah buku oleh teman saya Atri. Katanya saya wajib baca supaya teringat pada kematian. Awalnya saya shock, wah, judulnya seram sekali. Cuma karena bukunya tipis, ya udah deh saya baca.

Judul Buku : Mahkamah Peradilan Padang Mahsyar
Karangan : Ust. Labib MZ
Penerbit : Bintang Usaha Jaya Surabaya
Harga : Wallahu'alam
Tebal : 144 halaman

Saya ceritakan sedikit isi dari buku ini. Semoga dapat menjadi bahan renungan kita semua.

Bab I : Menjelaskan tentang Alam Barzah. 
Ketika kita meninggal, malaikat Munkar dan Nakir akan bertanya beberapa pertanyaan kepada kita. Setelah menjawab pertanyaan, kita dimasukkan ke Alam Barzah. Alam ini merupakan suatu taman dari taman syurga dan juga merupakan lubang dari lubang2nya neraka. Semua itu tergantung jawaban dari pertanyaan kita ketika ditanyai oleh Malaikat. Dalam Bab ini juga menjelaskan tentang terjadinya hari kiamat. Saya rada menahan napas sewaktu membaca tanda2 kiamat besar:
1. Matahari terbit dan muncul di sebelah barat
2. Adanya binatang ajaib yang muncul, binatang itu dapat berbicara. Saya pernah membaca di sebuah buku kalau binatang ini adalah reptil yang meminum habis seluruh air di muka bumi.
3. Keluarnya Imam Mahdi
4. Keluarnya Al-Masih Dajjal
5. Keluarnya bangsa Ya'juj dan Ma'juj. Bangsa ini masih misteri. Saya jadi ingin membeli buku atau membaca banyak jurnal tentangnya. Mereka adalah bangsa yang akan membuat kerusakan di muka bumi.
6. Turunnya Nabi Isa As
7. Keluarnya asap (awan)
8. Rusaknya Ka'bah
9. Lenyapnya Al-Qur'an dan mushaf dari hati
10. Seluruh manusia telah kafir semuanya.

Bab 2 : Menunggu sidang di Padang Mahsyar
Di saat terjadi kiamat, Allah SWT telah memusnahkan dan menghancurkan segala makhluk. Gunung, pohon, gedung, semuanya telah hancur. Tiada tempat untuk berteduh. Rasulullah bersabda, "Matahari akan di dekatkan kepada manusia di Padang Mahsyar di hari qiamat sekedar satu mil.." (Hadist riwayat Imam Muslim). Tapi ada orang2 yang diberikan naungan oleh Allah yang diriwayatkan oleh Abi Hurairah r.a diantaranya:
1. Pemimpin atau penguasa yang adil
2. Seorang remaja yang mengawali keremajaannya dengan beribadah kepada Allah swt
3. Seorang lelaki yang hatinya dipautkan dengan mesjid2
4. Dua orang yang saling mencintai karen Allah
5. Seseorang lelaki yang ketika dirayu oleh seorang wanita bangsawan ia menjawab : "Sesungguhnya aku takut kepada Allah".
6. Seseorang yang mengeluarkan sedekah kemudian disembunyikan, sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat tangan kanannya.
7. Seorang yang berzikir kepada Allah di tempat sunyi hingga kedua matanya mencucurkan air mata.

Bab III : Jalannya sidang di Padang Mahsyar
Kalian mau tau siapa saja yang ada dalam susunan sidang? Berikut ini daftarnya:
Hakim : Allah SWT
Jaksa : Malaikat Raqib dan Atid
Pembela : Nabi dan Rasul
Saksi : Allah, Malaikat, Kitab amal, anggota badan.
Terdakwa : seluruh manusia dan jin
Penonton : Malaikat, Nabi dan Rasul, manusia dan jin
"Pertama kali amal manusia yang akan diperiksa di hari kiamat adalah perkara shalat."
Bahkan shalat adalah wasiat terakhir nabi Muhammad sebelum meninggal, "Jagalah shalat...! Shalat..! begitulah hamba sahayamu!

Bab  IV : Surga dan Neraka
Setelah amal perbuatan kita di periksa, bukti2 dalam kehidupan di perlihatkan, tahap pembelaan, pemberian syafa'at, penimbangan amal (Al-Mizan), pemberian kitab amal, dan berjalan melewati jembatan shirathal mustaqim, baru kita bisa diputuskan masuk neraka atau syurga. Melalui jembatan shiratal mustaqim tidak mudah. Apalabila tergelincir, maka masuklah kita ke dalam neraka. Neraka ada bermacam2 : Jahannam, Jaahiim, Hawiah, Wail, Lazha, Sa'ir, Saqar, Huthamah. Kalian tau, "Seringan-ringannya siksaan ialah seseorang yang dipakaikan padanya sepasang alas kaki dan dua buah pengikat dari api neraka. Dari keduanya itu mendidihlah otaknya seperti mendidih air di kuali..." (Hadist riwayat Bukhari, Muslim, dan Tarmidzi). Jangan pernah terbersit sedikit pun perasaan untuk menyepelekan neraka. Bagaimana dengan surga, bahkan kita tidak akan bisa membayangkan keindahan dan kenikmatan yang tidak akan habis kita peroleh didalamnya.

Bab V:  Vonis dari Mahkamah Padang Mahsyar
Setelah penerimaan vonis dan masuk neraka, maka mulailah penyiksaan dalam neraka. Alat2 untuk menyiksa berbagai macam : Belenggu, rantai2, palu dari besi, cambuk dari besi, api yang bergejolak dan menyala2, timah dan air yang mendidih, binatang buas yang menjijikkan, nanah dan darah sebagai makanan dan minuman. Allah menugaskan para malaikat yang sangat sadis, yaitu malaikat Zabaniyah. Malaikat Malik yang menjaga neraka juga sangat kasar. 
Bagaimana dengan syurga? Ketika memasuki pintu syurga, malaikat Ridwan akan menyambut dan memberikan salam pada kita. Surga dipenuhi hal indah, para bidadari, buah2an lezat, istana indah, dll. 

Semua tergantung amal perbuatan kita didunia. Mumpung bulan puasa, mari perbanyak amal dan perbuatan baik sebagai tabungan akhirat kelak :)

13 comments:

Riska mbem mengatakan...

bagus banget mbak review isinya! Nyari d toko buku bakalan masih ada ga ya?

Dhymalk dhykTa mengatakan...

Aslm.wr.wb
berbicara padang Mahsyar, meneteslah aor mata ini mengingat begitu banyak dosa, panjangkanlah umur ini Ya Dzat Yang Maha Berkehendak, agar kami bisa melunasi dosa kami dgn lumuran pahala,amin

joe mengatakan...

mumpung masih bulan puasa mari kita berbuat amal sebanyak banyaknya

r10 mengatakan...

masalahnya masih banyak muslim berpikir hanya dihukum di neraka barang sesaat saja

*benar2 pemikiran yg keliru

ningsyafitri mengatakan...

Baca buku2 yang kayak gituan buat merinding euy... >.<
Dan makin penasarannn dgn apa yg sbnrx akan terjadi d Bumi.

Rahasia Allah memang tak pernah ada yg tahu...

Multibrand mengatakan...

Posting yang sangat sesuai untuk dibaca pada bulan Ramadan ini, mengingatkan kita untuk selalu melakukan kewajiban kita sebagai umat Islam.

Urkhan mengatakan...

kayaknya mantap buat dibaca nih

urkhanblog.com

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Pas buat pencerahan bagi kita semua. Terbitan tahun 2011 kah dan sudah sampai cetakan ke berapa ya?

catatan kecilku mengatakan...

Bagus mbak bukunya,.. reviewnya juga.

Ayooo.. segera perbaiki sholat #mengingatkan diri sendiri#

Cikal mengatakan...

Merinding rasanya apabila sudah membicarakan alam mahsyar,.

Cikal mengatakan...

Merinding rasanya apabila sudah membicarakan alam mahsyar,.

Skydrugz mengatakan...

bacaannya betul2 berat....

Penghuni 60 mengatakan...

cocok bgt tuh bwt nungguin bedug maghrib
:)

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan