Juli 28, 2011

The Social Media

Pada awalnya, saya tidak mengira kalau impactnya akan seheboh ini. Orang tidak pernah tau tentang dia, bahkan saya pun tidak tau. Tapi dia dekat, dan duduk di sebelah saya.

***
Aku masuk ke kamar Arya. Seperti biasa, untuk mengajak makan malam di warung tenda deket kosan. Saat itu dia baru beli Blackberry baru. Bukan BB yang mahal sih, cuma gemini biasa. Cuma kenapa dia harus punya 2 bebe. "Buat apa yg satunya lagi?" tanyaku. "Buat jualan. Jadi lebih gampang aja." Dan aku maklum.

Beberapa minggu setelah dia beli bebe baru, aku hanya heran, dia jadi autis dan hampir tidak pernah lepas dari bbnya. Sebegitu larisnya kah dagangannya sampai2 dia selalu... selaluu.. stay on bb screen dan aku marah, "Heh, lama2 gw sita juga tuh bebe. Loe aneh deh, bebe pribadi lo aja ngga sebegitunya lo pake padahal itu bebe Torch. Ini cuma gemini biasa, lo autis banget." Dia cuma ketawa, "Seru tauu." Gw minta bebenya, "Coba liat lo ngapain aja." Dia menggeleng, "Eits, ga boleeeh!"

Suatu hari, aku nongkrong dengan teman2 kampus di sebuah Cafe dan tidak mengajak Arya, males ngajak dia ah. Sok sibuk! Temen2 kampus bilang kalo sekarang ada trending topic di twitter dan itu dari Indonesia. Wew, berhubung aku agak males bertwitter, jadinya nggak tau. Temen2 pada bilang, yang bikin tren di twitter udah di follow ratusan ribu orang dan twitnya lucu2 banget. Beberapa twitnya ada yang berisi nasehat, ada yang berupa pertanyaan. Tapi tetep aja,di retweet sama ratusan ribu orang. "Lo tau, bahkan kalo akun itu yang beriklan, pertwitnya di bayar Rp. 750rb." Aku kaget, "Seriusan?? Mahal amat." Temenku jawab, "Soalnya kantor gw pernah suruh 'tu akun ngetwit tentang produk kantor." Aku semakin penasaran, "Apa akunnya biar gw follow?"

Aku ke kamar Arya lagi. Tapi kok nggak ada orangnya. Mungkin 'tu anak lagi di kamar mandi kali yah. Aku melihat ada yang berkelip2 di laptopnya. Ketika kudekati, dia lagi menyalakan tweetdeck. Ternyata dia suka nge-twit juga. Tapi ada yang aneh, kelap-kelip tweetdecknya cepat sekali (tanda kalo banyak banget yg ngetwit). Masih positive thinking, mungkin aja dia follow banyak orang dan orang2 itu rajin update status. Tapi kenapa column mention bergerak sangat cepat. Bahkan sangat sangat cepat. "Eh Na, lo udah datang?" Aku kaget karena ada Arya di belakangku. Arya langsung jalan ke laptop dan mematikannya. Tapi aku penasaran, "Banyak banget yang mention elo deh tadi." Arya dengan nyantai menjawab, "Kan gw jualan. Banyak yang pesen barang yang gw jual." Aku masih heran, "Emang lo jualan apa sih?" Arya keliatan pura2 nggak ngedengerin dan keluar dari kamar kos, "Ayo keluar, gw udah lapar!"

Aku makan di Cafe bareng Arya. Aku bilang kalau sekarang aku jadi suka baca twit dari akun @xYz yang teruuus saja jadi trending topic di twitter. Padahal sebenarnya isi dari twitnya biasa aja. Cuma nanya tentang cinta, gimana kalo putus dengan pacar, ramalan bintang, dll. Arya keliatan biasa aja menanggapinya. Maklumlah, cowok kadang agak males kalo diajakin nge-bahas cinta-cintaan. Arya masiiih aja dengan bebenya dan bikin aku manyun. Aku buka twitter juga, lalu baca twit:
@xYz : menurut kamu, cowok suka nggak ngedenger curhat?
Langsung gw retwit : Enggaaaak, @xYz : menurut kamu, cowok suka nggak ngedenger curhat?
Aku tunjukin ke Arya, "Nih lihat, pas banget udah di twit sama @xYz kalo cowok nggak suka denger curhat." Arya cuma bilang, "Wah bener banget tuh," dengan cueknya.

Beberapa kali baca @xYz bikin acara di Mall. Follower twitternya disuruh mencari kata2 cinta di setiap sudut Mall yang tertulis di sebuah kertas di tembok. Dari foto2 yang di upload menggunakan hashtag #kalimatcintaditembok, keliatan kalo banyaaaak banget follower yang rela datang ke Mall itu dan memfoto kalimat2 cinta itu. Bener2 si @xYz, tenar banget.

Aku datang lagi ke kamar Arya, kali ini tiba2 datangnya, nggak ngasih tau dulu. Arya terlihat siap2 mau pergi. "Gw ikut!" kataku. "Lho, serius?" heran Arya. "Daripada gw bosan di kosan." Akhirnya aku ikut Arya ke sebuah Mall. Aku heran melihat begitu ramenya orang yang membawa kertas bertuliskan kata2 cinta. Aku langsung baca twitter. Ternyata benar, Mall ini yang dipilih @xYz untuk tujuan trendnya. "Arya, jangan2 lo juga nge-fans ya sama @xYz??" Arya langsung bilang, "Capedeee. Cowok ga suka nge-twit lebay-lebay gitu tauuu." Aku melihat Arya mengeluarkan kamera SLR dan mempotret para pengunjung itu, "Karena ini fenomena, maka harus gw abadikan." Aku melihat hasil foto Arya dan terkikik sendiri. Aneh2 aja deh orang2.

Aku maen lagi ke kamar Arya. Kali ini aku nggak tau dia ada dimana dan laptopnya nyala. Aku lihat dia lagi mengedit foto para pengunjung kemarin. Karena takut dimarahin Arya, aku cuma mengambil komik dan pura2 membacanya. Arya keluar dari kamar mandi, lalu kita pergi makan siang. Seperti biasa, aku membaca twit dari @xYz dan dia menguplot foto di Mall kemaren. Aku tersentak, itu foto dari komputer Arya. Masih positif thinking, mungkin twit Arya di retweet oleh @xYz. Sepulang makan, aku masih mau maen ke kosan Arya. Well, aku curiga padanya, tapi aku masih postive thinking. Aku terpikir untuk membahas tentang cinta. Karena Arya pendengar yang baik, aku ceritakan tentang temanku yang baru putus dan menangis meraung2 *lebay. Dan @xYz mentwit : Gimana perasaan kamu jika melihat cewek menangis meraung2?
Aku cuma tersenyum.
Ada acara lagi di Mall untuk para follower @xYz. Aku ajak Arya pergi kesana (walaupun aku tau pasti dia pergi kesana). Aku dan Arya duduk di sebuah Cafe dan seperti biasa, Arya akan mempotret orang2 disana. Arya lalu duduk, mengambil bebe dan mentwit, "Apa yang kalian lakukan ketika duduk di Cafe bersama orang tersayang?"
Serentak pengunjung langsung menulis di kertas dan mentwitnya. Yang aku lakukan lebih simple, aku balas twitnya, "Memperhatikannya memfoto orang2 di sekitarku. @xYz: Apa yang kalian lakukan ketika duduk di Cafe bersama orang tersayang?"
Arya tiba2 menatapku dan aku tersenyum. Aku twit lagi, "Sekarang dia sedang menatapku @xYz: Apa yang kalian lakukan ketika duduk di Cafe bersama orang tersayang?"
Arya mentwit, "Ketika kalian tatap matanya, apa yang kalian pikirkan?"
Dan ku bales, "Twitnya utk semua orang, tp senyumnya cuma untukku @xYz: Ketika kalian tatap matanya, apa yang kalian pikirkan?"

Nb: Mungkin kalian tau hal ini terinspirasi dari mana. Semua nama orang dan akun twitter adalah samaran, jadi nggak usah nyari yah ^__^

22 comments:

Amy mengatakan...

Mesti sering2 tweet nich :P
Tweet mmg powernya luar biasa.

Anonim mengatakan...

mau di mikin novel ya ka ini cerita ?

Multibrand mengatakan...

Apakah ini bagian dari suatu cerita? Tentunya menarik.

NB: Twitter memang mempunyai kekuatan dimana2.

.:diah:. mengatakan...

eheeemmm, jadi @xYz itu cuma milik ran_cupid seorang aja yaa?? hehehehh

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

bwahhahaha.. udah kayak sinetron aja neng.. :D

Call me Batz mengatakan...

aq punya account twit..tapi aq jarang banget ngetwiit..

nurlailazahra mengatakan...

haha aku gak ngerti twit2an, maklum, ga pernah make twitter utk social network jadi rada pusing bacanya, tp penasaran juga :D

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

kenapa Lee Min Ho sih mbak foto cowoknya, huaaaaaa >.< cakep

Fahrie Sadah mengatakan...

Keren, seperti biasa .. :-)

r10 mengatakan...

lagi kasmaran yah mut? :D

@xYz adalah akun twitternya pacar meutia :D

mila mengatakan...

Gw tauuuu itu terinspirasi dari siapaaaa hahahaa.. gw udah beli bukunya tapi blom sempet gw buka. paling besok sabtu baru sempet baca.

Claude C Kenni mengatakan...

Twitter dan BB memang bikin orang AUTIS >_<

Claude C Kenni mengatakan...

Twitter dan BB memang bikin orang AUTIS >_<

Bang Aswi mengatakan...

Mantep banget ceritanya meski dari awal sudah bisa ditebak bawa @xyz itu si Arya. Tapi gak tahu nih apakah kisah nyata atau hanya sekadar fiksi. Yang pasti, membuka ide cemerlang! ^_^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

sebagian besar kisah nyata sih. soalnya emang ada tuh temen bikin trending topic di twitter dan dibayar 750rb per twitnya

auliadriani mengatakan...

keren ... :) lam kenal ya...

rizkimuft mengatakan...

terinspirasi dari @poconggg kah? haha

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wuih keren ya bs dibayar 750rb :P
ceritanya keren2 suka2 sama kaya2 terakhirnya (Twitnya utk semua orang, tp senyumnya cuma untukku)

TUKANG CoLoNG mengatakan...

sepertinya poconggg sih. tapi kalo ngasi pertanyaan, kayaknya akun2 semacam soalcinta, cumananya, dsb dehh

NuellubiS mengatakan...

wah parah... TT rupanya udah diskenariokan. ckckkck

makeityourring diamond engagement rings mengatakan...

saya masih ga paham ceritanya mbak.tahu saya yang bego pa ceritanya yang ribet.salam kenal aja dech

Elsa mengatakan...

hehehe iya deh, gak akan dicari.
lagian aku juga gak punya twitter
gimana mo nyari?
Hahahahhaaaaa

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan