Juni 05, 2011

Part 1 - Tidung and its Adventure

Pergi berlibur sekali-kali itu memang penting. Apalagi bersatu dengan alam dan menikmati suasana kehidupan di daerah setempat. Whoaa, berasa benar-benar menenangkan. Kalian tau, liburan panjang kemarin saya habiskan di Kepulauan Seribu. Nginep di Pulau Tidung, lalu Snorkling di Pulau Air dan Pulau Payung.

Liburan kali ini kita menggunakan jasa http://pulauseributours.com/ dan ambil paket 3D 2N. Kira-kira jam 6.30 pagi, udah nyampe di Pelabuhan Muara Angke. Baru pertama kali kesini dan rada heran juga. Muara Angke merupakan tempat penakaran ikan di Jakarta dan bau ikannya mantaapp benerr. Haduwh, sampe mual ~_~". Belum kebayang bagaimana suasana kapal nantinya. Ternyata kami naek kapal nelayan biasa. Penuh banget orang-orang. Karena mau pada liburan juga kali yah. Kita duduk di bagian atas kapal dan berharap dapat posisi enak. Ternyata, OMG, ayunan kapalnya bikin kepala pusing. Saya kirain bakalan muntah, untung belom. Nyaris!
Pasar Ikan Muara Angke ~_~"
SPBU menuju pelabuhan
Setelah 2 jam 45 menit, sampailah kami ke Pulau Tidung. Duh, kebayang senangnya ketika melihat tulisan Tidung Keep It Clean. Dengan masih mual dan pusing, saya dan teman2 berjalan menuju homestay. Jalannya kecil tertutup dengan batu, cuma cukup untuk sepeda dan motor (jangan harap bakalan melihat mobil di pulau ini). Rada mirip perkampungan penduduk di Aceh. Bedanya kalo di Aceh, jalannya masih cukup untuk masuk mobil.
Welcome to Tidung
Homestay-nya lumayan banget, ada AC, dan kita disediakan makanan parasmanan. Menu masakannya nggak jauh2 dari Ikan, tempe, dan tahu. Kalian tau, disini yang cukup nyentrik menurut saya adalah Kerupuk Ikan. Saya belum pernah makan kerupuk yang satu ini sama sekali. Rasanya enaak, crunchy, krauk-krauk banget, dan bau ikan. Cuma saya nggak masalah dengan bau ikannya yang khas. Ini benar2 makanan enak khas Pulau Tidung. Saya sampe browsing di internet tentang kerupuk yang satu ini. Cintai produk dan snack Indonesia.


Hal yang menarik lainnya adalah perjalanan mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda. Nah, saya mungkin udah nggak naek sepeda berapa lama ya. Sempat takut lupa cara naek sepeda, hahaha. Awalnya rada miring2 sedikit, akhirnya lancarr... Pulau ini penduduknya masih sedikit. Kiri dan kanan jalan setapak yang kami tempuh dengan sepeda masih banyak rumput ilalang tinggi. Saya yakin kalau kalian sembunyi disitu, pasti nggak akan ketauan. Selebihnya, kalian hanya akan melihat lautan tanpa ombak yang subhanallah indahnyaaaaaaa......
Mari bersepeda
Jalan setapak dan rumput ilalang
Pose di pantai
Tour Guide membawa kami bersepeda agak jauh. Jadi sakit deh pantat gara2 udah lama nggak mendayung sepeda. Mana jauh banget lagi. Pegel dan ngos-ngosan. Naek sepeda bener2 olahraga yang melatih stamina banget ya. Huff! Well, lelah itu terbayar, ketika melihat pemandangan menakjubkan lainnya. Pantai yang indah, orang2 yang ramenya minta ampun. Ada jembatan cinta. Orang2 pada loncat dari atas jembatan ke laut. 5 dari teman2 saya juga loncat. Haduwh, pengen sih nyobain, cuma saya takut panik dan tenggelam. Walaupun pasti ditolongin sama teman2 sih. Katanya, kalau loncat dari atas jembatan ke bawah, rasanya sama dengan bunuh diri. Hiiiiii!!!
Jembatan Cinta
Disini kalian bisa minum air kelapa muda, kano-ing (perahu kano), banana boat (Rp. 35rb/orang), snorkling, berenang, dan loncat dari jembatan cinta. Nah, dari jembatan cinta ada terusan jembatan yang menghubungkan ke Pulau Tidung Kecil. Kalian bisa berenang di Pulau Tidung Kecil dan berasa 'tu pulau milik sendiri. Ada tempat yang sepi banget untuk berenang. Sepertinya semua pantai di Pulau ini aman untuk berenang. Tidak ada satupun tanda bahaya, kecuali jembatannya yang keropos.
Terusan Jembatan Cinta
Jembatan menuju Pulau Tidung Kecil yang keropos
Ber-banana Boat
Nah, ceritanya akan berlanjut ke postingan selanjutnya. Berhubung kalau posting semua, bisa panjang banget 'ni cerita. Oh iya, saya berjanji bawa pulang oleh2 'kan. Nah, karena menurut saya yang paling unik disini adalah kerupuk ikan, maka oleh2 untuk giveaway adalah Kerupuk Ikan. Mumpung saya beli banyak dan keluarga serta teman2 sudah dibagi2. Sebenarnya mau beli pernak-pernik dari kerang. Tapi saya nggak yakin kalau pernak-pernik itu nggak pecah kalo dikirim pake paket. Tipis dan halus banget teksturnya. Oke, syarat giveawaynya cuma 'dikit, posting foto kalian sewaktu lagi adventure yah. Jadi pengen liat. Hehehe..  Terserah mau foto sekarang, tahun lalu, 2 tahun lalu, atau 10 tahun lalu, yang penting kalian sendiri yang merasakannya. Jangan lupa taro linknya di kotak komentar, atau kirim ke email saya, atau di shoutmix. Paling lambat tanggal 12 Juni 2010 pukul 12 lebih 6 menit siang yah.

Kerupuk Ikan
Oke, ada tag dari Nuel tentang etika nge-blog menurut saya :
1. Tidak membicarakan keburukan/aib orang lain. Kasian kalau sampai seluruh dunia tau tentang keburukan seseorang.
2. Tidak menuliskan berita atau informasi bohong. Kecuali kalo mau posting cerita, itu sih beda (saya sering soalnya).
3. Berusaha untuk selalu membaca setiap isi blog orang lain ketika sedang blogwalking.
4. Tidak meninggalkan komentar kentut yang isinya cuma 1 kata atau 2 kata. Come on, world is full of word rite?
5. Tidak meng-copy paste isi, kecuali menuliskan link-nya. Plagiator is a big no no lah yaa....
Lima hal yang menurut saya wajib hukumnya. Agak mirip juga dengan si Nuel. Enjoy~~

49 comments:

exort mengatakan...

jadi inget waktu ke tidung tahun lalu *langsung buka postingan tidung tahun lalu* eh kok gw ga makan kerupuk itu ya??? mmmm bisa jadi pemacu buat ikutan giveaway...eh tapi kan foto2 gw pas adventure kan uda gw posting, gimana donnggggg masa gw posting ulang

Adittya Regas mengatakan...

aduh au pengen sih tu ngerasain kerupuk ikan. tapi aku engga ada jalan" soalnya lagi magang ka, kalau adventur tahun lalu sih ada kan + photonya ceritanya lucu + memalukan hhe...

Meutia Halida Khairani mengatakan...

exort : posting fotonya 1 biji aja kalii. nggak usah semua.. hehehe

adittya : gpp kok, mau tahun kapan pun yg penting di posting :D

Adittya Regas mengatakan...

wahh oke deh kaka aku ikut hhe

catatan kecilku mengatakan...

Wah, seru juga petualangannya.. Lebih seru lagi karena ada acara giveaway-nya... Penasaran pengen nyicip kerupuknya sih... hehehe.

the others... mengatakan...

Pengen ikutan giveaway... tapi aku apa punya foto yang oke ya? Ntar deh cari2 dulu...

BTW, maaf ya baru sempat mampir lagi setelah sempat vakum lama karena sibuk ikutan diklat.

Multibrand mengatakan...

Betapa asyiknya liburan anda kali ini.
Naik kapalnya harus dari Muara Angke bukan dari Ancol?

Eks mengatakan...

cari-cari foto lama dulu ahhh... mayan krupuknya... :D

Todi mengatakan...

wah..bagus nih tempatnya buat 2nd honeymoon..beromantis ria sama istri di jembatan kropos...jadi inget masa muda..eh, sekarang masih muda juga ko..##pletak...##

Geafry Necolsen mengatakan...

huaaaaaaaa..
kerupuk ikan, aku cari2 dulu deh fotonya :D

Geafry Necolsen mengatakan...

nah ada nih ! http://1.bp.blogspot.com/-ARZTAHSRZHA/Teu6Kiud74I/AAAAAAAAAag/TArjnpu2i_U/s1600/anak+pantai.jpg
foto ini tahun 2004 ikut olahraga sailing.

ditunggu krupuk ikanya :D
aku bikin sambel terasinya dulu ah..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

^Geafry Necolsen : oke, anda terdaftar! hahaha.. fotonya mantap bro... b^_^d

ayo ayo yg laen, posting foto.. kerupuk ikannya khas bgt lohh.. jarang2 kaaan..

.:diah:. mengatakan...

ituuu kereenn bangeett, asyiiknya main sepedaan, banana boat...

btw, itu yg di terusan cinta sapa tuh Mut? hehehh

mau niiih kerupuk ikannya, tapi keknya postingan foto adventure gini udh pernah ku post deh, gmana dunk?? :D

NuellubiS mengatakan...

sayaaaang gw jaraaaang bangeeeet travellingg. palingan juga di jakarta doaaaang. hehehee.... sayaaang gw ga bisa ikutan mbaaaak... next time maybe i join your next give away. :)

nesca87 mengatakan...

tia, cha ikutan giveaway-nya boleh tak? mau nyicip kerupuk ikannya.. hihi..

Mila Said mengatakan...

ke pulau tidung itu bisa ga klo ga ikut paket? aku cm mau nyoba snorkeling doang hehee..

r10 mengatakan...

sudah pernah ke tidung, masjidnya banyak, banyak sepeda yg sudah tua.... remnya blong, bangku-nya sudah keras... klop deh :D

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

keinget postingannya Tito mbak :D

pengen ikutan, tapi fotonya yang mana >.<

Meutia Halida Khairani mengatakan...

^diah : kasi aja linknya..

^icha :ya bolehlahhhh

^ajeng : tu profile picture kan lg adventure jg..

^r10 : iya betul

^mila : ya bisa lahhh

cho mengatakan...

hehe, entah kenapa kalo foto jalan2 yg kebayang di kepala malah si gaphe. tu bocah ga ikutan kuis? ..

btw jembatannya ngeri juga. ga dibenerin itu? kalo yg satu keropos gitu, bisa jadi yg lainnya juga. kalo ada yg kejeblos kan bahaya .. ah, malah ngomel2 di sini .. :p

Elsa mengatakan...

asyik asyiiiiiiiiik
ikutan aaaaaaaaah

Irly mengatakan...

Wah..ada yang bagi2 kerupuk ikan...
Nyari2 poto dulu ah^^

rizkimufty mengatakan...

Come on, world is full of word rite?
digampar kak meutia

wah foto petualangan gimana sih??? kalo pergi ke tempat wisata yg asik gitu bisa kak?? trus difotonya harus ada kitanya ya? aduh... fotoku minim sekali haha

Rizkyzone mengatakan...

wah pasti seru juga tuh liburan bareng rame2

Nova Miladyarti mengatakan...

kak itu pasar muara angkenya kok jadi mirip pasar ikan lampulo di banda aceh ya?hehhehe

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

wah, keren tuh petualangannya :) ngiri deh ^^

hm soal etika blogging, saya setuju sekali yang nomor 5.. :)

Hitam Putih Pelangi mengatakan...

mau ikuuut^^

mbak..mbak..mbak...
kalo fotonya ada di postingan blog 1 taun lalu boleh juga kan???

ad beberapa link ni:
-http://hitamputihpelangi.blogspot.com/2011/02/berawal-dari-celetukan-tiba-tiba-waktu.html

- http://hitamputihpelangi.blogspot.com/2011/06/fresh-inside-spirit-outside.html

- http://hitamputihpelangi.blogspot.com/2010/12/semalam-di-nglanggeran.html

hehe. banyak gpp kan mbaa?? =P

Amy mengatakan...

wow...seru :) Foto yg di pantai ok banget :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

rizkimufty : ngga harus ada kita jg gpp kok fotonya.. tp sebaiknya ada. masa' ga pernah fotoan di lampuuk. itu kan adventure jugaaa...

nova : mending pasar lampulo kayaknya.

hitam putih pelangi : makasi ya.. oke kamu terdaftar.. mau banyak, mau dikit, minimal 1 foto aja pokoknya.

ayo ayo pada ikutannn

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wah kayaknya pas sepedaan seruuu deh :D

wah mau kerupuk ikannya, tapi kayaknya aku gak punya foto pas adventure
jarang pergi soalnya,,tp nt kucari deh kalau ada aku ikutannn give awaynya :D

ToM kuU mengatakan...

wokeh mba!!!! TK ikutan ^^... TK punya kisah adventure paling berkesan ^^

Majalah Masjid Kita mengatakan...

kegiatan bersepedanya.. sepertinya sangat menyenangkan :)

Afrilita Pandan Dici mengatakan...

kakak dici ikutan dong...
pengen givewaynya..hehehehe

NURA mengatakan...

salam sobat
wah Tidung bagus banget mba,
jadi pingin kesana,kalau lihat foto2 di atas.

zone mengatakan...

asyiknya.....

jd pengen...

rizkimufty mengatakan...

kak kak, aku ikut serta deeeh, pake foto2 yang disini > http://rizkimufty.blogspot.com/2011/06/hi-namaku-riga-udah-tau-kan.html

hehehe

Claude C Kenni mengatakan...

Kategorinya adventure tuh apa? Harus bersatu dengan alam? Kalo travelling ke luar negeri termasuk ga?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

^Claude : hmm, kalo menurut saya sih, adventure itu ada hubungan sama alam. pantai, hutan, air terjun.

kalo travelling keluar negri, asal ke alam berarti termasuk kali yah. ayo di posting claude :D

Rere mengatakan...

ahay.. samaan dong ke tidung... tapi udah agak lama ak kesana.

enakan kesana sama temen2 ya say, rame2 gitu snorkling ria *kangen tidung* ^^

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

jembatan cintanya bagus ya.. :D

belum pernah kesampaian ke pulau tidung. untuk kepulauan seribu cuma pernah ke pulang untung jawa aja.. disana nggak ada yang istimewa.. mungkin liburan tahun depan akan saya agendakan ke jakarta dan kep. seribu saja.. :D

Gaphe mengatakan...

Pulau Tidung di kep seribu kan?.. blom pernah kesono, tapi denger cerita banyak orang.. termasuk dari si Tito juga tapi rasanya sih biasa aja secara katanya kotor pantainya. hahah.. bisa diving plus olah raga air juga..

eh, foto adventure ya?.. mm.. ummm.. ntar deh kalo nemu, diposting juga. hahaha... yaah lumayan tuh dapet krupuk ikan :)

dv mengatakan...

hadeeh..mau ke tidung belum kesampean nih..pas diajakin pas ga bisa..heuh menyesal :(

itu keripik ikan kynya sering dibawain sama tmn nyokap yg asli pulau seribu de

nesca87 mengatakan...

hicha hadirr!! :D
ini fotonya bu tia.. :D
http://nesca87.wordpress.com/2011/06/09/on-rust-cipir-dan-kelor-wisata-sejarah-batavia/

Gaphe mengatakan...

gak harus spesial ditulis untuk ikut giveaway kan?..

ini aja deh

http://gaphebercerita.blogspot.com/2011/05/dari-new-zealand-menuju-bromo.html

hilsya mengatakan...

waduh .. foto adventure & postingan sih banyak, tapi kalo tidung ..ini ada pengalaman spesial..

http://hilsya.wordpress.com/2011/05/17/gabung-mulung-tidung/

dey mengatakan...

sering banget baca cerita temen2 tentang pulai Tidung, promosi di FB juga gencar banget.

Sebenernya saya seneng liat pantai, yang ngga saya juga, saya gak bisa berenang, trus pernah hampir kebawa ombak, jadi parno sampe sekarang .. hehe

Ikutan giveaway ya mbak, foto2nya banyak gpp kan, soalnya itu postingan beberapa waktu lalu ...
http://keluargadeyfikri.blogspot.com/2011/01/cerita-lanjutan-liburan.html

Adittya Regas mengatakan...

ini punya ku ka hhe http://adittyaregas.blogspot.com/2011/06/adventure-gila.html

NuellubiS mengatakan...

ada postingan khusus buat kamu --> http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/06/etika-ngeblog-di-mata-para-blogger.html

yudha mengatakan...

wah, sayang sekali liburan kali ini tidak jadi ke pulau seribu,
kalau iya, pasti berkunjung ke pulau itu. kapan-kapan sajah :D

pantainya juga jernih, pasir putih , bakalan ketagihan kalau ke pulau tidung lagi

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan