Juli 11, 2010

Setu Babakan

Thanks for my blogger friend, Exort, so i can find another interesting place to be visited in the Jakarta.
Well, ketika kesini saya harus naek busway dulu dari halte Karet (yg terdekat dari kosan) dan turun di Blok M. Trus nyambung Kopaja 616 dari Blok M. Gile aja, perjalanan dari Blok M ke Situ Babakan ini tuh 1 jammm.... Kalo bukan karena daerah yg dilalui Kopaja asing banget menurut saya, mungkin saya udah ngantuk bgt setengah mati. Jadi bisa ngeliat keluar jendela dan menikmati perjalanan. udah kayak mau keluar kota aje... Kita turun di Pintu Bang Pitung. Masuk ke komplek Situ ini, semua rumah2nya khas betawi. Betawi banget deh daerah ini. Ukiran rumah2nya, lampunya, meja dan kursi yang terbuat dari kayu, persis kayak sinetron Si Doel Anak Sekolahan dulu. Masi ada pohon pisaaaang, hutan, dan berasa banget kayak pulang kampung. Very fresh air, refreshing my mind.

Kita jalan dari pintu masuk bang pitung sampe Danau-nya. Pinggiran danau banyak banget dijual makanan khas betawi. Saya makan hampir semua makanan disana kecuali Laksa. List harganya:
Roti buaya Rp. 3000 (rasanya biasa aja sih)
Soto Mie Rp. 10.000 (kaya soto biasa)
Soto Betawi Rp. 10.000 (sejak tinggal di Jakarta dan mencicipi berbagai soto betawi, baru soto disini yang paling enak)
Toge Goreng Rp. 6000 (lebih kayak ketoprak makanannya cuma ada ditambahin Mie dan lumayan pedas)
Air kelapa langsung dari kelapa Rp. 7000
Otak-otak dan kerak telor(lupa harganya karena yg beli temen saya)
dan Bir Pletok Rp. 13.000 bisa buat diminum ber 3 dengan gelas full. Walaupun namanya bir, tapi ngga ada alkoholnya kok. Halal 100% karena minuman ini terbuat dari jahe dan berbagai ramuan alami lainnya. Bagus untuk masuk angin.

Kalau hari sabtu dan minggu, ada pementasan tari2an, drama, komedi, dll di area Kampoeng Betawi. Lumayan menikmati tari2annya sih daripada komedinya. Isi komedinya rada 'ngeres' kalo menurut saya. Padahal kan disana banyak anak kecil tapi kok cerita komedinya kayak gitu. Ada ondel2 juga. Keluar dari Kampoeng Betawi, saya naek bebek dayung mengelilingi danau Situ Babakan itu. Awalnya sih saya ngeri sama air, danau, sungai, laut, pokoknya perairan-lah. Mungkin masi trauma tsunami kali yah. Tempat ini asik banget deh buat melupakan sejenak crowdednya Jakarta. Bener2 berasa pulang kampung. Tapi nggak gitu banyak hal yang bisa diliat sih selain untuk mengistirahatkan pikiran sejenak.
Pulang ke kosan menaiki Kopaja 616 lagi dan kita semua ketiduran di bus. Untung aja nggak ada orang jahat. Silahkan datang kesini.

21 comments:

riesta mengatakan...

aduuuh,,jadi pengen ke sana...
tapi kapan ya????

gaelby mengatakan...

Pnasaran ma Bir pletok. 100% halal ya dek. Klo deket ma, dah langsung nyoba. Pasti sruuu...
Salam sobat :)

exort mengatakan...

sama-sama ya
wah elo sempet naik sepeda airnya juga, ga makan toge gorengnya? enak loh
tul tempat ini lumayan tenang n bisa buat ngilangin kepenatan sesaat

Meutia Halida Khairani mengatakan...

^riesta : maen deh kesana.. suasananya adem..
^gaelby : ga ada salahnya nyobain..
^exort : jangan2 yg gw makan toge goreng yah, bukan tahu goreng. hahahaha

fanny mengatakan...

wah, soto mie..mauuu

catatan kecilku mengatakan...

Sptnya tempatnya keren tuh.., jadi pengen kesana.
Kapan ya...?

Fahma Nurika mengatakan...

aku pernah kesana dulu pas kecil, hehe ga nyoba kerak telornya kak?

elok langita mengatakan...

tempatnya kereen.. T.T kEReen

^__^

izin follow back.. mkashy :D

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah..Setu Babakan emang enak tuh, rada2 adem...sekali2 malah ada pentas seni disitu. Tapi masih campur sama pemancing, bang Pendi pernah naek bebek sama keponakan malah ditereakin disuruh agak jauhan mainnya...hehehe

Ariyanti mengatakan...

jd pengen coba soto betawinya, sejak di jkt saya blm nemu soto betawi yg enak nih...

BLOGGING TIPS mengatakan...

asiikk nambah tempat menarik lagi ni.

komen baliknya di tunggu yah di rumah...:)

four dreams mengatakan...

haha asik dong, sebagai orang betawi saya harus bangga dengan ciri khas tersendiri :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

kita harus bangga dengan budaya bangsa kan? ;)

siroel mengatakan...

g pernah kesana euy... :(

wuih, gile, makan semua makanan,rakus juga nih anak. wkwkwkk, piiiisss...

diriku mengatakan...

slm ziarah =]
i'm from malaysia..

Obrolan Blogger.com mengatakan...

Tampaknya tempat itu sudah jauh berbeda dengan yang dulu , sudah banyak jauh perubahan de.

mochi mysweety mengatakan...

jangan lupa sunblock, salam....

Gildo Kaldorana mengatakan...

Enak kalau jalan di Jakarta betul.
Saya kalau kesana, pagi-pagi, ambil ransel, air, dan Kodak, terus jalaaaaaaannnn.
Banyak teman saya katanya di Jakarta tidak ada apa-apa untuk lihat ¡¡Gile loe!!.
Salam kenal

Baby Dija mengatakan...

Tante...
Dija pingin naik kapal kuda laut ituuu

Elsa mengatakan...

Bir Pletok??
baru tau...

Mauuuuu !!! mengatakan...

Perut KERONCONGAN BICH !!!!!!!!!!

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan