Januari 24, 2010

Pasar Tradisional

Hari ini saya pergi ke pasar. Ya, hanya pasar yang terletak kira2 beberapa ratus meter dari kosan. Tumben nggak jalan2? Soalnya kaki saya nyut...nyut... nih. Sebenarnya mau pergi ke rumah sodara, tapi nggak jadi karena abang sepupu saya lembur jadinya masih capek.

Mungkin postingan ini agak aneh ya? Kalian tau, walaupun saya suka wisata kuliner, makan sana sini, dan jalan2, saya masih tetap mengagungkan makan makanan sehat. Selain untuk jaga badan supaya stay slim, saya juga merasa perlu untuk bisa masak (one day i have to get merried), dan juga untuk tetap sehat 'kan harus jaga nutrisi. Gimana lagi caranya kalo nggak masak sendiri? Mungkin sewaktu nyari kosan juga yang pertama kali saya cari itu dapur. Harus ada dapur di kosan, wajib!
Ya udah, postingan saya kali ini cuma mau nge-bandingin aja harga2 sayuran di pasar Jakarta dan Bandung, juga ukuran dan takaran sewaktu belanja.

1. Beras
Makanan pokok kita satu ini ternyata lumayan mahal di Jakarta. Selama di Bandung biasanya saya pasti mencari yang harganya 1kg itu Rp. 5000. Jadi beli aja 2 kg dan cukup 2 mingguan lah untuk saya sendiri. Di Jakarta sini, harga 1 liter beras itu Rp. 6000. Saya kira liter itu sama dengan kilo, walaupun memang beda secara fisika. Jadi merasa dikit banget beli 2 liter cuma cukup untuk 1 minggu doang. Tapi kualitas nasinya bagus banget lho. Putih, bersih, kayak nasi di resto. Soalnya kalo menurut gw, kalo nasinya udah enak, pasti lauk pauknya juga ikut2an jadi enak.

2. Ikan dan Ayam
Baru tadi saya beli ikan di pasar sejak pindah ke Jakarta karena di kosan nggak ada freezer. Aneh ni kosan, gede gini tapi nggak ada freezernya. Saya beli ikan bawal, ikan favorite. Sewaktu di Bandung itu sekilo Rp. 14rb-16rb. Nah, di Jakarta mahal, 1kg Rp. 32rb. Gile ya, sampe 2x lipat gitu. Hampir sama dengan beli ikan tuna (curiga harga tuna di Jakarta). Tapi emang ikannya gede2 banget. Emangnya ngaruh gitu harga ikan dengan ukurannya? Kan kalo beli juga pake kiloan.
Untuk ayam, 3 minggu ini gw makan ayam melulu, secara ayam kalo di ungkep masi bisa tahan sampe 1 minggu kalo di taruh di kulkas biasa. Haduwh, makanya kalo lagi makan diluar pasti nyari daging atau ikan. Beli ayam di Jakarta sesuai ukuran ayam harganya. Minggu pertama saya beli ayam Rp. 17rb/ekor tapi kok agak kurus ya? Hahaha. Jadi kalo makan ayam harus 2 potong. Minggu kedua beli ayam yang harganya Rp. 22rb, ayamnya montok. Samalah kayak di Bandung. Cuma kalo di Bandung nggak ada ayam kurus. Trus kalo di Jakarta, ada ayam yang udah di kasi kunyit. Saya nggak tau juga kelebihan atau kekurangan ayam yang dikunyit sama yang nggak. Udah tanya sama pembantu di kosan, dia juga nggak tau. Kalo daging sapi, udang, dan cumi2, saya nggak tau harganya. Kasian kan kalo beli tapi nggak bisa disimpan lama.

3. Sayuran
Nah, kalo sayuran sih sama aja kayak di Bandung. Segitu2 juga harganya. Cuma kalo beli buncis yang Rp. 1000, jumlahnya lebih sedikit daripada di Bandung. Kalo ke kantor biasanya saya bawa brokoli yang uda di tumis pake' minyak hasil goreng ayam. Tapi minyaknya bukan minyak kemarin ya. Harus minyak baru yang barusan banget goreng ayam. Jadinya rasa brokolinya lebih yummy. Saya selalu bawa bekal ke kantor supaya menghindari makan di pinggir jalan. Sekali2 boleh aja sih, cuma saya suka males juga keluar kantor pas jam istirahat kecuali ada perlu ke bank. Trus wortel, buncis, dan kentang saya masak untuk makan malam. Kalo malam saya usahain makan banyak sayuran. Biar cukup serat lah. Sayur juga bagus untuk antioksidan. Tau kan kalo kota besar kayak Jakarta dan Bandung itu tingkat polusinya mengerikan.

Untuk buah, saya jarang makan nih. Sebenarnya nggak baik. Kemaren ada makan apel cuma 1 hari doang. Kalo di Bandung saya suka banget beli mangga dan melon untuk cemilan. Saya agak males ngupas sih. Makanya kadang males banget beli buah, cuma saya tetep beli juga .Trus kalo minum susu juga nggak gitu sering karena males bikinnya. Masih lebih rajin bikin teh daripada bikin susu. Tapi kali ini saya akan coba untuk selalu minum susu, takut osteophorosis.
Sekedar info buat kalian. Semoga bermanfaat.

6 comments:

ninneta mengatakan...

itulah ibukota neng... lebih kejam dari ibu tiri.... hehehehehehe

hack87 mengatakan...

keren...
jadi update info pasar nih jadinya :D

Meutia Halida Khairani mengatakan...

belanja di Pasar dan masak sendiri kan juga bisa untuk menghemat. hehe

Mita mengatakan...

nice info, terutama buat ibu-ibu nih ;)

tukaran link yuks. thx

Meutia Halida Khairani mengatakan...

ayuk aja tukeran.. tapi kok ga ada link kamu?

Shuvo mengatakan...

These are really some delicious food looking very good.

Categories

adventure (255) Living (232) Restaurant (145) Cafe (136) Hang Out (129) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan