Mei 30, 2009

Tugas Akhir Untuk Prediksi Saham

Akhirnya, setelah 2 minggu ini berjuang habis2an untuk membuat sebuah Simulasi Monte Carlo dengan bantuan Jaringan Syaraf Tiruan untuk prediksi Saham NIKKEI^225 sudah 90% selesai. Seneeeeeng deh.. Saya bakalan ngumpulin dokumen buat prasidang tanggal 2 Juni 2009 nanti. Setelah itu, saya bakalan dapat jadwal prasidang. Selesai prasidang, baru sidang. Jadi apa yang kurang di prasidang baik dari segi program ataupun dokumen, bakalan di evaluasi, kemudian diperbaiki pas sidang. Duh, jujur aja, gw deg-degan nih. Sebenarnya masih ada hal yang buat saya takut selain karena belom ketemu software dari MatLab buat pembanding, saya juga belom membandingkannya dengan nilai saham asli.

Saya udah pernah cerita kan kalau untuk melatih jaringan syaraf itu, kita perlu data historis untuk melatih jaringan dan menyesuaikan dengan target. Saya baru mencoba untuk data bulan april 2009 aja. Soalnya button di program saya untuk membuka file Ms.excel belom bisa. Bingung juga gw kenapa ngga bisa sih?! Palingan ntar masi mau di perbaiki lagi supaya lebih bener. Nah, saya akan menunjukkan hasil screen shot program saya.


Nah, ini masi kosong semua kan? Semua data trainingnya udah ada didalam database. Kita juga harus memasukkan data pengujian ke dalam textbox yang ada dipaling atas berupa harga pembuka, penutup, tinggi, dan rendah. Sebenarnya kalo masukin volume saham yang diperdagangkan boleh juga, cuma saya mau masukkan 4 nilai saja dulu. Setelah itu, pencet tombol Train. Setelah training selesai, pencet tombol Simpan Bobot. Baru kita pencet tombol Prediksi, sehingga muncul 3 nilai di textbox yang bawah.

Untuk simulasi Monte Carlonya, kalian masukin nilai saham hari ini di groupbox 'Harga Saham Hari Ini', kemudia pilih berapa hari prediksi yang kalian mau di combobox 'Jumlah Hari Prediksi'. Saya melakukan prediksi untuk jangka waktu 60 hari dan pencet tombol Simulasi. Hasil prediksi akan muncul di tabel dan akan di plot ke dalam grafik seperti gambar dibawah ini:


Saya baru bisa mem-plot grafik nilai saham Tertinggi saja. Soalnya, saya udah coba mem-plot nilai saham terendah dan penutup, tapi kok ngga bisa2 yah? Belom bisa aja mungkin. Dari grafik tersebut, terlepas dari faktor fundamental (krisis ekonomi global, kondisi perusahan, kerusuhan, dsb karena sulit mengkonversikan ke dalam angka) maka hasil prediksi sudah bisa kita lihat. Dari grafik itu, kita semua bisa memutuskan untuk membeli saham NIKKEI^225 itu, atau menjual saham yang kita miliki.

Mei 24, 2009

Untuk Yang Tersayang

Tulisan ini saya peruntukkan untuk orang2 yang saya sayangi dan menyayangi saya. Kalian memang benar2 menjadi inspirasi saya selama ini, melindungi saya dimana pun, membuat saya selalu tersenyum, mengingatkan ketika saya salah melangkah, menceritakan hal2 yang kelak menjadi hal baru sebagai pelajaran bagi saya. Untuk anak2 asrama yang beberapa hari lagi bakalan wisuda dan untuk teman2 yang udah ngga bisa sama2 lagi seperti dulu.

Saya baru sadar, ketika seorang teman kemarin ingin menemuin saya di Pangkalan DAMRI. Dia memaksa saya untuk datang karena ada sesuatu yang akan dia berikan untuk saya. Mungkin hal ini biasa, selain karena ada barang titipan yang harus saya kasih padanya, saya tidak merasa keberatan sama sekali untuk menemuinya. Ketika kami bertemu, dia bilang dia akan pindah ke Jakarta dan bekerja disana. Saya tersentak kaget sambil memberikan eyeliner titipan teman saya itu. Saya mengenalnya sejak SMA. Dia teman abang saya dan kami baru dekat sejak sama2 tinggal di Asrama Pocut Baren di Bandung. Kita banyak bercerita, tukar-pikiran tentang organisasi karena dia seorang ketua himpunan (kahim) dan cowoknya juga kahim. Dia tidak segan2 menolong saya, sehingga saya juga berusaha selalu ada untuknya. Sekarang dia akan pindah, saya akan lulus dan mungkin akan pulang ke Aceh dan tidak bertemu dengannya lagi. Dia memberikan saya sebuah buku. Dia bilang, ini kenang2an darinya karena persahabatan kita selama ini. Terima kasih buat semua hal yang kita lalui bersama selama ini. Semoga persahabatan kita berlanjut sampai akhir hayat.

Ketika menyaksikan prasidang seorang teman kemarin, saya kembali berpikir. Mungkin selama ini dia bagi saya adalah teman yang menyebalkan, banyak omong, dan suka sok tau. Tapi ketika dia bilang, "Mut, doain gw yah. Kita sama2 berjuang Mut.. Tinggal 'dikit lagi.. Semangat!" Ada perasaan sedih di hati gw. Sebentar lagi kita semua sama2 harus menjalani sidang dan pergi dari kampus selama2nya. Selama 4 tahun ini, kalian udah mengubah persepsi saya terutama tentang persahabatan beda agama. Saya memang berkuliah di kampus yang mahasiswanya dari berbagai daerah, agama, suku, dan ras. Tetapi, kita sudah melalui masa2 berat di kampus bersama2 dan menjadi dekat satu sama lain. Saya salut melihat kalian mau menemani saya ke BEC untuk survey handphone, menenteng belanjaan saya ketika saya habis2an belanja di BIP dan tidak membiarkan saya untuk menentengnya, menasehati saya ketika saya ngomel2 ngga jelas di kampus atau sebal dengan seseorang, selalu memberikan coklat kepada saya ketika Valentine, membawakan madu kurma untuk Mama saya ketika Mama terkena DBD dan harus menghadiri wisuda abang saya, mengingatkan saya untuk shalat ketika adzan berkumandang, dan banyak hal lainnya.

Anak2 asrama yang menjadi teman curhat dan tempat bersandar ketika saya kelelahan. Walaupun kalian kadang 'nyebelin dan selalu membuat saya ngomel, membela kalian, atau memarahi kalian karena saya ketua asrama, tapi saya tetap merasa kalian adalah keluarga saya, saudara saya selama ini. Mungkin kita sebentar lagi akan berpisah dan ngga akan ketemu lagi. Tolong untuk selalu mendoakan saya.

Teman2 Unit Kebudayaan Aceh (UKA) ITB. Mungkin sebentar lagi kalian akan sibuk dengan urusan masing2. Walaupun kita baru deket dalam tahun ini, tapi perjalanan bersama kalian sangat berkesan. Mulai dari acara nonton pertama kali sama kalian, filmnya Madagaskar back to Africa kan..?! Saya masih inget. Trus jalan ke Lembang 'n Tangkuban Perahu. Terakhir kesana liburan kenaikan kelas 2 SMP. Udah sore dan dingin, kamu ngga pake baju tebal dan jaketku ngga ngaruh sama sekali. Jalan2 ke Curug Cimahi yang membuat jantungku nyaris berhenti berdetak melihat air terjun setinggi dan sederas itu. Nonton "Push" bareng bersebelas dan makan di Tomodachi Resto. Ntah kapan kita bisa maen bareng lagi. Kalau memang ngga bisa ketemu lagi dalam bulan Juni nanti, mungkin bulan Oktober kita bisa ketemu lagi dan Insya Allah kita semua udah lulus. Amin..

Bulan Juli nanti, saat anak2 PIM buat reuni akbar, saya mau ikut teman2 saya ke Surabaya dan Yogyakarta. Setelah itu pulang ke Aceh dan Insya Allah bisa ikut mama jalan2 ke luar negri. I will miss you all forever.

Mei 20, 2009

Seandainya Kau Tau

Friends, gw lagi seneng banget sama lagunya Vierra-Seandainya. Ngga sengaja gw tambahin seluruh lagu Vierra di playlist jetAudio gw dan lagu ini yang paling nempel di hati gw dan menemani gw ngerjain TA. Terkadang lirik lagu itu kan sering mewakili perasaan hati.

Vierra-Seandainya

Kala kaukan menjalani hidupmu sendiri
melukai kenangan yang tlah kita lalui
yang tersisa hanya aku sendiri disini
kau akan terbang jauh menembus awan…
memulai kisah baru tanpa diriku…
Seandainya kau tau…
ku tak ingin kau pergi
meninggalkanku sendiri bersama bayanganmu
seandainya kau tau…
akukan slalu cinta
jangan kau lupakan kenangan kita slama ini
Kala kaukan menjalani hidupmu sendiri
melukai kenangan yang tkah kita lalui
kau akan terbang jauh menembus awan
memulai kisah baru tanpa diriku
Seandainya kau tau
ku tak ingin kau pergi
meninggalkanku sendiri bersama bayanganmu
seandainya kau tau
akukan slalu cinta
jangan kau lupakan kenangan kita slama ini
slama ini…
Seandainya kau tau
ku tak ingin kau pergi… ooo…
meninggalkanku sendiri bersama bayanganmu
seandainya kau tau
akukan slalu cinta…
jangan kau lupakan kenangan kita slama ini…hoo…
slama ini…
Bagus yah lagunya.. Gw jadi pengen denger lagu ini berulang2..

Mei 19, 2009

Kangen

Ketika gw menulis blog ini, Bandung sedang diguyur hujan deras. Ya beginilah cuaca Bandung saat ini. Siangnya panas terik, tapi sore sampe malam hujan deras. Tadi gw sempat ke kampus sebentar karena harus bimbingan. Betapa sepinya kampus. Anak angkatan gw cuma Beauty seorang. Ngga seperti masa2 kuliah dulu, semua temen2 duduk di depan ruang R.206 kalo lagi nungguin dosen atau sekedar datang ke kampus karena pengen ngerjain tugas. Memang belom lama sih kita ngumpul karena ada interview di kampus. Cuma rasa kangen sama mereka mulai terasa. Kita memang sedang sibuk2nya menyelesaikan TA. Semua sibuk dengan TA mereka masing2 dan juga ngejar dosen pembimbing yg beda2 jadwal bimbingannya. Tapi gw baru nyadar kalo hal seperti ini bakal terus sampe wisuda. Kangen gw sama kalian.. Pengen becanda kayak dulu lagi.

Ntah karena hujan buat perasaan gw jadi mellow ngga jelas gini. Hujan itu buat gw diem di kamar nggak kemana2. Males kalo harus keluar asrama. Jalanan pada becek, harus pake' payung lagi. Gw jadi teringat seseorang. Beberapa bulan yang lalu, setiap hujan deras gini, dia pasti nelpon gw. Dia juga bosen di kamarnya. Jadinya nelpon gw buat ngobrol lamaaaaa bgt tentang hal2 yang mungkin juga ngga penting. Kalau hujan, gw natap keluar jendela teringat dia, pasti handphone gw langsung bunyi dan dia nelpon. Kadang gw suka males karena dia terlalu sering nelpon, tapi karena orangnya asik 'n suka becanda, gw jadi sering menunggu telpon dari dia. Gw sendiri jarang telpon dia. Karena gw masi merasa aneh kalo cewek harus nelpon cowok duluan. Sayang yah, hal itu ngga pernah terjadi lagi sekarang. Jangankan hujan gini, gempa sekali pun dia ngga akan telpon gw lagi. Jujur aja, gw jadi kangen sama dia.. If I can turn back the time..

Gw juga jadi kangen sama Mama, Papa, Abang gw, 'n adik2 gw.. Asik bgt deh kalo inget makan pisang goreng buatan Mama dengan minum teh manis panas di ruang TV rame2 sambil cerita2. Kita pasti ceritain pengalaman masing2 dan ngga akan ada habis2nya..

Pengen nangis rasanya kalo kangen sama mereka...

Mei 17, 2009

Red Bean Restaurant 'n Hip hop Community Bandung

Sabtu kemaren, gw pergi ke daerah Antapani karena ada salah satu orang Aceh yang gw kenal meninggal. Baru sadar kalo gw udah berapa tahun ngga ke daerah ini. Dulu awal2 gw ke Bandung, gw cuma daftar ulang di ARS International dan karena ngga jadi kuliah disitu, jadi ngga pernah lagi ke Antapani. Ternyata daerah ini ada semacam Mall namanya Lucky Square. Mall baru sih, cuma gedenya minta ampun.

Nah, gw makan di Red Bean Restaurant yang ada di Lucky Square. Untuk sebuah Restaurant yg menurut gw mahal, ni Resto emang makanannya enaaaaaaaak buangeet. Kalo ditanya porsi, banyaaaak.. Pelayanannya ramah.. Ketika awal masuk, kita langsung disambut pelayan. Beda dengan Tomodachi Resto yg pernah gw ceritain sebelumnya, di Red Bean Resto kita boleh pilih mau duduk dimana. Bisa pilih sofa tinggi, rendah, ato meja makan standard Cafe. Kalo menu, ada menu halal 'n ada juga yg ngga halal. Karena gw makan bertiga ama temen2 gw, kita pesen soup seafood, kakap asam manis, n kerang. Kita terkejut ngeliat porsinya yg jumbo. Ya rada wajar sih untuk harga Rp. 30.000++, dapat porsi makanan jumbo. Cuma kan kita bertiga cewek, heran juga cewek makan porsi kuli kayak gitu. Kalian bisa liat di foto tuh, porsinya gede kan?! Kalo buat minumannya, ngga 'gitu mahal sih. Standar Rp. 10.000 sampe Rp.15.000 kalo ngga salah. Kalo mau dibandingin sama D'Cost Resto yang nyediain makanan Seafood juga, Resto yang satu ini nasinya ngga All U Can Eat dan Rp. 5000/porsi. Jadi menurut gw sih mahal bgt. Kalo D'Cost, nasinya Rp. 1000 dan boleh nambah sepuasnya. Trus Resto ini ngga nyediain air putih. Jadi haus deh. Seharusnya nyediain air putih kayak di Tomodachi.

Setelah selesai makan, gw nonton Lomba Dance yang kebetulan diselenggarakan di Lucky Square juga. Ada yang istimewa nih. Baru kali ini gw liat sendiri Hip Hop Community yang berasal dari Bandung. Duh gayanya, Amrik abis bo'. Mereka nyanyiin lagu Hip hop pake bahasa Indonesia dengan kereeeen buanget. Belom lagi DJ yang maenin musiknya kompeten bgt. Jadi pengen ikut2an nge-dance juga nih. Tau lah kan kalo orang2 nge-rap itu nyanyi kayak ngomel2. Gw sendiri kurang dengerin lirik lagu mereka, tapi musiknya itu enak bgt. MC nya juga dari rapper, jadi waktu bawain acara sekalian nge-rap dia. Peserta lomba dance nya juga keren bgt lho. Dance2nya itu emang kreatif bgt. Ada yg digabungin ama tarian tradisional, ada yang tarian patah2, ghost dance, macem2 deh.. Mayoritas gaya berpakaian cewek2nya emang sexy abis. Kalo gw sih suka ngeliat cowok nge-dance. Gaya kalo cowok nge-dance tu tegas. Yang jadi juri lomba Dance itu seorang Breaker. Tau kan Breaker? Orang yang melakukan Break Dance. Gayanya juga kereeeen bgt. Pengen ngeliat dia nge-dance tapi gw pulang cepat. Yang bikin gw salut, sewaktu masuk waktu shalat Ashar, mereka langsung break 15-30 menit. Jadi musik mereka ngga berlomba2 dengan adzan. Two thumbs up!

Setelah pulang, gw nginap di kostan temen. Gw makan spagethi buatan dia banyaaak bgt. Enak sih. Makanya gw sangat menikmati spagethinya. Pokoknya, I had a lot of fun at Saturday. Eat and play a Lot. Tapi hari minggunya, gw ngerjain TA sampe teparr juga. Berhubung gw pergi ke kostan temen 'n Bandung lagi panas2nya. Huff!!

Mei 12, 2009

Eyes can Talk and They can't Lie

Lately, I've found something amusing about eyes can talk and they can't lie. Sebenarnya kalo dipikir, gw tuh dulu diajarin cara read eye itu sama temen SMP gw yang namanya Putri Ratnasari. Mungkin dia ngga inget lagi kapan dia pernah ngajarin gw. Seinget gw, dulu waktu SMP, Yasin temen gw yang naksir sama Fanny. Gw tuh dulu duduknya deket dengan Yasin di barisan tengah sedangkan Putri malah jauh dibelakang. Fanny duduk di depan. Waktu Putri bilang Yasin suka Fanny, gw terkejut. Dari mana dia tau?! Duduknya jauh gitu.
"Mut," kata Putri sambil senyum2. "Tau ngga kalo Yasin suka Fanny?".
Gw terkejut. Perasaan ngga ada gosip2.
"Liat aja matanya Yasin, waktu ngeliat Fanny."
Waktu gw liat, malah ngga ada yg beda. Sama sekali. Sampe Putri rada hopeless ngejelasin ke gw. Karena penasaran, gw tanya langsung privately ama Yasin. Ternyata beneran. Yasin udah lama suka Fanny. Yasinnya ngaku pula'. Maklumlah masi SMP.. hihihi
Kata Putri, "Coba liat cara Yasin natap Fanny 'n coba bandingin dengan cara Yasin natap aku."
Beberapa kali gw mencoba memandangi tatapan2 itu. Sorry Yasin, loe pernah jadi bahan percobaan gw. Setelah beberapa kali gw menatap mereka 'n dengan perjuangan yg lumayan keras, gw tau juga akhirnya. Tatapannya Yasin jadi lembut kalo ngeliat Fanny. Ditambah dengan wajahnya jadi malu2. Akhirnya sampe kelas 3 SMP, gw tau bgt siapa temen2 gw yang pacaran buat status doang tapi ngga suka sama sekali, atau yang beneran suka. Termasuk temen gw yang suka gw waktu itu dan pacar gw yang rese' setengah mati, tapi dia sayang gw. =)

Sewaktu SMA, gw mulai ngga gitu peduli lagi sama tatapan2 itu. Soalnya, kebanyakan kalo kita liat dari gerak-geriknya juga udah keliatan bgt kalo tu orang lagi naksir. Gw juga ngasih tau cara2 itu ke adik gw. Bahkan adik gw tau banget mana cewek/cowok yang lagi tebar pesona (TP), lagi pengen PDKT, dll. Dia malah lebih jago dari gw kayaknya. Kadang gw jadi rada males itu sama cowok2 yang ngajak gw jalan cuma buat have fun aja. Ya mungkin gw mau juga waktu mereka ajakin jalan. Tapi keliatan banget dari matanya kalo 'tu orang rada sialan. Temen2 gw di kelas juga kalo lagi cari2 alasan ngga mau buat tugas, liat aja matanya. Pasti ketauan bgt mereka lagi bohong.

Waktu kuliah, gw merasa ada kakak kelas gw yang naksir temen gw. Gw bilang ke temen gw dan ternyata pas setelah gw bilang kayak gitu, kakak kelas itu sms 'n ngajakin makan. Wew, ntah itu kebetulan, tapi terlalu hebat. Kadang gw ngeliat ada temen gw yang lagi punya banyak pikiran di keluarganya. Sorot matanya itu sedih banget. Walaupun diluar di tampak hepi2 aja. Makanya kadang gw suka membuat dia tertawa.

Dari cerita2 gw diatas, gw pengen ngasi tutorial. Tapi agak susah. Liat deh sorot matanya. Biasanya kalopun dia lagi sedih dan wajahnya ceria, matanya pasti rada sayu. Kalo emang kalian pengen nyobain, liat aja mata orang yang 'sayang sama kalian' waktu natap kalian dan coba liat lagi mata orang yang 'biasa aja' sama kalian. Sorot matanya beda.

Pernah dengar kan, kalo ada dokter yang bisa langsung mendiagnosa penyakit directly from the eyes?? Dokter itu bilang, "Liat sorot matanya!" Mungkin tulisan gw kali ini ngga bisa membuat kalian membaca sesuatu dari tatapan mata. Cuma, mungkin kalian bisa belajar sendiri dulu dari orang2 terdekat kalian dan bandingkan apa mereka cinta, sayang, bohong, benci, bete, dsb.

Mei 10, 2009

My Weekend

Report tentang apa yang gw lakukan weekend ini:

Sabtu
Sebenarnya gw mau ngerjain Tugas Akhir barengan ama Yossy sabtu kemaren. Cuma hujannya lebat bgt sewaktu pagi. Gw jadi khawatir kalo Yossy datang 'n dia basah kuyup. Ternyata bener, dia pulang lagi karena pas udah setengah jalan ke asrama gw, dia basah kuyup 'n takut laptopnya basah. Ngga jadi deh kita buat TA.

Sekitar jam 3 sore, gw menghadiri rapat acara Malam Budaya Aceh di Asrama Putra Aceh Teuku Umar. Kita bakalan ngadain acara besar untuk memamerkan budaya Aceh pada bulan desember nanti. Konsep acaranya sih tari-tarian, operet, musik etnis, n ada Tompi lho. Acara ini terbuka untuk umum dan kalo kalian hadir, kita juga 'nyediain snack untuk menemani ketika menonton acara, GRATIS! Kalian tau, di Bandung, event-event yang bertemakan Aceh itu selalu diminati. Penonton pasti membludak. Selain karena tari-tarian Aceh yang di suguhkan emang memukau mata penonton karena kecepatan dan kekompakannya, jenis tariannya banyak dan ngga monoton, juga ada bazar buat makanan2 khas Aceh seperti kuah plik u, mie Aceh, dsb. Dijamin deh, kalian ngga akan bosen dengan acaranya karena gw yg jadi event organizer-nya.. =)
Jadi, jangan sampe' ngga datang ke Acara ini.


Malamnya, gw ditraktir abang gw di Tomodachi Restaurant. Abang gw emang baik. Kalo dia dapat proyek, pasti nraktir. Alhamdulillah. Resto yang satu ini completa magenta. Mungkin kedengarannya seperti Japanese Resto kan? Tomodachi = teman dalam bahasa Jepang. Gw pernah berapa kali diajakin kesana, tapi ngga mau karena gw ngga gitu suka makanan Jepang (salah paham). Gw dan abang gw datang pas abis magrib, takut masuk waiting list karena ini malam minggu. Ketika masuk, disambut pelayan yang ramahnya minta ampun, trus diantarkan ke meja yang udah ada gelas sloki telungkup, pisau, n garpu. Empuk banget kursinya, udah kayak sofa aja. Datang juga 1 lagi pelayan ke meja gw. Mereka secara serentak membuka gelas dan mengisi air, menghidupi lilin, dan menaruh menu di meja sejajar banget ama tatakan piring yang ada tulisan Tomodachi Restaurantnya. Gile, saking serentaknya, beda tipis ama mbak2 pramugari di pesawat waktu memperagakan safety ways itu.


Kalo ditanya makanannya, jangan ditanya deh. Saking banyaknya, gw sampe bingung. Belom lagi gw n abang gw first time ke Resto ini. Makanan disitu ada dari Jepang (pastinya), Western, Bali, dll. Jadinya, kita punya banyak pilihan kan. Gw pesen Local Beef Financiere + nasi (Indonesia bgt, ngga kenyang makan kalo tanpa nasi), Mellon Kiddie (jus melon ada vanilla ice creamnya), 'n Ice cream untuk dessert. Kalo abang gw pesen Chicken Breast+nasi, ice cappucino, n ice cream juga. Sewaktu menunggu makanan, kita di hidangkan Lavosh, snack gratis. Trus live musicnya juga very cool ditambah suasana Resto yang asik. Rame' banget pengunjungnya. Rata2 yang dinner bareng keluarganya rame2. Setiap air putih di gelas kita habis, pasti pelayannya datang dan mengisi air tanpa disuruh. Gw sampe minum 3 gelas lho.
Oh ya, untuk harga, jangan salah sangka. Resto ini cocok bgt buat kantong mahasiswa. Harga minumannya Rp.10.000++, makanan Rp. 30.000++. Kalo kalian ke Bandung, this is a must visit Resto lho. So, check it out!
Pulangnya gw kekenyangan banget.. Phuiiih... But, HAPPY ^_^

Minggu
Seharian ini gw ngerjain TA. Ngga ada kerjaan laen selaen makan, mandi, 'n bobo' siang. Eh ada ding, cuma keluar sebentar beli pulsa IM2. Lagian, diluar hujan terlalu lebat.

Mei 07, 2009

Foto-Foto Kenangan

Kemaren, karena bosen belajar dan ngerjain TA, gw buka facebook n masuk ke group anak PIM angkatan di bawah gw tepatnya angkatan adik gw. Gw liat satu-persatu foto2 mereka di group. Gw teringat dulu sewaktu mereka masih kecil n maen ke rumah gw di komplek PIM. Mukanya masih pada imut2.. Di group itu juga di upload foto mereka sewaktu latihan bola sewaktu masih SD dan foto2 sewaktu mereka reunian baru2 ini di Bandung. Wajah mereka emang ngga terlalu beda, masih bisa gw kenal. Cuma waktu terasa berlalu begitu cepat. Mereka udah kuliah 'n gw udah mau lulus.

Gw buka group di facebook buat angkatan gw. Ada juga foto waktu gw lagi menghadiri pesta ulang tahun temen. Kalo ga salah, waktu itu gw masih kelas 5 SD. Di foto itu gw kayak anak nelayan. Dekil 'n kurus buanggeeet. Dulu emang suka bgt maen sepeda keliling2 komplek PIM. Pulang sekolah pergi keluyuran abis makan siang. Ngga peduli panas dan hujan, dengan bersepeda pasti nyampe' ke rumah teman2. Kadang juga telpon2an ama temen2 berjam2 karena telepon di komplek di buat 1 line, jadinya gratis. Trus ada foto sewaktu kita sering mengisi acara di PIM. Ntah itu ulang tahun PIM, atau acara ngumpul2 bareng karyawan PIM, kita pasti sering mengisi acara. Temen2 gw kebanyakan dari pulau Sumatra dan Jawa. Gw geli sendiri kalo mikir pas pelajaran bahasa Aceh di sekolah, mereka pasti bingung.. hehehe

Sejak SMP, karena konflik Aceh, temen2 gw yang bukan orang Aceh pindah dan menyebar kemana2. Kalo dipikir sekarang, gw nyaris lupa betapa sedihnya perasaan gw waktu itu. Gw harus melihat truk2 barang yang mengangkut perabotan rumah mereka keluar dari PIM. Kita selalu maen kemana pun bareng2 dan harus pisah. Gw harus pisah dengan lebih dari setengah temen SD gw dan menjalani SMP dengan teman2 yg baru. Walaupun beberapa dari mereka ada juga yang balik lagi 'n sekolah di SMP PIM, tapi tetep aja ngga semua..

Sewaktu SMA, gw sekolah di Banda Aceh. Terkadang gw sering sedih kalo mendengar cerita temen2 gw. Temen2 mereka sewaktu SD atau MIN tetep ada sampe sekarang dan kalaupun ada yg pindah, paling cuma sedikit. Mereka masih dalam 1 kota dan semuanya orang Aceh.. Gw di Banda Aceh benar2 kenalan ama orang baru dan semuanya orang Aceh. Gw kembali sedih sewaktu tsunami meluluh lantakkan Banda Aceh. Kebayang kan, hari sabtu kita masih nongkrong n ketawa2 bareng, hari minggu teman2 gw sudah meninggal. Ini bener2 heart attack to me. Dan gw ngga akan pernah ketemu sama mereka lagi.

Ketika kuliah, gw ke Bandung. Nah, ini bener2 mencoba beradaptasi dengan lingkungan dan teman2 baru. Nyaris ngga ada orang Acehnya. Agak kewalahan sih. Cuma, disitu gw mulai sadar kalo kita itu harus mencoba hal2 yang baru, ketemu teman2 baru, pergi ke tempat2 baru. Untung ada Facebook. Gw ketemu sama teman2 SD angkatan gw. Ngobrol2 bareng lagi walau hanya sekedar tulisan dengan balas2an comment, tapi itu udah cukup mengobati rasa kangen sama mereka.

Foto2 yang di posting emang penuh dengan kenangan 'n kita ngga akan mungkin balik ke waktu itu. Just continue on living, then you'll find another life.

Mei 06, 2009

Rada Stress


Beberapa hari yang lalu kan gw sakit nih ceritanya.. Jadi, senin kemaren karena udah lumayan sehat, malah ikut2an nonton Wolverine bareng temen2 kampus di Blitz Megaplex Paris Van Java (PVJ). Menurut gw, filmnya seru lho. Gw suka bgt pas waktu adegan berantem Mutant dengan Logan n Victor diatas tempat kayak corong asap gitu deh (corong asap gitu? Masa' sih?). Gw suka kalo berantemnya itu cepat dan dari 2 sisi. Keren aja... Cuma kurang lama aja berantemnya. Trus film ini juga lucu. Jadi ngga bosen nontonnya.


Habis pulang nonton, makan di KFC PVJ sekalian nongkrong. Selama sakit ngga nongkrong2 nih. Jadi happy deh!

Kalian tau, bagi gw, Mei itu bulan yang penuh perjuangan tampaknya. Akhir bulan ini, draft skripsi harus beres plus software yg gw buat. Sebenarnya, bisa2 aja sih gw buat, cuma ada perasaan takut di hati. Takut kalo tiba2 terjadi sesuatu n programnya ngga selesai. Atau takut pas prasidang masi ada teori yg gw ngga tau n dari situ gw dibantai abis2an ama dosen penguji. Mungkin ini salah satu ciri2 kalo gw stress kali yah. Trus minggu ini mulai Ujian Akhir Semester (UAS). Bahannya banyak hafalan lagi. Memang setelah itu, gw ngga akan ada kuliah lagi n tinggal TA aja. Tapi, hmm.. Ngga ngerti juga gw dengan perasaan sendiri.

Kemaren gw browsing2 ttg berbagai hal yang berhubungan dengan Backpropagation Neural Network. Ketemu sih dan udah gw coba masukin ke program gw. Hari ini mau di modifikasi lagi. Kemaren waktu mau coba utak-atik lagi tu code, malah diajakin jalan ama temen ke toko sepatu. Gw malah memilih itu ketimbang coding TA. hehe.. Tapi hari ini Insya Allah gw akan bertahan di komputer untuk ngerjain TA n belajar buat UAS.

Oh ya, gw udah gabung ke Aceh Blogger Community. Walaupun belom gitu ngerti gimana2nya, but as time goes by pasti ntar ngerti sendiri.. Thanks Bang Arif yang udah kasi saran join di komunitas itu. Hidup komunitas blog Aceh!!

Mei 02, 2009

Awal Mei, Malah Sakit

Ntah karena terlalu capek, gw jatuh sakit.. Udah lebih dari 1 semester ini gw ngga sakit2 lho. Alhamdulillah juga. Bahkan gw sampe ngga inget kapan terakhir kali gw sakit. Paling bersin karena alergi atau perut kembung karena maag. Tapi sekarang laen, gw sakit demam, pilek, batuk, n sesak napas. Aduuh, hiks..hiks.. Padahal awal bulan mei ini kan weekend. Bisa jajan pake uang bulanan n dapat traktiran di malam minggu.. But, kenapa gw harus sakit? Mungkin Allah suruh gw diem di asrama 'n ngga pegi kemana2.. Gw kan mau beli parfum cherry blossom The Body Shop yang udah gw pengen dari ulang taun gw kemaren.

Kemaren jumat, gw ada kuliah terakhir di semester ini, tepatnya di kampus.. akhirnya selesailah masa2 kuliah. Udah ngga ada kuliah lagi. Tapi yah, gw ngga datang di kuliah itu. Badan gw panas bgt n bersin2 mulu. udah abis setengah kotak tissue yang masi penuh. Alhasil, gw jadi lemes bgt. Di asrama tiduran mulu juga bosen. Kalo buka laptop buat nge-net juga rada pusing. Makan ngga selera. Ngerjain TA juga harus natap laptop kan, n pusiiing bgt.

Hari ini sih udah agak mendingan. Gw semalem bisa tidur nyenyak ngga kayak malam kemaren, gelisah aja bawaannya. Tapi gw tidur jam setengah 10 malem, bangun jam 5 lebih 15 buat shalat shubuh, trus jam setengah 6 bobo' lagi n bangun jam setengah 8. Lama juga gw tidur yah. Maklum lah, my body needs rest banget.

Karena gw ngga tau mau ngapain, ya gw tulislah blog ini. Ini juga brigtness laptop gw set too low, biar ngga gitu pusing. Andai ada yg jenguk 'n bawa makanan banyak.. Males juga tapi kalo harus keluar kamar n turun kebawah buat nyambut tamu. Andai kamar gw bukan di lantai 2. Ya ngga apa2 juga sih. Jadi lebih privacy.

Bingung nih mau ngapain.. Muka masih panas banget. Hari ini padahal ada Open House di kampus n ngundang artis. Gw ngga bisa dataaaaaang.. =(

Categories

adventure (270) Living (238) Restaurant (146) Cafe (139) Hang Out (132) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (82) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (49) Event (48) Islam (36) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Jawa Timur (15) Warung Tenda (15) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Saudi Arabia (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Cambodia (7) Jeju Island (7) Malang (7) Medina (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) CEO (6) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Surabaya (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Sukabumi (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Mecca (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) Siem Reap (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Entrepreneur (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Jeddah (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Takengon (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)