Desember 14, 2009

Kosan di Jakarta Mahal2

Nggak tau harus mengambil sudut pandang dari mana, tapi gw rada shocked ketika tau harga kosan di sekitar kantor gw. Ntah karena selama tinggal di asrama, kamar gede banget, ada lemari 'n tempat tidur lagi, gw cuma bayar Rp. 150rb. Makanya gw kaget setengah mati sewaktu nyari kosan. Emang sih di Bandung standar kamar kayak asrama gw ini mungkin sekitar Rp. 800rban, jadi gw sangat beruntung mendapatkannya dengan harga super duper murah, Alhamdulillah.

Sewaktu masih jadi mahasiswa, perasaan temen2 gw harga kosannya 300rb-600rb. Biasanya 600rb itu udah keren abis. Trus kalo ada yang kosannya diatas 1 juta, berarti isinya udah kayak hotel deh termasuk makan 3 x sehari. Itu di Bandung ya, secara Bandung nggak usah pake AC lagi kecuali ada orang kutub disini. Nah, ketika gw nyari kosan di Jakarta hari minggu kemaren, gw jadi agak sesak napas sendiri ngeliat situasi dan harga.
Berikut harga2 kosan yg gw ketemu :
1. Kosan 500rb
Gw masuk gang dulu trus ketemu rumah yang bawahnya ada warung. Waktu nanyain kosan, rupanya ada di lantai 2 dan tangga menuju lantai 2 itu lebarnya cuma 50 cm mungkin. Sempit banget dan muter2. Gile aja kalo sempat ada temen gw yang badannya gede mau masuk ke kamar gw. Bisa2 dia ketinggalan di tangga karena badannya gak bisa lewat. Kamarnya juga gak ada cahaya, gelaap banget trus kamar mandi di luar. Haduwh, ngga deh!

2. Kosan 750rb
Tempatnya lumayan, tapi masi di gang yang sama. Ada kamar mandi di dalem juga tapi tetep aja nggak masuk cahaya. Waktu gw masuk ke kamarnya, gile, gw sesak napas. Pengab! Ntah karena banyak barang trus tanpa AC atau blower kamar mandi. Haduwh, pusing gw. Setidaknya nggak ada AC tapi cahaya masuk kek. Trus atapnya rendah lagi. Udah kayak di oven.

3. Kosan diatas 1 juta
Nah, lingkungannya enak bgt. Bukan gang yang pasti tapi jalan biasa. Trus ada AC (penting nih karena Jakarta panassss), kamar mandi di dalem 'n WC duduk, spring bed. dll Beberapa kosan ada yang memberikan fasilitas TV cable. Cahaya juga masuk, atap tinggi, pas untuk orang yang mau menjaga kondisi kesehatan. Cuma ya itu, muahaaal!

Mungkin gw terkesan rada gimana gitu untuk kosan. Sewaktu lagi nyari kosan kemaren emang gw nggak gitu fit sih. Jadi kalo ketemu kosan nggak nyaman, gw langsung merasa sesak napas. Baru ngeliat dikit langsung keluar lagi gw sebelom bener2 sesak napas. Kalo menurut gw dan temen gw yg udah kerja di Jakarta, kalian pilih aja kosan yang nyaman. Kan di kantor kita pasti capek banget. At least, maksimalkan waktu tidur biar fresh pas kerja. Jangan gara2 kosan pengen yang murah, kalian nggak bisa tidur dan gampang sakit. Biar murah ya masak aja, nggak usah beli di warung melulu. Gw sih agak geli beli makanan di pinggir jalan, apalagi yang gerobaknya di parkir di atas parit. Mau muntah gw ngeliatnya. Selamat memperhitungkan C=

1 comments:

tikno mengatakan...

Bisnis kos-kosan memang lagi trend, bukan hanya untuk pelajar tapi juga ada yang khusus buat para salesman yang tugas ke luar kota

Categories

adventure (256) Living (235) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (47) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan