September 16, 2009

Operasi Clavus (Mata Ikan)

Gw mau mengubah bahasa blog dari menggunakan 'gw' menjadi 'saya' biar terkesan lebih gimana gitu. Tapi harap maklum ketika saya nulis masi ada kata2 'gw' nya. Kebiasaan sih, heuheu..

Kalian pernah denger penyakit mata ikan (Clavus bahasa kerennya) 'kan? Mungkin diantara kalian ada yang sedang menderita penyakit ini. Saya hari ini baru aja pulang dari opname 3 malam di RS karena operasi penyakit ini. Saya akan bercerita suka duka (plis deh) selama di RS. Kapok operasi penyakit ini. Luka pasca operasinya nyeriiiiii subhanallah.

Hari pertama tgl 13:
Abis buka puasa, saya dan keluarga langsung ke RS Kesrem di Lhok. RS ini utk tentara sih. Nggak saya foto soalnya kemaren hujan lebat n males ngeluarin Handphone. Bawa baju dikit doang karena kirain nggak bakalan nginap lama2. Takut bosan, saya bawa laptop. Takut nggak tau mau ngapain. Di ruang depan, ketemu ama bang Andre. Dia lagi jaga malam. Bang Andre itu dulu tinggal 1 komplek sama gw juga. Jadi kita kenal bgt. Ngurusin administrasi dan langsung di bawa ke kamar. Awalnya di kamar lantai 2. AC nya panas. Temen sekamar gw itu sakit typus. Papa gw nyari kamar yg ACnya lebih dingin. Trus ketemu ama kamar di bawah 'n temen sekamar gw ortunya masi 1 kampung ama Mama. ACnya juga dinging. Kita milih kamar itu deh. Saya pasang laptop n mulai chatting ama temen2. Beberapa saat kemudian, dokter anastesi masuk n meriksa keadaan gw. Ngeri sendiri gw liat dokter. Padahal beliau ramah n baik bgt.

Hari kedua tgl 14:
Fren, gak biasa gw nulis pake 'saya'. Baru nyadar kalo dari tadi udah kembali ke 'gw'. Kembali ke mode asal aja deh. Abis mandi pagi, gw di tensi 'n di infus. Sakit bgt! Udah lama nggak ada jarum yg masuk ke badan. Udah semalem diambil darah, sekarang diinfus lagi. Langsung ilang mood gw setelah diinfus. Jam setengah 10 gw udah di jemput n dibawa pake kursi roda ke kamar OK. Ngeliat suasananya, jantung gw langsung berdegup kencang. Kan kata dokter gw mau dibius spinal, bius di punggung yg biasanya buat orang operasi caesar. Gw jadi ilfil sendiri ngeliat suntik2 yg di bawa ama perawat di ruang itu. Dalam hati gw mikir, yg mana ya yg bakal dipake buat nyuntik gw? Setelah dipake'in baju steril, gw dibawa masuk ke ruang operasi. Waktu di tensi, yg normalnya 85. gw sampe 117. Gile, perawatnya sampe menenangkan gw berkali2 supaya gw gak takut. Ah, nggak mempan. Tetap aja gw takut.
Sewaktu dokter anastesi masuk, beliau masi ragu kalo gw mau dibedah sekalian di dua kaki. Nanti gw nggak bisa jalan. Trus gw disuruh praktekin jalan pake tumit dulu di kamar operasi sebelom operasi dimulai, ternyata gw bisa. Operasi dimulai. Gw disuruh peluk bantal dan dokter anastesi nyuntik punggung bagian bawah gw. Perasaan masih takuuut bgt, eh rupanya nggak seseram yg gw bayangkan. Cuma kaget dikit dan semua berjalan dalam waktu cepat. Kaki gw langsung kesemutan dan kebas. Kaki gw udah nggak terasa sakit lagi maupun diapa2in. Gw disuntik lagi, tapi ga tau suntik apa. Tu suntikan bikin gw lemes dan nggak bisa buka mata. Cuma sampe selama operasi berjalan aja sih.
Setelah operasi, sekitar jam 11.20, gw keluar dari ruangan. Badan gw nggak boleh digerakkan selama 1x24 jam bo'. Masih harus puasa sampe jam setengah 5 sore lagi. Awalnya sih gw oke2 aja, tapi setelah biusnya habis (sekitar tengah malam), gw nggak bisa tidur sama sekali. SAKIIIIITTT buangeeeeet. Sampe nangis terisak2 gw. Tiba2 ada kecoa pula naek ke dinding deket gw. KYAAAAA! Gw teriak panggil mama. Mama gw takut banget kalo gw kesentak kaget 'n kaki gw terangkat. Langsung mama kejar tu kecoa sampe dapat n dibikin tewas. Gw kan masi belom boleh gerakin kaki dikit pun. Kecoanya iseng banget sih, ntah darimana dia dateng?! Pake' acara terbang lagi. Hampir pingsan gw takut kalo tu kecoa mendarat di badan gw. >.<

Hari ketiga tanggal 15:
Pagi2 juga setelah shalat shubuh, gw masih nangis2 karena kesakitan. Untung ada mama gw tersayang yang dengan sabar mendengarkan keluhan gw, mengelus2 kaki gw yang kesakitan kayak ketusuk 1000 jarum, dan memanggilkan suster untuk menyuntik gw. Setelah itu mulai agak lumayan. Gw bisa tidur. Papa dan abang gw datang setiap pagi dan sore. Kasian juga liat Papa kecapek'an. Malemnya ada pasien baru yang masih orang sekampung gw. Lumayan buat meramaikan suasana. Mereka sekeluarga ramah bgt dan banyak bercerita. Seneng gw daripada kamar sepi gitu. Malemnya gw nggak bisa tidur lagi. Udah ngenet di hp, denger musik, dan baca ini itu, tapi nggak bisa tidur juga. Semenjak setelah operasi, gw nggak nyentuh laptop sama sekali. Ya mau gmn, gw nggak mungkin kan merepotkan mama untuk pasang ini itu di laptop. Ngurusin gw aja udah bener2 repot.

Hari keempat tanggal 16:
Abis shubuh kaki gw kembali kumat sakitnya. Gw nangis dan bersender ke mama. Iih, beneran deh, gw kapok operasi kayak gini. Sakitnya nggak ketulungan banget lho. Akhirnya gw disuntik anti sakit 'n obat tidur juga. At least bisa tidur 2 jam.
Dokter bedah gw visit, gw langsung minta pulang aja. Percuma di RS nggak bisa tidur, jadi nggak bisa istirahat kan? eh, dokter gw baek, langsung boleh pulang. Sebenarnya habis operasi kayak gini emang bisa langsung pulang. Cuma karena punya gw tu banyak dan harus bius spinal, makanya ada opnamenya.
Gw dimasukkan lagi ke ruang OK utk ganti perban. Stress gw masuk kesini. Ada pasien baru selesai operasi dan hasil operasinya, kayak kelenjar gitu, di bawa2 depan gw. Trus kursi roda gw di tempatkan sebelah pasien yg jari2 tangannya kena alat kukur kelapa. Serem banget., daging2 ditangannya baru tumbuh, n dokter itu enak aja nyabut2in bekas lukanya tanpa 'gitu peduli ama pasien yg udah teriak2 kesakitan. Ada lagi ibu2 operasi caesar. Bayinya juga di taruh nggak jauh dari gw. Nah yang satu ini sih cute abis. Cuma gw jadi kebayang sama ibunya yg pasti nyeri bgt perutnya abis bius ilang.
Akhirnya gw pulang. Selama dirumah, gw harus belajar jalan supaya otot2 telapak kaki nggak kaku jadinya.

0 comments:

Categories

adventure (255) Living (232) Restaurant (145) Cafe (136) Hang Out (129) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan