Agustus 24, 2009

Steak Aceh

Kalian tau, selagi di Aceh, I dunno where to go. Semua hal sama2 aja. Nggak ada yang extraordinary. Palingan gw nonton film yang udah ada di laptop dan belom di tonton selama di Bandung. Jadi, gw memutuskan untuk bikin Steak ala gw yang gw contek resepnya di sini. Tapi nggak sama2 bgt sih berhubung mau nyesuain isi kulkas gw juga.

Steak

Bahan steak:
250 gram daging sapi (gw sih potongannya nggak gede2 amat berhubung Papa beli daging dengan potongan aneh)
Kecap asin
1 sdt lada
Garam

Bahan saus:
Saus Tomat
1 siung bawang bombay
1 sdm tepung terigu
kaldu daging
mentega untuk menumis

Cara Membuat Steak:
Daging diremdam dalam campuran kecap asin, lada, dan garam. Diamkan minimal 30 menit agar bumbu meresap. Setelah itu panggang steaknya dengan menggunakan grill pan. Kata mama gw, biar dagingnya empuk, dibungkus dulu dengan daun pepaya. Oh ya, kecap asinnya jangan kebanyakan yah. Kemaren gw kebanyakan nih. Jadi lumayan asin. Jangan lupa oles dagingnya dengan mentega ketika mau dibalik-balik.

Cara Membuat Saus:
Tumis mentega dan bawang bombay. Kalo gw sih numisnya langsung di grill pan biar aroma dagingnya masih ada. Trus masukkan tepung terigu dan saus tomat sebanyak yang kamu mau (sesuaikan sama selera). Masukkan garam sedikit dan kaldu daging. Kalo kalian mau berkreasi, biar pedes, tambahin sambal aja. Rasanya hampir sama dengan saus spageti juga.

Jadi deh Steak rumahan. Oh ya, kalo di Restaurant kan biasanya menggunakan sayuran. Kalian bisa pake sayuran sesuai selera. Mau jagung, buncis, wortel, brokoli, plus kentang goreng atau mash potato juga enak. Sayur2annya tinggal di rebus aja. Selamat mencoba.

Besok rencananya gw pengen bikin zupa soup, tapi mama gw ngeri dengerin nama makanannya. hahaha. Semoga berhasil gw buat. Doain yah. ^_^

0 comments:

Categories

adventure (256) Living (234) Restaurant (146) Cafe (138) Hang Out (131) Jawa Barat (100) Bandung (92) Story (80) Movie (73) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan