Agustus 30, 2009

Shalat Tarawih dan Ceramah

Ketika shalat tarawih di mesjid komplek PT PIM, gw sempat berpikir beberapa hal.
1. Shaf Shalat
Beberapa tahun belakangan, gw sempat shalat tarawih di Bandung. Karena kali ini gw pulang cepat ke Aceh, jadinya khusus tahun ini gw nggak shalat di Bandung. Gw mau sedikit membandingkan. Ketika shalat di mesjid, biasanya gw liat ke kiri dan ke kanan dulu untuk memastikan saf shalat gw rapat dan lurus. Sesekali gw liat saf belakang atau depan gw. Tapi agak aneh, ada saf kosong di depan, orang2 belakang nggak mau maju. Ya udah, gw yang maju. Giliran gw liat di belakang, ibu/mbak yg tadinya berdiri sebelah gw nggak mau ngegeser buat ngerapatin barisan atau yg di belakang saf gw nggak maju ke depan untuk menutup saf yg kosong. Mereka malah langsung takbir dan memulai shalat. Trus jamaah yg baru datang, malah bikin saf baru di belakang di mulai dari barisan kanan.
Ketika gw shalat di Aceh, safnya sangat-sangat rapat. Ibu2/mbak2 yang shalat semua melakukan hal kayak gw, liat kiri kanan depan belakang untuk memastikan saf rapat dan lurus. Malah semalam ada ibu2 yang udah memulai shalat, trus gw tarik mukenahnya dikit untuk bergeser, dia langsung bergeser dulu dan kita merapat ke tengah bukan ke kanan. Serasa gw tenang dengan saf shalat yang seperti itu. Ibu2/mbak2 disitu tidak akan memulai shalat apabila saf tidak rapat dan lurus. Rasulullah saw bersabda,
“Ratakan (rapat dan lurus) shaf kalian, sebab meratakan shaf adalah termasuk kesempurnaan shalat” (HR. Bukhari Muslim).
Jadi tidak sempurna shalat jamaah kita jika tidak rapi shafnya.
Kalian bisa melihat kegiatan umat muslim selama Ramadhan di seluruh dunia disini. Banyak foto2 keren lho termasuk yang dibawah ini.
2. Ceramah
Udah lama gw nggak dengerin ceramah agama. Selama di Bandung, apalagi ketika sibuk mempersiapkan seminar ini itu, prasidang, dan sidang, juga tugas kuliah yang menumpuk, gw nggak pernah lagi denger ceramah. Palingan sesekali kalau orang2 Aceh di Bandung bikin Maulid Nabi di asrama. Tahun kedua atau ketiga kuliah sih, gw masih suka baca buku2 agama (yang berkaitan dengan itu). Selain itu nggak pernah sama sekali, apalagi di kampus. Selama Ramadhan, acara di TV dan di mesjid, banyak banget ceramahnya. Serasa hati gw bergetar mendengarnya. Apalagi dengan cara menyampaikannya yang rasional, masuk di akal, dan mengetuk pintu hati, betapa tentram rasanya. Ya, this is exactly Ramadhan, the best month.

Walaupun gw insya Allah tidak akan pernah meninggalkan shalat dan selalu mengaji, kadang2 gw berpikir, islam itu terlalu luas. Kenapa gw nggak mengkaji islam lebih dalam? Padahal gw mendirikan perpustakaan di Asrama dimana buku2 islamnya 80%, tapi gw hanya membaca bukunya sebagian kecil aja. Beruntung juga gw pulang ke Aceh selama Ramadhan dengan menolak beberapa tawaran kerja. Biarlah gw perdalam agama selama Ramadhan disini. Kalau emang kerjaan itu rejekinya gw, nanti juga pas balik ke Bandung datang lagi. bahkan gw rasa akan lebih baik Gw juga bakalan menyeimbangkan nongkrong dan nuntut ilmu akhirat. Toh belajar agama gratis, buku ada, ceramah di mesjid juga banyak, sedangkan nongkrong banyak ngabisin duit dan gw malah sering nongkrong. Siap2 berubah! Doain ya.. =)

0 comments:

Categories

adventure (256) Living (232) Restaurant (146) Cafe (137) Hang Out (130) Jawa Barat (99) Bandung (91) Story (79) Movie (72) Lifestyle (64) Jakarta (63) Aceh (48) Event (46) Hotel (34) China (31) Jawa Tengah (27) Islam (24) New Zealand (23) Japan (20) Hong Kong (19) Book (18) Science (18) South Korea (18) Consultant (16) Malaysia (16) Technology (16) Family (15) Warung Tenda (15) Jawa Timur (14) Semarang (14) Vietnam (14) Kuala Lumpur (13) Philippines (12) Beach (11) Blackberry (11) Brunei Darussalam (11) Dokter (11) Macau (11) Crush (10) Lomba (10) Boracay Island (9) Kalimantan Timur (9) Kepulauan Derawan (9) Bali (8) Birthday (8) Cambodia (8) Sabang (8) Shenzhen (8) Tokyo (8) Jeju Island (7) Malang (7) Osaka (7) Seoul (7) Singapore (7) Wedding (7) Karimun Jawa (6) Makassar (6) Auckland (5) Bangkok (5) Bogor (5) Dieng (5) Hanoi (5) Manila (5) Pulau Derawan (5) Siem Reap (5) Sukabumi (5) Surabaya (5) Thailand (5) The Partij (5) Yogyakarta (5) Busan (4) CEO (4) Depok (4) Farming & Gardening (4) Pekalongan (4) Queenstown (4) giveaway (4) Australia (3) Baby (3) Da Lat (3) Ho Chi Minh (3) Kalibo Island (3) Kalimantan Utara (3) Kepulauan Seribu (3) Kobe (3) Kyoto (3) Penang (3) Rotorua (3) Te Anau (3) 2PM (2) BBLive (2) Blackberry Live Rockin Concert (2) Christchurch (2) Etude House (2) Fox Glacier & Franz Josef (2) Gold Coast (2) Ha Long Bay (2) Hakone (2) Home Made (2) Matamata (2) Medan (2) Nami Island (2) Probolinggo (2) Pulau Kakaban (2) Pulau Maratua (2) Pulau Sangalaki (2) Shontelle (2) Suede (2) Taio Cruz (2) Tarakan (2) The Face Shop (2) Wellington (2) Berau (1) Cilegon (1) Cimahi (1) Cirebon (1) Festival BLOG 2010 (1) Nihn Bihn (1) Pulau Gusung (1) Pulau Madura (1) Skin & Body Care (1) Solo (1) Taupo (1) Vampire Diaries (1)

Iklan

Iklan